11 Cara Bergaul Dengan Teman Baru di Sekolah

Bagi kamu yang akan memasuki sekolah baru mungkin saja merasakan hal yang beragam antara gembira dan khawatir. Memasuki lingkungan baru akan membutuhkan penyesuaian yang tidak mudah untuk dilakukan, paling tidak untuk sebagian orang. Beruntunglah kamu yang selalu dapat dengan mudah berbaur dengan lingkungan baru. Akan tetapi bagi yang lain, proses memasuki lingkungan baru tersebut bukan merupakan parsoalan kecil.

ads

Tidak selalu mudah untuk mendapatkan teman baru di sekolah. Beragam sifat orang yang kita jumpai sehari – hari juga membutuhkan kiat yang berbeda dalam menghadapinya sehingga dibutuhkan banyak penyesuaian untuk bergaul dengan teman baru. Namun hal ini janganlah menjadi alasan untuk kamu menjadi menarik diri dari pergaulan. Justru kamu harus mengetahui cara bergaul yang baik agar disukai oleh teman – teman baru, dan cara mengatasi kurang percaya diri dalam bergaul. Bagaimana caranya? Cobalah ikuti beberapa langkah berikut ini sebagai tips agar disukai banyak orang sehingga mudah untuk bergaul dengan teman baru:

1. Perhatikan penampilan

Penampilan bukanlah yang terpenting, tetapi akan menjadi hal pertama yang akan dilihat oleh teman – teman baru dalam pergaulan masa kini sebelum mereka mengenal kepribadianmu. Karena itulah, usahakan untuk selalu mendapatkan cara berpenampilan menarik atau cara mengubah penampilan menjadi lebih menarik. Memperhatikan penampilan bukan berarti kamu harus tampil mewah atau terkesan banyak uang. Tetapi yang penting adalah mempertahankan penampilan yang terkesan rapi, bersih dan tidak norak mulai dari rambut sampai ujung kaki sehingga teman – teman baru juga tidak akan segan berdekatan denganmu.

2. Perhatikan sikap tubuh

Kepercayaan diri seseorang akan terpancar dari bahasa tubuhnya. Jika ingin diperhatikan oleh teman baru, maka kamu tidak bisa menampilkan sikap tubuh yang kurang percaya diri seperti selalu berjalan sambil menunduk dan posisi bahu yang membungkuk. Sebaliknya, tunjukkan cara agar percaya diri dengan tampilkan postur tubuh yang tegap, dagu diangkat dan berbicara penuh percaya diri dengan menatap mata lawan bicara. Mengubah postur tubuh akan menjadi cara menghilangkan rasa malu dan cara meningkatkan keyakinan diri ketika menghadapi orang lain.

3. Banyak bergabung dengan teman

Cobalah untuk banyak membaur atau bergabung dengan kelompok – kelompok teman yang berbeda. Jajaki kemungkinan beberapa orang yang akan cocok bergaul dengan kamu. Untuk tahap pertama bergaul dengan teman baru, kamu tidak bisa langsung mengelompokkan diri dengan satu kalangan saja, karena itu akan mempersempit pilihan temanmu. Berhati – hatilah untuk memilih kelompok yang tidak akan menyesatkanmu kepada kenakalan anak jaman sekarang. Kamu perlu mengetahui cara menghindari pergaulan bebas dengan menyadari akibat pergaulan bebas di kalangan pelajar.

4. Banyak keluar rumah

Cara mendapatkan banyak teman baru adalah dengan menyediakan waktu untuk bergaul. Kamu perlu menyediakan banyak waktu untuk bergaul saat memasuki lingkungan sekolah baru. Janganlah selalu berdiam diri di dalam rumah, karena kamu tidak akan mendapatkan teman yang baik dengan cara tersebut. Ikutlah terlibat dengan berbagai kegiatan yang melibatkan banyak orang, tentunya pilihlah kegiatan yang positif dan menunjang bagi perkembangan dirimu.


