Inilah 8 Alasan Seseorang Menjadi Dokter

Dalam mewujudkan impian atau menentukan langkah dalam hidup kita tentu punya alasan kuat untuk bisa ada pada posisi tersebut. Seperti alasan memilih pekerjaan marketing karena tidak ada pilihan, begitu juga dengan seseorang yang ingin mendedikasikan hidupnya untuk menjadi seorang dokter yang bisa menyelamatkan nyawa banyak orang.

ads

Dokter adalah profesi yang mulia, yang pasti diinginkan banyak orang. Namun setiap orang yang menjadi dokter pasti juga memiliki alasan yang berbeda kenapa ia sampau pada posisinya sebagai dokter. Berikut 8 alasan seseorang menjadi dokter.

  1. Ingin bermanfaat bagi kehidupan orang lain.

Kehidupan yang paling baik di dunia adalah ketika bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain. Berprofesi sebagai dokter adalah salah satu jalan yang bisa di tempuh untuk menjadi bermanfaat bagi orang lain.

Ilmu yang di dapat selama duduk di bangku kedokteran bisa dimanfaatkan untuk membantu orang lain yang sakit. Ilmu yang dimiliki seorang dokter tentu sangat berharga dan bermanfaat karena tidak semua orang bisa mendapatkan ilmu tersebut.

  1. Mewujudkan cita-cita.

Menjadi seorang dokter merupakan salah satu cita-cita yang terkenal di masa kanak-kanak. Kebanyakan cinta-cita ini hanya sebuah impian masa kanak-kanak saja karena tidak semua anak yang bercita-cita menjadi dokter mampu menjadi dokter seperti yang terucap ketika ia kecil dulu.

Namun sebagian anak lagi tetap berpegang pada cita-citanya untuk menjadi dokter. Sehingga ketika ia terus tumbuh besar ia tetap pada niatnya untuk menjadi dokter yang baik dan bisa membantu kehidupan orang lain. Dan inilah salah satu ciri-ciri orang sukses dari kecil.

  1. Memenuhi harapan dan keinginan orang tua.

Kehidupan seorang anak di usia dewasa sebagian besar bisa dipengaruhi oleh keinginan orang tuanya, termasuk tentang cita-cita dan tujuan hidup seorang anak. Orang tua bisa memegang andil besar dalam kehidupan anaknya.

Sering kita lihat orang tua bekerja keras untuk memenuhi biaya pendidikan anaknya dan selalu menyokong segala biaya pendidikan yang cukup besar, sekaligus mengarahkan anaknya dijalan menuju masa depan yang cerah.

Anak yang penurut dan ingin membahagiakan orang tuanya akan berusaha mewujudkan mimpi dan harapan orang tuanya. Berkat ridho orang tuanya juga lah seseorang bisa menjadi dokter yang sukses.

  1. Ingin menyembuhkan rasa sakit.

Tugas seorang dokter adalah mengobati seseorang yang sakit dan terluka dengan izin Allah melalui ilmu yang ia miliki. Keinginan untuk bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan meringankan derita orang yang sakit dan terluka bisa menjadi pendorong bagi seseorang untuk menjadi dokter.

Ia ingin lebih banyak membantu orang lain dan membuat orang lain itu bisa hidup sehat dan bahagia bersama keluarga tercinta. Seseorang yang ingin menjadi dokter karena ingin menyembuhkan rasa sakit biasanya memiliki rasa empati yang tinggi. Tidak hanya untuk mengobati manusia, seseorang juga bisa menjadi dokter hewan yang bisa menyelamatkan dan menyembuhkan hewan.

  1. Ingin hidup mapan secara finansial.

Kehidupan seorang dokter bisa dibilang sangat baik secara finansial. Dokter juga merupakan salah satu profesi yang biasanya uangnya banyak. Sehingga keinginan untuk bisa mapan secara finansial bisa menjadi alasan seseorang menjadi dokter. Tentu saja untuk masuk pendidikan kedokteran seseorang harus menyediakan biaya pendidikan yang tidak sedikit atau bisa melalui jalur beasiswa.


  1. Dokter memiliki jenjang karir yang jelas.

Jenjang karir seorang dokter itu jelas. Setelah lulus kuliah kedokteran ia tahu kemana ia harus melangkah. Mengikuti program studi lanjutan di kedokteran juga akan menempatkan dirinya pada posisi yang jelas dalam bidang pekerjaannya. Setelah lulus pendidikan kedokteran, seseorang sudah dipastikan menjadi dokter. Entah itu bekerja di rumah sakit pemerintahan maupun swasta, membuka praktek mandiri, atau dibidang kesehatan lainnya.

  1. Meningkatkan status sosial.

Keinginan seseorang untuk meningkatkan status sosial keluarganya juga bisa dengan menjadi seorang dokter. Dokter adalah profesi yang bergengsi dan dihargai banyak orang yang tidak pernah di anggap rendah. Itulah mengapa dengan menjadi dokter seseorang bisa mengangkat derajat keluarganya dalam masyarakat.

Agar bisa dihargai orang lain juga tidak hanya dengan menjadi seorang dokter. Namun kit ajuga harus tahu cara menghargai orang lain.

  1. Termotivasi dari orang lain.

Alasan lainnya bagi seseorang untuk menjadi dokter bisa juga karena termotivasi dari orang lain. Bisa dari orang tuanya sendiri yang juga seorang dokter, orang terdekat, keluarga, teman dan orang lain yang bisa menginspirasinya. Cara memotivasi diri sendiri memang bisa dengan menemukan seseorang yang bisa menginspirasi kita dalam hidup.

Itulah 8 alasan seseorang menjadi dokter dalam hidupnya. Masing-masing dari kita tentu mempunyai alasan dalam hidup untuk menjalani kehidupan yang tidak biasa. Berusaha untuk sukses merupakan salah satu cara menyikapi orang yang meremehkan kita. Alasan dibalik tujuan kita itu sangat penting karena juga bisa digunakan sebagai motivasi, itulah mengapa sering kali ditanyakan alasan memilih pekerjaan yang dilamar saat mengikuti wawancara kerja.

 

, , ,
Oleh :
Kategori : Kehidupan