12 Cara Menjaga Perasaan Orang Lain

Manusia selain dikenal sebagai makhluk individu, juga sebagai makhluk sosial, artinya manusia itu selalu membutuhkan ruang pergaulan, seperti keluarga, teman, sahabat, pacar, dan patner kerja. Karenanya, untuk berinteraksi secara nyaman dalam ruang pergaulan sosialnya, manusia memerlukan perasaan sebagai daya kontrol diri, karena perasaan merupakan unsur maha penting dalam diri manusia yang harus selalu dijaga, karena tanpa perasaan manusia akan kehilangan esensi dari kemanusianya. Ada pepatah yang mengatakan “sekejam-kejamnya harimau, ia tidak akan tega memakan anaknya sendiri, namun, ketika manusia kehilangan perasaan, ia bisa dengan tega ‘memangsa’ orang-orang dekatnya seperti teman, sahabat, atau patner kerjanya sendiri, guna mendapatkan ambisi kepuasan pribadinya.

ads

Bisa dibayangin apa jadinya jika manusia hidup tanpa perasaan, ia akan seperti kehidupan hewan, saling bunuh, saling serang, saling tikam, dan saling memangsa satu sama lain. Tanpa perasaan ia juga akan kehilangan fitrahnya sebagai manusia, tidak ada lagi canda, tawa, sedih, senang, keberanian, dan kasih sayang yang akan melahirkan dinamika warna hidup, manusia tanpa perasaan akan seperti robot yang terus berjalan dan bergerak secara settingan belaka. Sebelum membahas langkah-langkah untuk menjaga perasan orang lain yang hadir dalam kehidupan kita, sebaiknya anda mengenal dulu deh apa itu perasaan.

Pengertian Perasaan

Perasaan berakar dari kata ‘rasa’ atau bisa diartikan ‘sensasi’ yang muncul dalam diri manusia, yang kemudian akan memicu tindakan seperti marah, benci, takut, cemas, was-was, sayang, cinta, dan ekspresi-ekspresi lainnya.Perasaan itu mengakar dalam diri, dengan demikian, bisa dikatakan juga bahwa perasaan merupakan ‘manifestasi’ dari emosi, karena perasaan dan emosi adalah padanan kata yang sangat erat makna antara keduanya. Emosi bisa membuat orang bergerak menjauh ataupun mendekat, sedang perasaan bisa membuat orang tergerak untuk melakukan suatu tindakan sehingga harus memiliki cara meredam emosi.

Oleh sebab itu, kehadiran perasaan terkait langsung dengan jiwa dan fisik manusia, tak heran jika sedang merasakan senang luar biasa, anda akan merasakan kepuasan secara psikis, yang kemudian menimbulkan gejala seperti jantung yang berdebar kencang, mata berbinar-binar, keringat bercucuran, rileks, nyaman, dan lain sebagainya. itulah mengapa perasaan dalam ruang sosial sangat penting.Nah, begitulah sedikit penjelasn tentang pengertian perasaan, selanjutnya kalian juga harus tau ada beberapa faktor yang mempengaruhi perasaan. Seperti air laut akan terus berombak, kadang pelan, tenang, tetapi kadang kala juga mengganas, begitu juga sifat perasaan, karena sifat dari perasaan itu sendiri tidak stabil, terus berubah-ubah sesuai dengan kondisi yang mempengaruhinya, ada dua macam faktor yang dapat mempengaruhi perasaan.

1. Faktor Internal – Ini merupakan faktor yang timbul dari dalam diri anda sendiri, yang bisa turut andil mempengaruhi perasaan anda, faktor internal itu bisa berupa stress, konflik batin, was-was, ketakutan sendiri dan phobia. Emosi yang timbul dari dalam diri anda sendiri jika tidak teratasi dengan baik ini akan sangat menggangu perasan emosional anda dan lebih jauh itu akan sangat mengganggu kehidupan sosial anda.

