10 Ciri-Ciri Orang Sukses dari Kecil yang Perlu Orang Tua Ketahui

Setiap orang pasti ingin sukses. Beberapa orang mempunyai pengertian yang berbeda mengenai sebuah kesuksesan. Akan tetapi, pada umumnya orang yang selalu dianggap sukses antara lain berpenghasilan besar, mempunyai mobil yang mewah, mempunyai pasangan yang sempurna, dan bisa jalan-jalan ke luar negeri.

ads

Kesuksesan seseorang pada dasarnya bisa terlihat pada saat anak-anak. Tidak hanya karena sifatnya saja, kesuksesan dari anak-anak juga bisa diasah sehingga kelak dia punya potensi untuk bisa menjadi orang yang sukses.

Benih-benih kesuksesan pun tidak selalu diturunkan dari orang tua. Sebagian memang ada anak yang sukses karena bawaan dari orang tua yang juga sukses. Akan tetapi, ada juga anak yang sukses meskipun bukan dari orang tua yang sukses. Hal ini disebabkan anak tersebut punya ciri-ciri menjadi orang yang sukses. Jika kita sudah mengetahuinya, tinggal kita didik cara menjadi orang sukses dan pintar dibidangnya. Sekarang, Seperti apa ya ciri-cirinya? Berikut 10 ciri-ciri orang sukses dari kecil yang bisa kita ketahui.

1. Punya semangat yang besar

Seorang anak yang bersemangat dalam kesehariannya adalah salah satu ciri khas orang yang akan sukses di masa depan. Ketika dia diminta mengerjakan sesuatu selalu terlihat senang dan semangat. Dengan semangat itu dia akan lebih banyak menciptakan peluang kesuksesan bagi dirinya.

2. Tidak mudah menyerah

Ketika anak kita tidak menyerah saat mengerjakan sesuatu, bisa jadi dia juga mempunyai ciri-ciri orang sukses. Sama halnya dengan point 1, Ketika ada masalah, dia akan tetap bersemangat dan tetap akan menyelesainkannya. Sosok seperti dapat membukakan jalan menuju kesuksesan.

3.Dia punya Impian yang tinggi

Tidak banyak anak punya impian yang jelas dan dengan bangganya di ucapkan di hadapan orang lain. Jika pun ada, maka anak tersebut punya ciri-ciri orang yang akan sukses. Biasanya anak yang sukses tidak akan bingung dengan rencana janga panjangnya. Contohnya, setelah lulus dari SD, dia akan melanjutkan ke jenjang pendidikan di sekolah favoritnya. Ditambah, dia juga dengan bangga mengatakan impiannya. Hal tersebut dapat menjadikan petunjuk jika anak tersebut berpotensi menjadi orang sukses nantinya.

4. Cuek terhadap kritikan

Ciri berikutnya adalah anak tersebut tidak terlalu memikirkan kritikan orang lain. Sebaliknya, kritikan itu menjadi energi untuk melakukan sesuatu yang lebih baik lagi. Dengan begitu mentalnya akan tangguh dalam menjalani kehidupan yang berat nantinya. Hal tersebut menunjukan bahwa dia bisa menjadi orang yang berhasil.

5. Mempunyai passion

Anak sangat tekun mengerjakan apa yang dia sukai? Dia juga bersemangat menherjakannya? Itu adalah passion. Anak yang memiliki passion juga merupakan ciri anak sukses. Kenapa seperti itu? Seperti pada poin 1 dan poin 2, bayangkan anak kita mempunyai hobi yang sangat dia sukai. Kemudian, dia melakukannya dengan penuh semangat. Ditambah dia juga tidak mudah menyerah jika gagal. Hobinya tersebut bisa saja suatu saat nanti menjadi penghasilan untuk dirinya sendiri.

6. Punya tingkat penasaran yang tinggi

Pernah melihat anak-anak yang cerewet dan sering bertanya? Perlu diketahui, anak tersebut juga berpotensi menjadi sukses. Pada dasarnya, Anak yang cerewet dan sering bertanya memiliki rasa keingintahuan yang sangat tinggi. Biasanya anak yang seperti ini cenderung aktif dan selalu ingin tahu apa yang dikerjakan oleh orang lain sekecil apapun. Dengan begitu, banyak ilmu yang akan diserap olehnya.

7. Dia susah diatur oleh orang lain

Anak yang susah diatur diatur biasanya selalu dicap anak nakal. Akan tetapi, Jika kita dapat membinanya dengan benar, anak tersebut bisa menjadi pemimpin di masa depan. Hal tersebut membuat dia dapat mengontrol bawahannya ketimbang dikontrol oleh orang lain. Namun, dengan catatan, jika kita bisa mendidiknya dengan benar. Sebab, anak yang aktif juga bisa “memberontak” kalau cara mendidiknya salah. Maka dari itu pelajarilah cara mengatasi anak nakal sehingga anak kita tidak salah langkah.

8. Sikapnya dapat didik dengan baik

Jika sebelumnya adalah anak yang aktif, maka poin berikut ini adalah anak yang sikapnya dapat didik dengan baik. Maksudnya, anak yang terlihat biasa-biasa saja dapat menjadi orang yang sukses jika sikapnya mampu dibina dengan baik. Orang yang pendiam dan introvert juga dapat menjadi sukses kalau kita pelajari cara yang dilakukan untuk dapat bekerja keras, pantang menyerah dan ulet pada anak. Sebaliknya, jika ada anak yang sikap jeleknya susah diubah, maka sulit juga untuk mendapatkan keberhasilannya di masa depan.

9. Selalu bertanggung jawab

Pendidikan karakter anak yang harus ditanamkam pada anak adalah sikap bertanggung jawab. Karena dengan dengan tanggung jawab, dia bisa peduli dengan keadaan sekitar dan juga dipercaya oleh orang lain. Oleh sebab itu kita maupun orang tua harus mengajarkan sikap bertanggung jawab ini sejak dini.

10.  Ceria

Anak yang ceria tentunya mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk menjadi orang sukses dibandingkan anak yang kurang bahagia. Pada anak yang ceria dan bahagia sudah membangun mental yang bagus. Oleh karena itu, di usia anak-anak memang identik dengan keceriaan dan bermain sebagai fondasi pembentukan karakternya di masa depan.

Itulah 10 ciri-ciri orang sukses dari kecil yang bisa kita ketahui. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu semua.

, , ,