15 Cara Mengatasi Masalah dengan Orang Tua Agar Rukun Kembali

Sebagai seorang anak kita diwajibkan untuk berbuat baik dan menjadi anak yang berbakti  kepada kedua orang tua. Banyak keutamaan berbakti kepada orang tua yang bisa kita dapatkan, salah satunya adalah tiket menuju surga. Namun seiring berjalannya waktu dan usia pun telah beranjak dewasa, kita sebagai anak juga sudah memiliki pemikiran sendiri dan juga mempunyai jalan hidup serta keinginan sendiri untuk dalam menjalani kehidupan dan menggapai masa depan.

ads

Dan kewajiban anak kepada orang tua adalah menghormati, merawat dan membahagiakan orang tua, namun ketika kita sudah beranjak dewasa, mungkin sering terjadi perselisihan antara kita dan orang tua. Entah itu dalam masalah tingkah laku kita, pekerjaan, pergaulan atau suatu hal yang diinginkan orang tua dari diri kita. Dan sebagai seorang anak kita pasti juga sering kebingungan dan merasa serba salah dalam menghadapi masalah dengan orang tua kita, karena kita pasti tidak mau masuk dalam daftar anak durhaka terhadap orang tuanya dan suka melawan orang tua apalagi harus bertengkar dengan mereka yang telah membesarkan kita. Hal itu pasti akan membuat mereka merasa marah dan sedih, nah berikut cara mengatasi masalah dengan orang tua agar bisa segera terselesaikan.

  1. Ajak orang tua untuk bicara secara baik-baik.

Jika terjadi perselisihan dengan orang tua, kita bisa mengajak mereka untuk berbicara secara baik-baik agar masalah bisa diselesaikan dengan baik tanpa harus ada pertengkaran dan perselisihan. Mengingat pada kondisi orang tua kita yang mungkin saja tidak kuat secara mental dan fisik.

  1. Berikan pemahaman dan penjelasan kepada orang tua kita agar mereka bisa mengerti.

Mungkin saja orang tua kita kurang paham dengan kondisi yang sedang terjadi, maka berikanlah penjelasan dan pemahaman pada orang tua kita hingga mereka bisa mengerti dengan keadaan yang sebenarnya terjadi.

  1. Pahami juga apa yang menjadi keinginan orang tua kita.

Sebagai anak kita harus memahami juga keinginan dan kehendak orang tua, mungkin saja mereka bertindak keras pada kita karena menginginkan hal yang terbaik untuk anaknya. Dan mungkin ini salah satu cara menjadi orang tua yang baik menurut mereka.

  1. Berusaha untuk menghindari perselisihan dengan orang tua agar tidak berujung pada pertengkaran.

Jika sudah mulai ada perbedaan pendapat dan mulai untuk saling beradu argumen mengenai pendapat masing-masing, lebih baik kita menghindar saja dari pada terus melanjutkan perselisihan ini yang nantinya akan menimbulkan pertengkaran dengan orang tua.

  1. Sabar dalam menghadapi sikap orang tua.

Kita harus tetap sabar dalam menghadapi sikap orang tua kita yang mungkin sering menceramahi kita sehingga kita terlihat seperti anak kecil saja. Anggap saja orang tua kita bersikap demikian karena mereka terlalu sayang pada kita.

  1. Lebih baik mengalah dari pada terus beradu argumen dengan orang tua.

Sebagai anak kita tidak patut untuk melawan, membantah apalagi membentak orang tua. Sebaiknya kita memilih untuk mengalah saja dan tidak melakukan perlawanan terhadap sikap orang tua kepada kita.

  1. Tetap berpikir positif terhadap sikap orang tua kepada kita.

Jangan pernah berpikiran negatif terhadap orang tua kita, tapi berpikirlah positif terhadap apa yang dilakukan orang tua kita, mungkin mereka bersikap demikian karena tidak ingin melihat kita kesusahan atau salah langkah.

  1. Jangan melawan jika orang tua bersikap keras pada kita.

Apapun yang dikatakan orang tua dan segala masukan yang mereka berikan, meskipun kita menganggap orang tua kita bawel dan cerewet jangan melawan mereka. Harusnya kita bersyukur karena mereka masih peduli dan sayang pada kita hingga kita dewasa seperti sekarang ini.

  1. Jangan luapkan kekesalan dan emosi di depan orang tua.

Jangan perlihatkan emosi, rasa marah dan kekesalan di depan orang tua, apalagi semua itu ditujukan kepada mereka atas sikap mereka. Itu akan membuat mereka merasa sedih dan merasa bersalah karena telah membuat anaknya marah. Dan hal ini akan menjadi beban bagi mereka yang bisa berdampak juga pada kesehatan mereka.

  1. Bagaimana pun tingkah orang tua kita, maklumi saja.

Anggap semua sikap dan perlakuan yang diberikan orang tua pada kita itu sebagai tanda kasih sayang mereka pada kita. Mungkin mereka terlalu khawatir dan tidak mau sesuatu yang buruk terjadi pada kita sehingga mereka terus mengingatkan kita.

  1. Jangan pernah menyimpan rasa dendam terhadap orang tua.

Menyimpan rasa dendam kepada siapa saja merupakan sikap yang tidak baik, hati kita akan menjadi sempit dan selalu memandang buruk orang lain. Apalagi dendam kepada orang tua, itu sangat tidak pantas kita lakukan sebagai anak.

  1. Berpikir jugalah dari sudut pandang orang tua.

Mungkin kita tidak habis pikir dengan sikap orang tua yang menurut kita sangat berlebihan. Untuk memahaminya, cobalah berpikir dari sudut pandang mereka, bayangkan kita yang berada diposisi mereka maka kita akan bisa merasakan apa yang dirasakan orang tua kita.

  1. Ajak orang tua untuk mendiskusikan dan menemukan jalan keluar bersama.

Ajaklah orang tua kita untuk mendiskusikan permasalahan yang terjadi dan temukan solusi yang tepat dan baik untuk kita sekaligus bisa membahagiakan orang tua. Melibatkan mereka dalam menyelesaikan persoalan merupakan salah satu cara menghormati orang tua kita.

Demikianlah penjelasan cara mengatasi masalah antara kita dengan orang tua, semoga poin-poin diatas bisa membantu dalam menyelesaikan masalah kita. Salah satu cara membahagiakan orang tua adalah kita harus tahu adab terhadap orang tua agar mereka merasa senang dan merasa disayangi.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan