11 Keuntungan Banyak Teman yang Setia

Memiliki banyak teman akan membuat hidup lebih berwarna. Kita tidak akan merasa kesepian dengan memiliki banyak teman. Dalam hidup seseorang, memiliki teman merupakan hal yang sangat penting karena kita tidak bisa hidup terkucil. Memiliki banyak teman akan menjamin hidup kita memiliki wawasan yang luas dan juga pergaulan yang luas. Bisakah Anda membayangkan jika hidup sendirian tanpa teman? Tentu tidak akan nyaman rasanya. Kita membutuhkan kehadiran teman untuk berinteraksi dan menjadi tempat untuk menyalurkan keinginan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain.

ads

Namun hidup berteman juga memiliki beberapa aturan yang perlu dipahami. Memiliki banyak teman yang baik, maka kita juga akan mendapatkan pengaruh yang baik. Sebaliknya, jika memilik banyak teman tapi tidak ada satupun yang dapat memberikan pengaruh baik, maka pertemanan kita akan mengarah ke hal yang merusak diri sendiri. Bila kita berhasil menjaga arah pertemanan tetap positif dan baik, maka akan ada beberapa keuntungan yang didapatkan dengan menjalin banyak pertemanan.

1. Memiliki tempat curhat

Punya banyak teman berarti kita juga memiliki banyak alternatif pilihan orang yang bisa kita jadikan tempat untuk curhat ketika sedang ada masalah. Banyak teman berarti banyak juga karakter dan cara berpikir yang berbeda. Kita bisa menyesuaikan keperluan curhat dengan teman mana yang sekiranya memiliki karakter atau cara berpikir yang kita butuhkan. Dengan begitu mereka bisa menjadi bantuan untuk menyusuncara menghadapi masalah hidupserta cara menghadapi masalah yang berat.

2. Bisa berbagi cerita

Tentu ada waktunya ketika kita ingin berbagi cerita dengan seseorang mengenai keseharian atau kejadian – kejadian yang ada di dalam kehidupan kita. Ketika mengalami kejadian yang seru atau menggugah hati, pasti kita akan ingin berbagi hal tersebut dengan orang lain. Itulah salah satunya kegunaan memiliki teman yang banyak, karena kita tidak akan kekurangan tempat berbagi cerita dan bahkan bisa saling berbagi pengalaman yang seru. Berbagi cerita tentang pengalaman yang menarik juga dapat menjadicara bergaul dengan teman baru.

3. Teman dapat menghibur kita

Adanya teman yang setia dan mengenal diri kita akan sangat membawa kondisi yang positif dalam kehidupan kita. Kapan saja suasana hati sedang tidak baik dan membutuhkan hiburan, teman yang setia akan selalu siap untuk menghibur dan meredakan kekesalan hati. Terkadang, berkumpul dan mengobrol saja sudah cukup menghibur. Apabila teman bisa saling menghibr, itu artinya masing – masing telah tahu bagaimanacara bergaul yang baik.

4. Teman dapat memberikan bantuan

Ketika membutuhkan bantuan untuk berbagai macam hal, teman sejati pasti akan menjadi orang pertama yang mengulurkan tangannya. Dengan demikian kita tidak perlu cemas harus menjalani beberapa kesulitan sendirian, karena akan ada banyak teman yang membantu bahkan tanpa diminta. Kita juga bisa mencoba cara mendapatkan banyak teman agar ketika kita membutuhkan bantuan, maka mereka akan bisa membantu dengan segera.


5. Jodoh bisa berawal dari teman

Bagi kita yang belum mendapatkan jodoh, membuka peluang dengan bergaul seluas – luasnya bisa mendatangkan jodoh tersebut, atau setidaknya memperbesar kesempatan untuk bertemu jodoh. Banyak teman berarti kita juga mendapatkan peluang yang besar untuk mencari jodoh. Berbagai pilihan karakter dapat kita temui pada diri teman – teman kita. Mungkin saja salah satunya adalah jodoh kita, atau dapat membuka jalan untuk kita bertemu cinta sejati atau mengalami ciri – ciri cinta sejati diantara sekian banyak teman yang kita miliki.

