Sudah Tahukah 6 Bahaya Sosmed Bagi Rumah Tangga?

Siapa yang saat ini tidak kenal dengan sosial media? Bisa diperkirakan 90% penduduk dunia di segala usia memiliki akun sosial media dan sebagian besar dari jumlah tersebut ada yang kecanduan dengan situs jejaring sosial ini. Tak bisa dipungkiri pula, tujuan baik lahirnya sosial media sebagai situs untuk memudahkan untuk bersosialisasi dengan masyarakat luas dunia juga memberikan banyak dampak buruk bagi kehidupan, termasuk kehidupan rumah tangga.

ads

Bermain sosmed juga kerap dijadikan sebagai aktivitas yang dilakukan ketika bosan. Seberapa bahayanya sosmed hingga bisa merusak sebuah rumah tangga? Semua itu tentu kembali lagi kepada bagaimana cara dan sikap seseorang memanfaatkan sosmed. Baiknya langsung saja yuk ketahui apa saja bahaya sosmed bagi rumah tangga.

1. Kebersamaan dengan Keluarga Jadi Terabaikan

Hal pertama yang menjadi dampak sosmed bagi kehidupan rumah tangga adalah mampu membuat kebersamaan antara pasangan suami istri jadi terbatas. Secara tidak langsung, kecanduan sosmed bisa membuat sepasang suami istri lebih banyak menghabiskan waktu dengan gadget masing-masing untuk bermain sosmed, entah itu, chatting, browsing timeline atau stalking akun seseorang.

Boleh dirasakan pula, ternyata bermain sosmed lebih seru ketimbang menonton TV atau menghabiskan waktu untuk bercengkrama dengan pasangan atau keluarga. Dan jelas hal ini akan memberikan dampak negatif dalam rumah tangga jika terus berlangsung.

2. Komunikasi Dalam Keluarga Jadi renggang

Bahaya sosmed bagi rumah tangga yang kedua adalah bisa membuat hubungan suami dan istri atau anak dengan orang tua menjadi renggang. Masing-masingnya bisa asik dengan sosial media yang dimiliki meski berada dalam satu ruangan yang sama. Waktu untuk saling bercerita dan berbagi dalam keluarga bisa tergeserkan karena kehadiran sosmed.

Hal ini tentu saja bisa berbahaya bagi kehidupan rumah tangga yang bisa membuat komunikasi di dalamnya menjadi buruk. Lama kelamaan anak bisa mengabaikan orangtuanya sendiri atau hubungan antara suami istri yang kurang baik karena buruknya komunikasi selama ini renggang. Dan masih banyak lagi akibat kurang komunikasi dalam rumah tangga yang bisa membawa dampak buruk.

3. Jadi Kurang Bersyukur dengan Kehidupan Sendiri

Kenapa bisa menyebabkan rasa kurang bersyukur dengan kehidupan sendiri? Banyak pengguna sosial media yang saling pamer dan saling menunjukkan ‘keberadaan’ masing-masing. Bukan tak mungkin hal tersebut menyebabkan seseorang menjadi tidak bersyukur dengan kehidupannya sendiri karena merasa iri dengan kehidupan orang lain yang baginya terlihat sempurna.

Suami bisa merasa iri dengan istri orang lain yang dirasa lebih cakap dan perhatian atau sebaliknya, seorang istri yang membandingkan kemapanan suaminya dengan suami orang lain sehingga membuatnya jadi berkecil hati. Belum lagi sang anak yang merasa hidupnya terasa menyedihkan jika kehidupannya tak sebaik teman-teman sebayanya.

4. Memicu Konflik Bagi Suami Istri

Bahaya sosmed bagi rumah tangga berikutnya adalah bisa memicu konflik bagi suami dan istri. Sosmed bisa memancing rasa cemburu pada pasangan yang terkadang dapat memicu pertengkaran. Melihat profil lawan jenis meski tidak kenal bisa membuat pasangan jadi marah, cemburu dan berbagai pikiran negatif lainnya, belum lagi chattingan dari lawan jenis yang masuk.


5. Memicu Perselingkuhan

Hal lain yang bisa menjadi bahaya sosmed bagi rumah tangga adalah bisa memicu perselingkuhan. Berteman dengan lawan jenis di sosial media juga bisa menumbuhkan bunga asmara, tak terkecuali pada seseorang yang telah menikah yang akhirnya sosmed menjadi salah satu penyebab perselingkuhan dalam rumah tangga. Bahkan perselingkuhan yang berawal dari sosial media sudah cukup banyak terjadi. Sementara tips menjaga keharmonisan rumah tangga berawal dari sikap masing-masing yang saling menjaga perasaan.

6. Sebagai Media Membuka Aib Rumah Tangga

Tanpa disadari, sosmed bisa menjadi tempat curhat dan membuka aib keluarga. Saat marah pada pasangan, sosial jadi tempat mencurahkan kekesalan, masalah dengan anak, atau orangtua bahkan teman dan tetangga, sosmed juga jadi tempat mengadu yang menyenangkan bagi sebagian orang. Entah dengan maksud menjadi perhatian atau meminta dukungan dari teman-teman sosial media, hanya saja hal ini tentu tidak baik.

Jelas semua yang telah dilakukan itu sama saja dengan menceritakan segala aib yang terjadi dalam rumah tangga kepada orang lain. Terlebih sampai mengungkapkan aib atau keburukan semua yang jelas sangat dilarang untuk dilakukan seorang istri.

Itulah 6 bahaya sosmed bagi rumah tangga yang perlu diperhatikan agar terhindar dari keretakan rumah tangga. Sosmed juga bisa menjadi awal dari penyebab rumah rumah tangga tak bahagia yang sering tidak disadari. Meski begitu, jika bisa memanfaatkan sosmed dengan baik, bisa ditemukan berbagai halaman tentang cara membina rumah tangga yang baik dan cara menghadapi masalah dalam keluarga.

, ,
Oleh :
Kategori : Keluarga