9 Perbedaan Cinta dan Sayang Untuk Seseorang

Jika diperhatikan sekilas, cinta dan sayang memiliki artian yang sama. Padahal, meskipun mirip, mereka memiliki konotasi arti yang berbeda. Masing masing kata tersebut sebenarnya memiliki tempat pengucapan sendiri-sendiri. Kesan yang kamu berikan juga akan berbeda.

Mengetahui perbedaan arti cinta dan sayang penting untuk kita ketahui. Karena dengan mengetahui perbedaannya, kita jadi bisa menggunakan kata tersebut di waktu dan kepada orang yang tepat. Selain itu, mengenali perbedaannya, membuat kamu paham, bahwa selama ini kamu menyayangi atau mencintai seseorang.

Langsung saja yuk simak perbedaan cinta dan sayang!

1.Cinta memiliki makna yang lebih spesial sedangkan sayang makna yang tulus

Hal pertama yang paling membedakan adalah kita menggunakan cinta untuk perasaan yang benar benar spesial. Kita menggunakan perasaan itu khususnya untuk seseorang  yang kita cintai. Biasanya ketika mencintai seseorang, kamu akan menampakkan tanda jatuh cinta yang begitu jelas. Sedangkan berbeda dengan rasa sayang. Perasaan sayang ditunjukkan dengan makna yang tulus dan khususnya untuk setiap orang yang cukup berarti dalam hidup kita. Jadi, pada intinya, ada perbedaan sikap ketika kita mencintai dengan menyayangi seseorang.

2.Cinta umumnya ditunjukkan untuk lawan jenis dan ciri tertentu.

Cinta khususnya ditunjukkan untuk seseorang yang ingin kita jadikan pasangan dan teman hidup. Jadi, mereka umumnya lawan jenis. Sedangkan rasa sayang bisa kita tunjukkan kepada siapa saja tanpa memandang jenis kelamin. Tidak soal lelaki, perempuan, anak anak, atau para lansia, kita bisa menunjukkan rasa sayang kita.

3. Cinta itu panas dan menggebu-gebu, sedangkan rasa sayang itu hangat

Perasaan cinta dan sayang dapat kita lihat dari suasana hati kita. Saat menyayangi seseorang, kita cenderung merasa hangat, disayang, diperhatikan dan merasa aman. Kita membutuhkan banyak kasih sayang di dunia ini. Sedangkan bertolak belakang dengan cinta. Saat mencintai seseorang, kita cenderung memiliki perasaan yang menggebu gebu. Selain itu, semangat hidupmu tiba tiba sangat tinggi bersamanya. Kita merasakan suatu debaran unik saat mencintai seseorang.

4. Cinta sudah pasti sayang, sayang belum tentu cinta

Cinta bisa didefinisikan sebagai rasa sayang yang benar benar dalam. Ketika mencintai seseorang, kita sudah pasti menyayanginya. Dia seakan akan sudah menjadi bagian dalam hidupmu. Berbeda dengan rasa sayang, kita tidak perlu cinta untuk menyayangi seseorang. Yang kita perlukan untuk menyayangi seseorang tentunya kasih sayang dan ikatan yang khusus.

5.Cinta itu buta tapi tidak dengan sayang

Kita semua pasti setuju bahwa cinta itu buta. Saat mencintai, kita cenderung tidak bisa membedakan mana yang benar dan buruk. Cinta membutakan pikiran kita. Berbeda dengan rasa sayang, saat menyayagi seseorang, kita masih terikat logika, dan bisa memilih pilihan yang bijaksana. Jadi, rasa sayang khususnya membantu hidup kita lebih baik sedangkan cinta bisa jadi membuat hidupmu lebih baik atau menjerumuskanmu kedalam masalah.

6. Cinta eksklusif, sedangkan rasa sayang bisa kepada banyak orang

Yang paling mencolok adalah bahwa cinta itu ekskusif sedangkan rasa sayang bisa kita tunjukkan kepada banyak orang. Cinta merupakan perasaan sayang terdalam dan hanya bisa kita tunjukkan untuk ke satu orang yang benar benar kita cintai. Sedangkan perasaan sayang bisa kita tunjukkan kepada lebih dari satu orang. Seperti yang kita ketahui, kita menunjukkan rasa sayang kepada siapapun yang kita hormati, kagumi dan telah banyak berperan dalam hidup kita. Jadi, alasan sayang sama seseorang bisa jadi ada banyak, sedangkan kita mencintai seseorang umumnya tanpa alasan.

7.Cinta ke pacar, sayang ke sahabat atau keluarga

Cinta pada umumnya lebih di tunjukkan ke pacar atau calom teman hidup kita. Cinta itu eksklusif dan permanen. Cinta tidak pernah berakhir. Sedangkan rasa sayang kita tunjukkan ke orang orang tertentu yang kita sayangi. Misalnya kepada sahabat , teman akrab kita atau keluarga kita. Kita sering mengungkapkan rasa sayang kepada sahabat atau orang tua Itu semua karena perasaan sayang kita. Tapi, tentunya sama seperti rasa cinta, rasa sayang juga tentunya tidak bisa kita berikan kepada sembarang orang.

8.Cinta itu keinginan, sayang itu kebutuhan

Ada banyak orang yang tetap single sampai mereka meninggal dunia. Kenyataannya, mereka bisa tetap bahagia. Ini membuktikan bahwa cinta bukan merupakan suatu kebutuhan dalam hidup. Kamu tetap bisa bertahan hidup tanpa cinta. Jadi, cinta bersifat opsional. Berbeda dengan rasa sayang. Rasa sayang adalah kebutuhan setiap orang. Setiap orang harus tumbuh dengan rasa sayang. Tidak soal berapapun usia kita, kita membutuhkan rasa sayang. Rasa sayang menghindarkan kita dari penyakit, stress dan membuat hidup kita lebih bermakna.

9. Cinta mudah cemburu

Berbeda dengan rasa sayang, kita mudah merasa cemburu saat mencintai seseorang. Itu karena perasaan cinta itu eksklusif dan benar benar emosional. Tanda pria cemburu berat hanya terjadi jika pria tersebut mencintai bukannya menyayangi. Jadi, ketika seseorang tidak membalas cinta yang sama, kita jadi benar benar kecewa dan kesal. Kita juga cembuu saat orang lain mendekati orang yang kita cintai. Berbeda dengan rasa cinta, rasa sayang itu hangat dan tidak pernah cemburu.

Itu dia 9 perbedaan paling jelas antara rasa sayang dan rasa cinta. Sekarang kalian jadi lebih paham dan bisa membedakan mana cinta dan sayang. Pada intinya, cinta merupakan perasaan yang lebih intim dibandingkan rasa sayang.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Kehidupan