Sebelum Berhutang, Simak 6 Bahaya Hutang Piutang dalam Kehidupan

Hutang piutang menjadi hal yang umum terjadi dalam kehidupan. Sebagian besar orang pasti pernah terlibat dalam hutang piutang, baik dalam jumlah kecil maupun dalam jumlah yang banyak. Seseorang terlibat dalam hutang piutang juga disebabkan oleh banyak hal yang mendorong seseorang untuk meminjam uang dari orang lain. Mulai dari terdesak oleh suatu kebutuhan, pembiayaan untuk modal usaha hingga disebabkan oleh gaya hidup berlebihan. Hutang karena tuntutan gaya hidup ini merupakan penyebab istri banyak hutang tanpa sepengetahuan suaminya yang juga sering kali menjadi penyebab rumah tangga sering cekcok.

Terlibat hutang piutang dalam jumlah kecil dengan alasan kepepet tentu tidaklah masalah. Sebagai makhluk sosial kita pasti membutuhkan orang lain, salah satunya tolong menolong dalam kesempitan. Tapi yang menjadi masalah adalah jika terlibat hutang untuk memenuhi gaya hidup yang tidak sesuai dengan pemasukan. Agar terhindar dari hutang piutang, sebaiknya simak dulu bahaya hutang piutang berikut ini.

1. Terlibat Pertengkaran dan Permusuhan dengan Orang Lain

Hutang piutang yang tak terbayarkan bisa menimbulkan perselisihan antara orang yang berhutang dan yang menghutangkan. Orang yang tidak bisa membayar uang yang dipinjam tepat waktu atau tidak bertanggung jawab dengan hutangnya, sering kali memancing amarah orang yang memberi hutang. Apalagi jika hutang tersebut dalam jumlah besar dan merupakan uang yang akan dipergunakan untuk suatu keperluan yang sudah tiba jangka waktunya.

2. Membuat Hidup Menjadi Tidak Nyaman dan Tentram

Hidup sederhana apa adanya sesuai dengan pemasukan lebih bisa membuat hidup seseorang menjadi nyaman dan damai tanpa banyak beban. Meski tidak bertemu makanan enak setiap hari. Tapi, ketenangan dan kenyamanan ini tidak akan dirasakan oleh orang yang memiliki banyak hutang.

Ia akan terus berpikir dari hari ke hari tentang bagaimana cara menghadapi masalah utangnya yang besar dan sudah ditagih oleh pemiliknya. Bahkan orang yang telah terlilit hutang akan sulit untuk bisa tidur dengan nyenyak.

3. Membuat Seseorang Rentan Tertekan dan Stres

Pastinya, bahaya hutang piutang bisa membuat seseorang menjadi mudah merasa tertekan dan stres. Mengingat hutang yang tidak sedikit dan harus segera dilunasi. Begitu juga dengan hutang kartu kredit atau cicilan lainnya yang harus dibayar setiap bulan. Belum lagi dep-collector dan penagih hutang yang harus dihadapi setiap kali menunggak pembayaran.

Begitu juga bagi si pemberi hutang yang uangnya belum dibayar oleh orang yang berhutang. Jika uang tersebut juga hendak digunakan untuk keperluan yang juga mendesak, maka pastinya juga bisa membuat stres karena dirinya juga harus menemukan solusi atas permasahan ini.

Belum lagi pandangan masyarakat sekitar dan gunjingan orang terhadap orang yang terlilit banyak hutang karena gaya hidup yang berlebihan. Tentu saja hal ini bisa mempengaruhi psikologis orang yang berhutang besar.

4. Menambah Beban Hidup

Tidak hanya membuat hidup menjadi tidak tentram, bahaya hutang piutang juga menjadi beban hidup bagi yang mengalaminya. Tidak cukup untuk memikirkan biaya hidup sehari-hari, tapi juga harus bisa memutar otak lebih keras agar bisa mendapatkan uang lebih untuk melunasi hutang-hutang yang dimiliki.

5. Pertanggungjawaban Hutang hingga Akhirat

Tidak cukup di dunia saja dibuat stres, tertekan dan tidak bahagia karena hutang, di akhirat pun seseorang juga harus menanggung balasan akibat berhutang. Hutang sesuatu yang wajib dibayar dan dilunasi atau akan dibawa sampai mati, walau nilai hutangnya sangatlah kecil. Disini banyak orang yang justru meremehkan hutang yang bernilai kecil.

Bahkan mengatai orang yang menagihnya karena dianggap terlalu pelit karena tidak mau mengikhlaskan hutang yang sedikit itu. Sesungguhnya kita yang meminjamkan uang kepada orang lain wajib untuk menagihnya agar tidak memberatkan orang yang berhutang di akhirat nanti. Jika kamu memiliki hutang, janglah sampai termasuk pada ciri-ciri orang yang lahir dari hutang.

6. Membuat Kondisi Keuangan jadi Tidak Stabil

Jelas saja bahaya hutang piutang ini bagi seseorang adalah membuat keuangannya menjadi tidak stabil. Terlebih hutang yang sifatnya berbunga besar. Hutang bagi orang yang pendapatannya kecil dapat memangkas biaya kehidupannya sehari-hari. Tak jarang hutang menyebabkan seseorang harus gali lobang tutup lobang untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Kalau sudah begini, intip juga cara menghadapi masalah keuangan yang tidak stabil karena hutang ini.

Itulah 6 bahaya hutang piutang yang harus kita tahu agar tidak membiasakan diri untuk berhutang demi kepentingan gaya hidup. Simak juga ya arti mimpi meminjam uang dan tips mengatur keuangan rumah tangga.

, ,
Oleh :
Kategori : Kehidupan