2. Faktor Eksternal – Faktor ini berasal dari luar, bisa dari lingkungan, teman, sahabat atau pun siapapun diluar diri anda, bisa berupa perkataan ataupun tindakan yang kurang menyenangkan, walau kadang kelihatannya sepele, tetapi sedikit banyak ini akan sangat mempengaruhi psikis anda, dan pada akhirnya ini akan menciptakan bad mood pada diri anda, tersinggug, mudah marah. Ini sifatnya subjektif tergantung diri anda menyikapinya, maka kedewasaan emosi ini sangat penting untuk melawan faktor eksternal yang bisa mempengaruhi perasaan anda.

Dua faktor inilah penyumbang mood perasan anda, bersikap dewasa mungkin solusi bijak untuk menciptakan kematangan emosi, sehingga apapun yang terjadi perasaan dan mood anda tetap satbil, sehingga tidak merugiakan kehidupan sosial anda. Untuk menjaga kehidupan sosial supaya nyaman, disamping menjaga perasan diri sendiri, menjaga perasaan orang lain juga sangat penting, karena hidup anda tidak akan pernah lepas dari yang namanya interaksi sosial, membutuhkan sesamanya. Nah, dalam berinteraksi sebaiknya anda tidak merusak perasaan orang lain, karena bisa jadi justru sebenarnya itu akan merugikan diri anda sendiri. Disini akan dijelaskan bebarapa tips menjaga perasaan orang lain, supaya anda tetap menjadi pribadi yang menyenangkan untuk orang-orang dikehidupan anda.

Berikut adalah cara menjaga perasaan orang lain :

1. Mengesampingkan Ego

Dalam bergaul bersama teman baik di rumah, kampus, sekolah, ataupun tempat kerja sebaiknya jadilah pribadi yang menyenangkan, dengan mengesampingkan ego pribadi anda untuk kepentingan kelompok sosial. Coba anda tengok disekitar kehidupan anda pasti ada teman anda yang pengin selalu dituruti kemaunya, sebagai contoh kecil, misal kalau mau hengout makan, maka harus makan di warung A, B, C sampai Z, sesuai keinginan pribadinya tanpa mempertimbangkan pendapat orang lain, kadang anda sampai jengkel dibuatnya, itulah ego, teman yang memiliki karakter seperti ini biasanya kurang mendapatkan respek dari teman-teman yang lain. Jika anda termasuk kategori ini, mulai sekarang secara perlahan mulailah merubah keegoisan anda untuk mendapatkan kehidupan dan respek yang menyenangkan dari lingkungan sekitar anda.


2. Jangan Merasa Paling Benar

Setiap hari berinteraksi dengan teman, sahabat atau pun si pujaan hati, pastilah ada gesekan-gesekan emosi yang kadang kala berujung pada retaknya kehidupan sosial anda, misal diem-dieman, dan ngga mau ngomong. Akhirnya kehidupan sosial yang dulu berjalan asyik, seru dan menyenangkan harus terciderai dengan tingkah anda yang kekanak-kanakan itu.

Nah, untuk itu, sangat dianjurkan anda kembali mengurai masalah dengan tidak menganggap diri anda yang paling benar, ketika anda menyadari itu, maka anda akan menemukan di bebarapa bagian yang sebenarnya anda membutuhkan si dia, baik teman, sahabat maupun si pujaan hati tadi. Dan untuk mencairkan suasana yang sempat membeku, anda kembali mengawali dengan membuka komunikasi yang baik, dengan begitu maka kehidupan sosial anda kembali akan berjalan menyenangkan..

3. Jadilah Pendengar Yang Baik Dan Sedikit Bicara

Sesekali dalam kehidupan sosial anda, memposisikan diri sebagai pendengar itu perlu, dengan menjadi pendengar, anda akan lebih banyak menyerap dan memahami karakter dari semua teman-teman anda

4. Open Mind

Cobalah membuka pikiran, dengan tidak menelan mentah-mentah ucapan orang yang suka menggunjing, karena itu akan sangat merusak perasaan dan mood anda terhadap teman anda, jangan melihat sesuatu dari sudut pandang sempit tapi cobalah membuka pikiran selebar-lebarnya, itu akan membuat anda banyak pilihan untuk mengolah kebenaran.