6. Menjalin koneksi atau jaringan bisnis

Satu lagi manfaat positif dari memiliki banyak teman adalah bahwa kita akan mendapatkan koneksi bisnis yang luas seiring dengan banyaknya teman yang dimiliki. Masing – masing teman tentunya juga mempunyai jaringan pertemanannya sendiri, dan karena itu dunia kita juga akan semakin luas serta dapat menjalin koneksi serta kesempatan bisnis dengan orang – orang baru yang dibawa oleh teman – teman kita.

7. Membuat hidup lebih seru

Hidup tidak akan terasa membosankan dengan variasi teman yang kita punya. Beragam karakter dan tingkah laku yang unik dari setiap orang teman akan membuat hidup kita lebih seru, bervariasi dan tidak monoton sehingga tidak membosankan. Kapan saja rasa jenuh melanda, akan selalu ada aktivitas yang dilakukan ketika bosan yang bisa melenyapkan kejenuhan tersebut. Bergaul dengan teman – teman memang bisa menjadi cara menghilangkan kejenuhan yang sedang dirasakan dalam hidup.

8. Tempat untuk berbagi kebahagiaan

Ketika sedang merasa berbahagia, sangat wajar apabila kita ingin berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Dalam hal ini, biasanya kita akan mencari orang yang terdekat dengan kita, yaitu keluarga atau teman. Teman yang baik akan turut merasakan kebahagiaan kita dan turut mengucapkan syukur serta berbahagia juga, karena dia juga menginginkan hal yang terbaik untuk kita sebagaimana kita juga terhadapnya. Memilih ciri – ciri teman yang baik dan tulusadalah salah satu cara membahagiakan diri sendiri.


9. Mengurangi stres

Memiliki banyak teman berarti kita tidak sendirian dalam menghadapi kehidupan. Agar bisa memiliki banyak teman, teutama yang memiliki ciri – ciri teman yang baik dan tulus, kita harus bisa menunjukkan kualitas diri yang akan menjadi cara disukai oleh banyak orang, atau cara agar disukai teman sekelasbagi anak remaja. Misalnya, menampilkan ciri – ciri orang baik hati dan tahu cara menjaga perasaan orang lain>dengan sepatutnya. Dengan memiliki banyak teman baik, maka seseorang tidak akan menjadi orang yang mudah stres, sebab ia senantiasa mendapatkan kasih sayang dan dukungan dari teman – teman baiknya.

10. Menyumbang kepada usia panjang

Kehidupan yang tenang karena memiliki banyak teman baik akan turut menyumbang kepada usia panjang yang bisa dimiliki seseorang, karena jauh dari stres berarti juga memiliki pikiran yang sehat serta tubuh yang sehat pula.

11. Membentuk Ikatan sosial

Seorang manusia perlu mempunyai akar di sautu tempat, dan salah satu cara untuk berakar adalah dengan membangun suatu ikatan sosial dengan sebanyak mungkin orang yang dapat dijadikan teman. Terbentuknya ikatan sosial akan membuat seseorang mulai merasa menjadi bagian dari suatu tatanan sosial dan kehidupan bermasyarakat pula.

Itulah beberapa dari sekian banyak keuntungan memiliki banyak teman yang dapat kita peroleh, tentu saja semua keuntungan itu akan kita rasakan manfaatnya apabila teman – teman yang bergaul dengan kita setiap hari merupakan teman yang baik. Oleh karena itu, sangat penting untuk tetap membuka mata dan hati ketika menjalin pertemanan dengan siapapun, agar kita bisa mengenali mana teman yang mempunyai niat tidak baik dan mana teman yang benar – benar tulus berteman dengan diri kita.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Kehidupan