5. Perluas wawasan

Sebagai seorang pelajar, kamu sangat perlu untuk memperluas pengetahuan tentang berbagai hal. Seseorang yang memiliki pengetahuan luas akan sangat disukai oleh orang lain. Teman – teman barumu juga akan mudah mengandalkan dirimu untuk berdiskusi dengan topik yang menyangkut berbagai hal . Namun usahakan cara menghilangkan sifat sombong dan cara menghindari sifat takabur karena kamu memiliki wawasan yang lebih luas daripada teman – teman barumu, teteplah bersikap rendah hati.

6. Senyum

Sulit untuk bergaul dengan teman baru apabila kamu tidak menampilkan ekspresi wajah yang bersahabat. Senyum akan mudah menarik orang lain kepada dirimu karena kamu tidak terkesan menutup diri dan sulit didekati orang lain. Banyaklah tersenyum dengan tulus, hal itu akan menjadi cara agar disukai teman sekelas yang baru dan cara agar disenangi orang lain.

7. Ikut kegiatan ekstrakurikuler

Bergabung dengan kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat dan bakatmu juga dapat menjadi cara bergaul dengan teman baru. Nilai tambahnya, selain mendapatkan sarana untuk menyalurkan hobi dan kemampuanmu, kamu juga akan bertemu dengan teman – teman yang memiliki minat yang sama sehingga tidak akan terlalu sulit untuk memulai pertemanan baru dengan mereka.

8. Pilih saat yang tepat

Cara mudah bersosialisasi adalah dengan memperkenalkan diri kepada teman baru secara individual. Akan ada beberapa kesempatan ketika kamu perlu memperkenalkan diri kepada seseorang atau ingin memulai suatu pembicaraan dengan orang baru. Perhatikanlah pemilihan waktunya. Jangan memulai perkenalan ketika teman yang dituju tampak sedang sibuk atau teralihkan pikirannya, sebab ia tidak akan menanggapi upaya perkenalanmu dengan serius.

9. Beri perhatian penuh

Jika ingin mendapatkan perhatian orang lain, kamu juga harus memberikan perhatian yang sama. Pertahankan konsentrasi saat sedang berbicara dengan teman – teman baru, jangan sampai kamu terlihat melamun atau tidak mendengarkan apa yang mereka bicarakan. Jika topik pembicaraan membosankan, kamu bisa mengalihkannya kepada topik lain secara halus. Apabila pembicaraan tidak berjalan lancar, cobalah untuk minta diri secara halus tanpa menyinggung perasaan lawan bicara.

10. Jangan mengumbar cerita

Memperkenalkan diri secara singkat dan menceritakan beberapa hal umum tentang diri sendiri tentu boleh saja untuk memberi gambaran kepada teman baru mengenai dirimu. Akan tetapi hindarilah untuk berbicara terlalu banyak mengenai dirimu sendiri, itu akan membuat temanmu bosan dan kehilangan minat untuk mendengarkan, bahkan bergaul dengan dirimu.


11. Santai

Tidak perlu terburu – buru mencari teman baru. Kamu harus bisa bersikap santai, dan tidak perlu takut jika tidak akan pernah menemukan teman di sekolah yang baru. Proses perkenalan dengan teman baru ada kalanya memang tidak bisa berjalan cepat. Pertahankan ketenangan dirimu, ikuti arus dan tanpa disadari kamu akan sudah mendapatkan banyak teman baru di sekolah yang baik.

Dalam menerapkan car bergaul dengan teman baru di sekolah, banyak hal yang mesti kamu waspadai. Tidak semua orang akan memiliki ciri – ciri teman yang baik dan tulus. Kamu harus dapat memilah mana teman yang benar – benar serius tertarik dengan pertemanan dengan dirimu serta mana teman yang hanya ingin memanfaatkan dirimu untuk keuntungannya sendiri serta akan menjerumuskan dirimu saja kepada hal – hal yang tidak baik.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 26th, January 2017 / 04:05 Oleh :
Kategori : Teman