Manakah dari 3 Tipe Kepribadian Manusia Ini yang Kamu Miliki?

Salah satu hal yang sering dinilai dari diri seseorang adalah kepribadiannya. Secara umum, biasanya kita menilai pribadi seseorang itu hanya dengan melihat dari sisi baik dan buruknya saja. Memiliki kepribadian buruk sering membuat seseorang harus memikirkan cara mengubah kepribadiannya.

ads

Bicara tentang kepribadian seseorang, terdapat tiga tipe kepribadian yang mendasari sifat dan tingkah laku seseorang dalam kesehariannya. Istilah yang digunakan para psikolog dalam mengelompokkan jenis kepribadian manuia itu ada introvert, ekstrovert dan ambivert yang memiliki keunikan tersendiri pada masing-masingnya. Bagaimanakah karakter dari ketiga tipe kepribadian manusia ini? Simak penjelasan dari ketiga tipe kepribadian tersebut.

Introvert.

Hanyut dalam kesendiriannya adalah salah satu ciri-ciri dan keunikan introvert. Sebagian orang merasa galau dan bad mood ketika rumah sepi dan hanya tinggal sendiri. Mereka yang introvert tidak akan terganggu dengan kesunyian tersebut. Mereka merasa menjadi lebih tenang dan damai karna itulah cara menenangkan hati dan pikiran yang tepat untuk mereka. Dan mereka sangat tahu cara bersikap tenang. Berikut fakta lainnya menyangkut introvert.

  1. Dengan suasana yang tenang mereka bisa melakukan banyak hal dengan baik, Bisa fokus dengan pelajaran atau pekerjaan, dan bisa lebih kreatif dalam menemukan ide-ide baru.
  2. Keramaian, suara bising dan berisik akan mengganggu mereka yang introvert. Mereka akan merasa kurang nyaman dan risih.
  3. Nongkrong dan berkumpul dalam jangka waktu yang lama tidak akan membuat introvert ini betah. Jikalau sudah bosan mereka akan menarik diri sejenak mencari sebuah ketenangan.
  4. Hobi menyendiri bukan berarti membuat para introvert menjadi anti sosial. Mereka masih bisa bergaul dengan baik pada lingkungan. Namun mereka lebih selekif dalam memilih teman, seseorang yang bisa membuat ia nyaman itulah yang akan menjadi teman baiknya.
  5. Introvert adalah pribadi yang lebih tertutup dan bukanlah orang yang kehadirannya bisa membuat suasana menjadi ramai. Ia tidak suka mengumbar banyak hal kepada orang lain terlebih tentang pribadinya sendiri. Ia juga tidak suka ada orang yang berusaha menggali banyak hal tentang kehidupan pribadinya.
  6. Mereka lebih sensitif dan perasa serta cepat mengerti dan memahami sebuah sindirian.

Ekstrovert.

Kebalikan dari introvert, ektrovert ini malah lebih suka keramaian. Ia tidak suka sendiri dan suasana yang sepi dan sunyi bagaikan siksaan bagi dirinya. Ia selalu butuh ditemani dalam hidupnya. Bisa stress jika berada dalam kesendirian dalam waktu yang cukup lama. Berikut beberapa hal lain menyangkut pribadi ektrovert ini.

  1. Memiliki pribadi yang terbuka kepada siapa saja, tidak suka menutup diri apalagi bermain rahasia-rahasiaan.
  2. Berkumpul dengan teman atau family akan membuatnya merasa sangat senang.
  3. Keramaian dan suara berisik tidak akan mempengaruhi konsentrasi pribadi ektrovert ini dalam belajar maupun bekerja. Tentu saja ini adalah satu hal yang menguntungkan untuk mereka yang memiliki pribadi ini.
  4. Suasana yang tenang akan membuat mereka cepat bosan sehingga mereka cenderung tidak bisa diam.
  5. Pribadi ekstrovert dikenal lebih interaktif dan mudah bersosialisasi dengan lingkungan karena sifat terbuka yang mereka miliki.
  6. Kebanyakan dari mereka adalah tipe orang yang santai dan simpel.
  7. Mereka lebih terlihat energik dan memiliki antusias yang cukup tinggi karena bersosialiasi dengan dunia luar dan hal-hal baru adalah hal yang menyenangkan baginya.
  8. Mereka lebih senang dalam kegiatan yang berbau sosial, organisasi atau berkelompok.

Ambivert.

Bisa memiliki dua kepribadian dari introvert dan ekstrovert terasa sangat menyenangkan ya? Inilah kepribadian ambivert yang  mengambil kedua sisi dari dua kepribadian lainnya alias ia berada di tengah-tengah yang membuatnya menjadi spesial. Ketenangan dan kesendirian tidak akan membuatnya merasa bosan, sementara keramaian dan hirup pikuk tidak akan membuat mereka terasa terganggu pula. Berikut hal-hal lain yang dimiliki si pribadi ambivert ini.

  1. Meskipun antara kesendirian dan berinteraksi mereka tidak ada masalah namun mereka tidak bias berlama-lama dalam berinterasi. Mereka terkadang juga membutuhkan ruang sendiri untuk mencari ketenangan karena mereka tidak bisa berada pada satu sisi saja.
  2. Mereka lebih terlihat simpel dan fleksibel karena mudah menyesuaiakan diri dengan lingkungan yang akan ia hadapi.
  3. Kelebihan si ambivert ini adalah ia akan menjadi teman bicara yang menyenangkan karena ia bisa mengikuti kepribadian teman bicaranya.
  4. Ia bisa bersikap terbuka namun bisa juga menjadi tertutup untuk beberapa hal yang menurutnya tidak perlu orang lain tahu.
  5. Dalam diri ambivert ada potensi besar dalam dirinya untuk menjadi pemimpin dan pebisnis yang sukses berkat kemampuannya dalam beradaptasi.
  6. Namun tidak akan mudah bagi ambivert dalam menentukan cara membuat keputusan.
  7. Terkadang ada pula yang mengatakan bahwa mereka yang ambivert ini merupakan ciri orang berkepribadian ganda karena sifat mereka yang bisa berubah dengan cepat.

Setelah mengetahui penjelasan dari ketiga tipe kepribadian manusia diatas, kamu memiliki kepribadian yang mana? Apa pun kepribadian yang dimiliki akan membuat seseorang menjadi pribadi yang unik.

, ,
Oleh :
Kategori : Kehidupan