Saat Kehilangan, Ketahuilah 9 Cara Mengikhlaskan Sesuatu yang Hilang dari Kita

Setiap orang pasti pernah merasakan kehilangan. Baik itu berupa benda atau malah orang yang disayangi. Tidak ada yang kekal di dunia ini dan akan bisa lenyap dari kita tanpa kita tahu pasti kapan akan terjadinya. Maka dari itu, kita harus tahu betul bahwa kita dan semua yang ada di dunia ini miliki Sang Pencipta yang suatu saat akan kembali kepadanya. Namun yang sering kali terjadi adalah kita lupa dan tak sadar akan hal itu. Meratapi setiap kehilangan dan sulit mengikhlaskan apa yang terjadi. tPadahal kita tahu apa yang telah hilang itu, jarang sekali kembali kepada kita. Tapi meski begitu, tetap saja kita juga harus berusaha untuk menemukan benda yang hilang tersebut terlebih dahulu. Pertanyaannya, bagaimana cara mengikhlaskan sesuatu yang hilang ini?

ads

1. Mungkin barang yang hilang itu bukan rezeki kita

Saat mengalami kehilangan sesuatu benda, rasanya tentu sangat tidak menyenangkan dan cukup untuk membuat kita sedih ataupun panik. Terlebih jika nilainya cukup mahal dan hasil jerih payah kita selama ini. Dari pada meratapi barang yang telah hilang dan tak mungkin akan kembali, hal yang paling tepat untuk kamu lakukan adalah dengan cara mengikhlaskan sesuatu yang hilang tersebut dengan menganggap bahwa barang yang hilang itu bukanlah rezeki kita lagi.

2. Yakinlah Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik

Kita harus ingat bahwa apa yang kita miliki milik Allah. Allah bisa mengambilnya kapan saja ia mau, salah satunya adalah dengan menghilangkannya dari kita. Jangan berlarut dalam kesedihan dan yakinlah Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik.

3. Anggaplah ini suatu cobaan yang menimpamu

Anggaplah kehilangan sesuatu sebagai suatu cobaan untuk kita. Cara mengikhlaskan sesuatu yang hilang adalah dengan ketabahan. Agar kita bisa tabah menerimanya adalah dengan meyakinkan diri bahwa kalau memang reski itu, sesuatu yang hilang itu akan kembali atau akan berganti.

4. Lihatlah orang-orang yang kehilangannya lebih besar dari pada kamu

Yang merasakan kehilangan tidak hanya kita seorang, banyak orang di luar sana yang juga pernah merasakan kehilangan. Cara mengikhlaskan sesuatu yang hilang berikutnya adalah dengan melihat orang-orang yang juga pernah mengalami kehilangan yang nilainya lebih besar dari pada kita.

5. Jangan berpikir dan berharap sesuatu yang hilang tersebut akan kembali

Jika kita masih saja memikirkan dan mengharapkan sesuatu yang hilang tersebut akan kembali, akan semakin sulit bagi kita untuk merasa ikhlas. Maka dari itu, apa yang telah hilang, jangan diharapkan lagi. Jika tidak kita bisa stres karena terlalu mengharapkannya. Ikhlas juga merupakan cara menghadapi masalah dengan sabar.

6. Carilah hikmah dibalik kehilangan tersebut

Dibalik sebuah cobaan pasti ada hikmahnya. Cobalah untuk memetik hikmah dari apa yang kita alami. Mungkin selama ini kita merasa lalai dalam menjaga apa yang kita miliki. Mungkin juga selama ini kita merasa lengah dan sombong dengan apa yang kita miliki. dari itu, mulailah untuk menghargai dan menjaga apa yang kita miliki. Begitu juga dalam cara menenangkan hati dan pikiran saat ada masalah berat dalam hidup.


7. Mungkin selama ini kamu tidak ingat untuk bersedekah?

Kehilangan juga menjadi suatu peringatan bagi kita. Jika kita kehilangan harta, cobalah ingat kembali. Apakah selama ini kita rajin bersedekah? Apakah kita ikhlas dalam bersedekah? Mungkin juga kita lupa menzakatkan harta kita. Dengan adanya kehilangan ini, kita harus sadar bahwa dalam rezeki kita juga ada rezeki orang lain. Dan dengan kehilangan inilah cara Allah memberikan hal orang lain yang ada pada kita yang selama ini tidak pernah kita berikan.

8. Bersyukur karena kamu masih memiliki yang lebih berharga

Meski kehilangan, tapi kita juga harus tetap bersyukur karena kita masih memiliki dan tidak kehilangan sesuatu yang lebih berharga, yaitu keluarga. Bayangkan jika kita harus kehilangan salah satu anggota keluarga yang sangat kita sayangi. Kita juga harus ingat, kehilangan itu pasti akan terjadi.

9. Ujian dan cobaan adalah salah satu penggugur dosa

Kita juga harus tahu bahwa ujian dan cobaan seperti kehilangan juga merupakan salah satu cara Allah menggugurkan dosa-dosa kita. Jadi jangan terlalu bersedih dan ikhlaskanlah apa yang telah hilang. Maka dari itu kita harus bisa melaluinya dengan cara menjadi orang sabar dan ikhlas. Begitu juga dalam cara melupakan masa lalu yang menyakitkan dan buruk.

Demikianlah 9 cara mengikhlaskan sesuatu yang hilang dari hidup kita. Entah itu kehilangan benda, harta atau seseorang yang disayangi. Memang cara membuat hati ikhlas dan tenang itu tidak mudah. Dan yang paling penting kita harus menjalani hidup dengan cara agar tetap istiqomah di jalan Allah.

, ,
Oleh :
Kategori : Kehidupan