4 Cara Menghadapi Masalah Keuangan

Cara menghadapi masalah keuangan adalah melalui perencaan keuangan yang baik sehingga masalah yang datang dapat dihadapi dengan cadangan anggaran. Uang seringkali menjadi masalah yang sangat rentan untuk merusak hubungan pertemanan, persaudaraan, dan suami istri. Gaya hidup yang meningkat seringkali tidak diiringi dengan pendapatan yang juga meningkat. Kita harus memahami penghasilan yang kita miliki saat ini dan kemudian kita buat gaya hidup yang sesuai. Jangan sampai gaya hidup yang menjadi prioritas dibanding dengan penghasilan. Hal ini akan sangat membahayakan diri dan menyulitkan diri di kemudian hari. Berikut adalah cara menghadapi masalah dengan sabar pada bidang keuangan yang sedang terjadi.

ads

1. Keterbukaan

Cara menghadapi masalah keuangan adalah dengan keterbukaan. Apapun peran kita dan apapun profesinya, kita harus menghadapi masalah dengan cara menghadapi masalah dengan tenang. Jika kita seorang pelajar terbukalah pada orang tua tentang kebutuhan dana sekolah kita. Jangan sampai kita melakukan hal yang tidak terpuji. Kita juga dapat terbuka pada guru maupun dosen agar dicari solusi misalnya beasiswa dan lain – lain. Sebagai pekerja kita juga dapat terbuka pada pemimpin dengan bicara baik – baik. Gaji yang diberikan sesuai atau tidak. Jika menghadapi masalah darurat apakah boleh meminta gaji di awal, dan lain – lain. Sesama pasangan rumah tangga kita juga harus terbuka pada istri maupun suami, hal ini akan menjadi perencanaan keuangan yang dapat dicari resiko dan solusi bersama. Tidak ada salahnya menjadi pribadi yang terbuka dan mencoba berbicara baik – baik pada pihak yang terkait dengan masalah keuangan kita.

2. Perencanaan

Cara menghadapi masalah keuangan adalah dengan perencanaan sangat penting untuk antisipasi masalah keuangan. Masalah keuangan bisa menghampiri kapan saja. Kita harus memiliki tabungan atau uang cadangan yang sewaktu – waktu dapat digunakan kembali, hal tersebut adalah cara menghadapi masalah rumah tangga. Pemilihan cara menabung maupun cara investasi sangat penting untuk ketenangan dalam menghadapi masalah keuangan yang terjadi. Konsultasikan dengan pihak terdekat maupun pihak yang telah berpengalaman sehingga dapat memilih cara menabung dan investasi terbaik.

3. Menjual Barang Berharga

Jika kita memiliki barang yang berharga sebaiknya kita relakan untuk digadaikan maupun dijual sebagai cara menghadapi masalah yang berat. Kita harus menyadari bahwa barang yang berharga adalah sejenis investasi yang mungkin akan digunakan pada suatu hari. Kita harus rela untuk menekan keegoan kita dalam penggunaan barang – barang mewah. Evaluasi diri juga dapat dilakukan untuk melihat garis lurus antara gaya hidup dan penghasilan yang didapat.

4. Meminjam Uang

Cara mengahadapi masalah keuangan adalah dengan meminjam uang sebagai langkah terakhir yang dapat dilakukan jika berbagai cadangan anggaran tidak dapat mengatasi masalah keuangan. Pada proses peminjaman sebaiknya juga dikonsultasikan dengan baik. Cara menenangkan hati dan pikiran sementara mulailah dengan melakukan peminjaman pada orang terdekat diantaranya orang tua, kerabat, dan sahabat. Bicara harus dengan tutur kata yang baik dan jujur. Kita juga harus menyampaikan kesanggupan untuk mengembalikan dengan tempo yang tidak memberikan harapan palsu. Jika perlu lakukanlah peminjaman dengan membuat surat perjanjian. Hal ini akan lebih membuat kita terikat dengan tanggung jawab agar segera menyelesaikan urusan utang piutang. Jangan membuat orang lain kecewa dan kehilangan kepercayaan dari kita.

 

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 10th, November 2017 / 03:54 Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan