7 Hal Mengenai Kepribadian Ambivert Ini Sepertinya Ada dalam Dirimu

Kepribadian ambivert adalah istilah yang diciptakan oleh seorang psikolog bernama Hans Aysencek. Dimana kepribadian ini merupakan salah satu dari tiga tipe kepribadian yang dimiliki seseorang. Tidak akan sulit bagi mereka yang memiliki kepribadian ini. Mereka akan menjalani kehidupannya dengan santai sesuai kehendak dan mood-nya tanpa banyak tuntutan. Bagaimana sebenarnya kehidupan seseorang dengan kepribadian yang satu ini? Mungkin saja beberapa hal mengenai kepribadian ambivert ini sesuai dengan kepribadian kamu sendiri. Berikut beberapa hal menyangkut kepribadian ambivert yang bisa kamu rasakan sendiri dalam keseharianmu.

ads
  1. Tidak mudah terpengaruh.

Orang yang memiliki kepribadian ini memiliki pandangannya sendiri dan sering berpegang teguh dengan apa yang diyakininya. Sehingga ia tidak mudah terpengaruh oleh berbagai godaan dan pendapat diluar pandangannya. Ia seperti memiliki pendirian yang tidak mudah digoyahkan. Jadi akan sangat sulit untuk mengubah pandangan seorang ambivert ini jika ia sudah berpegang dengan itu. Dengan kepribadian ini ia lebih dikenal sukses dalam banyak hal.

  1. Lebih fleksibel dalam segala hal.

Si ambivert ini lebih terlihat fleksibel dalam segala hal dan kondisi. Ia tidak mempermasalahkan banyak hal dalam hidupnya. Ia bisa menjadi sosok yang mandiri namun juga pandai dalam berorganisasi dan berkelompok. Ia bisa nyaman dengan kesendirian ataupun dengan keramaian dan inilah yang menjadi salah satu kelebihan yang dimilikinya. Kedua situasi ini tidak akan mempengaruhi kinerja dalam bekerja, baik mengerjakan sendiri atau bersama-sama tidaklah mengganggu konsentrasinya. Hal ini jelas berbeda dengan kedua kepribadian lainnya.

  1. Sering dikatakan sebagai kepribadian ganda.

Mengadopsi sifat dari golongan kepribadian introvert dan ekstrovert, orang yang memiliki kepribadian ambivert ini sering dinilai sebagai pemilik kepribadian ganda. Namun ada ciri orang berkepribadian ganda yang lebih spesifik dan perlu diketahui lebih lanjut. Ia bisa menjadi tertutup untuk beberapa hal dan juga bisa menjadi sangat terbuka untuk banyak hal. Orang dengan kepribadian ini cukup misterius karena sulit untuk ditebak.

  1. Lebih gampang beradaptasi dalam berbagai kondisi.

Orang dengan kepribadian ambivert terbilang sangat mudah untuk bersosialisasi dan sangat pandai dalam menempatkan serta memposisikan diri dalam berbagai situasi dan kondisi. Ia pandai membawa diri dan menimbang apa yang seharusnya ia lakukan saat menghadapi situasi tertentu. Ia juga cukup cepat dalam memahami situasi yang dialaminya dan segera bisa menyesuaikan diri. Bisa dibilang orang dengan kepribadian ini lebih peka dan pandai membaca situasi.

  1. Gabungan dari dua tipe kepribadian.

Kepribadian ambivert memiliki sifat dari gabungan kepribadian tipe introvert dan ekstrovert. Karena berada diantara kedua tipe kepribadian, maka ambivert mengapdosi sifat dan karakter dari kedua tipe kepribadian ini. Itulah kenapa mereka bisa menempatkan diri dimana saja. Namun ia juga harus menyeimbangkan antara dua karakter kepribadian. Kesendirian dan berinteraksi harus seimbang karena keduanya sangat dibutuhkan pemilik pribadi ini. Ia tidak bisa terlalu banyak dalam berinteraksi karena ia akan merasa mudah lelah dan bosan. Begitu juga sebaliknya, dalam kesendirian dan ketenangan ia tidak bisa berlama-lama dan juga harus segera bersosialisasi.


  1. Tidak konsisten, cenderung berubah-ubah.

Meski orang yang masuk dalam tipe kepribadian ini tidak mudah terpengaruh, namun kepribadiannya sangat rentan berubah. Tingkah dan perilakunya sangat mudah berubah dengan cepat sesuai mood yang ia rasakan. Disaat yang tidak diduga ia bisa saja tiba-tiba menjadi marah dan menjengkelkan. Bisa dibilang mereka juga memiliki sifat plin plan dan sulit untuk memutuskan sesuatu perencanaan sendiri serta kurang tahu cara membuat keputusan atau pilihan yang tepat.

  1. Menjadi teman bicara yang asyik.

Seperti keunikan introvert yang akan menjadi pendengar yang baik bagi teman bicaranya, si ambivert ini merupakan lawan bicara yang asyik untuk si introvert maupun ekstrovert. Dia bisa mengikuti dan menyesuaikan gaya berbicara dari kedua kepribadian yang menjadi lawan berbincangnya. Inilah yang menjadi keistimewaan orang introvert. Ia akan dengan senang hati menjadi teman ngobrol mulai dari obrolan ringan hingga obrolan berat yang lebih spesifik dan mendalam. Sepertinya sangat beruntung orang-orang yang berada di dekat si introvert ini ya?

Demikianlah 7 hal yang berkaitan dengan kepribadian ambivert yang mungkin saja ada dalam diri kamu. Kepribadian yang sudah melekat pada diri seseorang cenderung sudah bawaan dan biasanya sangat sulit untuk diubah. Tapi, bukan hal yang tidak mungkin jika ingin mengubah kepribadian yang buruk menjadi lebih baik. Cara mengubah kepribadian hanya bisa dilakukan atas dasar tekad dan niat dari diri sendiri seperti cara merubah sifat jelek menjadi lebih baik. Pelajari juga lebih banyak hal tentang cara menjadi pribadi yang baik sebagai salah satu tips agar disukai banyak orang.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Kehidupan