7 Hak Orang Tua Terhadap Anak Perempuannya yang Sudah Menikah

Setelah dewasa pada akhirnya semua orang baik laki-laki dan perempuan akan menikah. Menikah menjadi proses penyatuan dua insan secara resmi dan siap masuk dalam kehidupan rumah tangga. Menikah artinya seseorang akan hidup dengan pasangan membentuk keluarga baru dan lepaslah tanggung jawab orang tua dalam membesarkan anaknya. Dan yang terjadi adalah sebaliknya. Orang tua akan menjadi tanggung jawab anak hingga mereka tua. Orang tua juga punya hak dari anak-anak mereka yang telah dewasa dan menikah dan wajib dipenuhi anak.

Namun yang cukup banyak terjadi adalah anak-anak jadi lepas sepenuhnya dari orang tua sehingga tak jarang para orang tua jadi terlantar karena tidak lagi tinggal bersama anak-anak mereka, bahkan ada yang terpisah jauh karena tuntutan pekerjaan dan suami. Baik anak laki-laki dan anak perempuan yang telah menikah, masing-masingnya harus memenuhi tanggung jawa orang tua. Apa saja sih hak orang tua terhadap anak perempuannya yang sudah menikah? Yuk simak agar kita nggak jadi anak durhaka karena lupa memberikan hak orang tua!

1. Mendapat Kasih Sayang dari Anak

Kasih sayang penuh orang tua kita dapatkan sedari kecil hingga dewasa dan menikah, bahkan selama beliau masih ada di dunia ini. Orang tua kita berhak lho mendapatkan kasih sayang dari kita setelah kita dewasa dan menikah seperti mereka menyayangi kita dulu. Kasih sayang anak dan orang tua tidak seharusnya terputus karena pernikahan. Justru pernikahan malah menyatukan banyak orang dari dua keluarga. Jadi jangan lupa menyayangi orang tua kita meski saat ini kita telah menikah, ya!

2. Mendapatkan Perlakukan yang Baik dan Tetap Dihormati

Terkadang setelah menikah dan bersuami, ada anak yang jadi kehilangan rasa hormatnya pada orang tua sendiri lantaran cintanya lebih besar pada suami. Terkadang malah memperlakukan orang tua dengan buruk karena takut pada suami. Bukanlah tindakan semacam ini membuat kita masuk dalam kategori anak durharka terhadap orang tuanya? Tetap dihormati dan diperlakukan dengan baik merupakan hak orang tua terhadap anak perempuannya yang sudah menikah lho!

3. Dirawat dan Diperhatikan

Dari kecil siapa yang merawat dan memperhatikan kita? Tentu orang tua! Setelah dewasa dan menikah keadaan akan berubah dab terbalik. Kitalah yang harus memberikan perhatian dan merawat orang tua dengan baik setelah sekian lama mereka lelah berjuang untuk membesarkan kita. Dua hal ini juga merupakan hak orang tua terhadap anak perempuannya yang sudah menikah dan wajib kita penuhi sebagai anak yang baik dan berbakti. Ada banyak lho manfaat dan keutamaan berbakti kepada orang tua yang bisa kita dapatkan.

4. Dibantu dan Diringankan Bebannya

Hak orang tua terhadap anak perempuannya yang sudah menikah adalah mendapatkan bantuan dari anak-anaknya untuk meringankan beban yang sedang mereka pikul. Baik itu secara materi atau pun bantuan dalam bentuk lainnya. Membantu mereka adalah kewajiban anak kepada orang tuanya, lho! Ini merupakan salah satu cara membahagiakan orang tua yang bisa kita lakukan.

5. Hidup Bahagia dalam Kehangatan

Orang tua juga berhak untuk bahagia dan merasakan kehangatan bersama anak-anaknya meski telah menikah. Jika orang tua tinggal seorang diri, ajaklah untuk tinggal bersama agar orang tua tidak kesepian dan sendiri. Namun jika orang tua masih lengkap dan tidak ingin hidup bersama, sering-seringlah berkunjung agar mereka tetap merasa diperhatikan dan disayangi.

6. Dinafkahi oleh Anak

Apalah daya orang tua yang telah lelah dan beranjak tua? Bekerja tidak lagi sekuat masih muda saat kita masih kecil dulu. Nasib baik jika orang tua kita adalah seorang pensiunan, namun bagaimana jika orang tua kita tidak memiliki tunjangan apapun di hari tuanya? Karena itu hak orang tua terhadap anak perempuannya yang sudah menikah juga mencangkup dalam mendapatkan nafkah dari anak. Tidak perlu banyak, namun sesuaikanlah dengan perekonomian kita. Sedikit banyaknya akan sangat berharga bagi orang tua dan bisa membuat mereka bahagia.

7. Anak Tetap Memperlakukan dengan Sabar

Orang tua yang telah lanjut usia seringkali sifatnya kembali kekanak-kanakan. Di sinilah kesabaran seorang anak dalam menghadapi orang tua akan teruji. Namun orang tua berhak untuk mendapatkan perlakuan yang sabar sebagaimana beliau sabar menghadapi tingkah kita sewaktu kecil. Sebagai anak kita harus tetap sabar walau seperti apapun tingkah orang tua kita dan meskipun beliau termasuk dalam ciri-ciri orang tua yang egois.

Demikianlah 7 hak orang tua terhadap anak perempuannya yang sudah menikah yang harus kita tahu jika ingin menjadi anak yang berbakti. Jika terjadi pertengkaran dengan orang tua, simaklah lebih banyak tentang cara mengatasi masalah dengan orang tua agar hubungan kembali baik.

, ,
Oleh :
Kategori : Orang Tua