5. Tidak Suka Mencela

Untuk menjaga perasaan orang lain, salah satunya dengan tidak suka mencela, karena jika anda suka mencela kekurangan orang lain sejatinya mencela diri sendiri, efeknya anda akan dijauhi sama teman-teman anda dan dikucilkan dari kehidupan sosial anda.

6. Meninggalkan Panggilan Buruk

Sebaiknya gunakan lah panggilan yang baik untuk semua orang yang hadir dalam kehidupan anda, karena belum tentu panggilan yang itu tidak anda sadari, yang dilontarkan kepada teman anda menimbulkan dendam dihatinya.

7. Berbaik Sangka

Berbaik sangka merupakan cara jitu untuk tetap menjaga mood pertemanan, sebaliknya berburuk sangka adalah awal dari kehancuran sebuah pertemanan, karena hal yang paling mungkin terjadi antar sesama kalian akan saling mencurigai. Dan itu sangat mengganggu perasaan.

8. Tidak Mencari Kesalahan

Ada ungkapan ‘gajah dipelupuk mata tak tampak, namun kuman diseberang lautan tampak jelas’ ini satu sindiran pedas untuk orang yang suka mencari kesalahan orang lain, jadi lebih baik intropeksi diri sebelum mencari kesalahan orang lain, toh ngga ada gunanya juga mencari kesalahan orang lain, hanya membuang energi dengan sia-sia.

9. Selektif Memilih Teman

Lingkungan sangat berpengaruh pada pembentukan karakter dan kepribadian diri anda, berteman dengan semua orang boleh, tetapi sebaiknya dekatkan diri anda pada teman yang mampu mengolah skill anda, yang membuat anda tergerak untuk melakukan hal-hal yang sifatnya positif. Disinilah pentingnya selektif dalam memilih teman.

10. Cintai Semua Sepenuh Hati

Semua manusia pasti pernah melakukan kesalahan, karena tidak ada manusia yang sempurna, tetapi kesalahan itu, baik dilakukan diri anda ataupun teman, sahabat, ataupun patner anda sebaiknya menjadi pelajaran pada diri anda untuk muhasabah diri (memperbaiki diri), jangan sampai kesalahan itu menjadi alasan diri anda untuk terus membenci yang pada ujungnya bisa berantakan pertemanan ataupun pekerjaaan anda.


Ini akan sangat merugikan diri anda sendiri. Sudah waktunya saat ini, hilangkan sifat kekanak-kanakan, dengan mencintai semua yang hadir dalam hidup anda dengan sepenuh hati. 

11. Jangan Terlalu Serius

Isi setiap kegiatan anda dengan humor positif, itu akan membuat hidup anda sedikit leih rleks dan beban sedikit lebih ringan ketimbang terus-terusan serius dalam setiap urusan. Humor positif juga bisa membantu anda untuk tidak mudah cepat tersinggung dan marah, bawa diri anda pada sesuatu yang santai, sedikit humor tetapi tidak lantas kemudian menjadikan teman sebagai bahan tertawaan, ingat!, humor positf beda dengan menertawakan oran lain.

12. Kuatkan Spiritual

Selalu tanamkan keyakinan bahwa berbuat baik, akan selalu mendatangkan aura positif, mulai sekarang olah spiritual dengan hal-hal yang baik. Kekuatan spiritual dari keyakinan maupun dengan melakukan meditasi sendiri maupun yoga, bisa meningkatkan aura positif. Ketika pikiran anda positif maka hidup anda akan menjadi terarah dan berorientasi pada kebaikan.

Itulah beberapa langkah untuk menjaga perasaan orang lain, intinya jadilah pribadi yang menyenangkan, sehingga anda akan mudah diterima oleh kelompok sosial dan mendapatkan respek yang baik dari orang-orang disekitar kehidupan anda. Semoga bermanfaat!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 09th, January 2016 / 05:46 Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan