7 Akibat Durhaka kepada Orang Tua di Dunia, Sudahkah Kita Menyadarinya?

Seorang anak wajib menghormati orang tua. Banyak
cara menghormati orang tua yang bisa kita lakukan. Tidak hanya hormat kepada orang tua kandung sendiri, namun juga kepada orang tua yang sebaya atau seumuran dengan orang tua kita. Mereka adalah orang-orang yang harus kita perlakukan dengan baik dan santun. Kenapa demikian?

Orang tua adalah orang yang dimuliakan oleh Allah SWT, terutama seorang ibu. Bahkan surga berada ditelapak kaki ibu, yang artinya jika kita santun kepada beliau, maka pintu surga pun akan terbuka lebar untuk kita di akhirat nanti. Selain itu, ridho Allah SWT juga bergantung pada ridho orang tua. Mau selamat dunia dan akhirat? Hormati, santuni dan sayangilah orang tua kita!

Kita sebagai anak yang tentunya dibesarkan oleh orang tua, jika tidak berlaku baik pada mereka, maka ada akibat durhaka kepada orang tua di dunia ini yang bisa kita rasakan. Bahkan tanpa disadari akibat dari durhaka kepada orang tua telah merasuki kehidupan kita di dunia ini. Apa saja itu?

1. Menghambat Jalannya Rezeki

Akibat durhaka kepada orang tua di dunia yang bisa kita rasakan adalah seretnya rezeki kita. Bagi yang telah bekerja, jika mengalami kesulitan dalam urusan rezeki, cobalah ingat kembali. Sudahkah menyantuni dan membantu orang tua kita yang mungkin sedang dalam kesulitan? Sudahkah menjenguk beliau jika tidak tinggal serumah?

Apakah sering membuat orang tua sedih dan menangis? Meski terlihat sepele dan sederhana namun jika semua itu membuat orang tua bersedih hati, maka semua itu termasuk perbuatan durhaka kepada orang tua. Cara membahagiakan orang tua sebenarnya tidaklah sulit, berada disisinya, memperhatikannya dan merawatnya dihari tua sudah cukup untuk membuatnya bahagia.

2. Amal Ibadah Menjadi Sia-sia

Meski kita sudah rajin beribadah, berbuat baik dan melakukan banyak amalan di dunia demi meraih banyak pahala, maka semua itu akan menjadi sia-sia jika kita termasuk golongan anak yang durhaka kepada orang tua. Semua amalan yang di dapat itu akan hangus tak bernilai. Banyak cerita anak yang durhaka kepada ibunya dan juga bapaknya yang bisa kita temui.

3. Allah SWT Tidak Akan Mengampuni Dosa Anak Durhaka

Membuat hati orang tua sedih dan pedih akan mengundang murka Allah SWT. Dosa durhaka kepada orang tua sangat besar dan Allah pun tidak akan mengampuni dosa-dosa anak yang durhaka.

Terkecuali seorang anak durhaka terhadap orang tuanya mau bertaubat dan memohon maaf kepada orang tuanya, serta berjanji dan berniat tidak akan menjadi durhaka lagi, maka Allah SWT pun senantiasa mengampuninya.

4. Kehidupan Menjadi Gelap

Anak yang durhaka kepada orangtuanya, kehidupannya tidak akan berjalan dengan baik. Ia akan banyak menemui kesulitan dan rintangan dalam kehidupannya. Sekeras apapun ia berusaha akan tetap menemukan kesulitan karena dosa-dosanya yang begitu besar akibat sering menyakiti orang tua membuat kehidupannya menjadi kelam.

5. Doa Tidak Dijabah oleh Allah SWT

Akibat durhaka kepada orang tua di dunia selanjutnya adalah doa-doa yang dipanjatkan tidak akan diijabah oleh Allah SWT sebelum ia meminta maaf kepada orang tuanya. Sebelum orang tuanya meridhoi dan memaafkannya. Jadi, jangan lagi membuat orang tua bersedih karena Allah pun akan berbalik marah.

6. Hidupnya Tidak Akan Berkah

Satu lagi akibat durhaka kepada orang tua di dunia adalah hidup menjadi tidak berkah. Selalu ada-ada saja hal buruk yang menimpa kehidupannya. Seperti selalu mendapat kesialan, kegagalan, kesulitan dan segala urusannya jadi tersendat. Semua hal buruk ini termasuk pada azab durhaka kepada orang tua di dunia.

7. Juga Didurhakai oleh Anaknya Nanti

Jika kita berlaku durhaka kepada orang tua, maka akibat durhaka kepada orang tua di dunia ini juga akan berbalas dan kita rasakan kelak. Nanti disaat kita memiliki anak, maka anak-anak tersebut juga akan memperlakukan kita seperti kita memperlakukan orang tua sendiri.

Jika kita sering menghardik orang tua, maka nanti di saat tua pun akan ada anak yang menghardik kita. Jika kita mengabaikan orang tua, maka nanti anak pun akan mengabaikan kita dan enggan untuk mengurus kita. Ketahui pula kewajiban anak perempuan terhadap orang tua setelah menikah agar tidak menjadi anak yang durhaka.

Itulah 7 akibat durhaka kepada orang tua di dunia yang harus segera kita sadari dan segeralah memohon maaf kepada orang tua. Mintalah ridho mereka, sayangi mereka dan jaga hati tua mereka dengan baik. Semoga kita masuk dalam golongan anak-anak yang sholeh agar ridho Allah pun juga menyertai dan kita pun mendapat keutamaan berbakti kepada orang tua . Aamiin.



, ,
Oleh :
Kategori : Orang Tua