7 Ciri-Ciri Sahabat yang Tidak Baik. Bagaimana dengan Sahabatmu?

Sahabat harusnya jadi orang yang tulus menjalani hubungan pertemanan dengan kita. Sahabat seharusnya selalu ada dalam suka dan duka, susah dan senang, serta mengingatkan kita pada kebaikan. Hubungan persahabatan lebih baik dari pertemanan. Meski seharusnya demikian, tapi masih ada sahabat yang penuh dengan kepura-puraan. Mengaku sahabat, namun terasa jauh dari pada teman disaat kita dalam kesulitan. Sahabat yang hanya ada dalam suka dan takut ikut menjadi susah karena kita.

ads

Itu hanyalah sebagian dari ciri-ciri sahabat yang tidak baik. Dan masih banyak lagi ciri-ciri lainnya yang terkadang membuat kita merasa tertipu dengan kata ‘persahabatan’. Berikut masih ada ciri-ciri sahabat yang tidak baik yang mungkin juga hadir dalam kehidupan kamu tapi belum disadari.

1. Sahabat yang Hanya Memanfaatkan

Katanya sahabat, tapi kok rasanya dia hanya memanfaatkan kamu ya. Seperti hanya dirimu kamu yang banyak melakukan hal lebih untuknya? Seolah hanya dirinya yang selalu atau terlalu mengandalkanmu dengan dalih ‘kita kan sahabat’? Pernahkah kamu merasa sahabatmu bersikap demikian?

Seperti memintamu mengerjakan tugas sekolah atau kuliah karena kamu lebih pintar dan rajin? Mengandalkanmu dalam mencapai tujuannya? Mengandalkanmu dalam urusan keuangan, seperti selalu minta ditraktir atau dibeliin hingga keseringan meminjam uang darimu karna kamu anak keluarga berada? Sementara apa yang sahabatmu lakukan untukmu? Justru dirinya menghilang entah kemana saat kamu membutuhkannya.

2. Sahabat yang Tidak Tulus

Ciri-ciri sahabat yang tidak baik kedua adalah sahabat yang sebenarnya tidak tulus kepadamu. Katanya ia adalah sahabatmu, tapi sesungguhnya dalam hatinya ia merasa iri dan sirik denganmu saat kamu bahagia dan mendapatkan hal-hal yang baik. Menolongmu karena terpaksa atau membuatnya impas dengan meminta imbalan dengan cara yang halus atau pun terang-terangan.

3. Sahabat yang Munafik dan Bermuka Dua

Sahabat yang ketahuan berbohong dan terlihat munafik juga termasuk dalam ciri-ciri sahabat yang tidak baik. Seorang sahabat yang bersikap manis di depanmu tapi selalu menjelekkanmu di belakang. Sahabat yang seolah bisa diandalkan namun malah menggerutu saat kamu meminta bantuan. Sikapnya yang seolah membantu dan menjadi pahlawanmu tapi membuat kamu jadi seorang yang buruk di mata orang lain.

4. Sahabat yang Sengaja Menjerumuskanmu

Ciri-ciri sahabat yang tidak baik dan patut untuk kamu jauhi adalah sahabat yang menjeruskanmu pada hal-hal yang tidak baik. Mengajakmu melakukan hal-hal yang salah, melanggar norma dan aturan, dan hingga melakukan hal-hal terlarang. Sahabat yang mengajakmu pada kemaksiatan dan sahabat yang membuatmu tak lagi menghormati orang tua.

Mungkin kita yang menjauhi terkesan sebagai sahabat yang tidak baik. Tapi, jika itu sudah menjerumuskan dan mengajak kita melakukan hal-hal buruk dan mendekati dosa, menjauhinya adalah yang terbaik. Sahabat yang baik harusnya tidak ikut serta menjerumuskan kita bersama dengannya.

5. Sahabat yang Meninggalkanmu Saat Terjatuh

Seperti yang seharusnya, seorang sahabat seharusnya ada mendampingimu saat kamu terjatuh. Bukan malah ikut menjauh dengan alasan yang tidak bisa diterima. Tidak meraihmu saat kamu membutuhkan bantuan, setidaknya sebuah dukungan yang bisa membuat kamu bangkit secara psikis.


6. Sahabat yang Ikut Menyudutkanmu Saat Salah dan Khilaf

Siapa manusia yang tak lepas dari kesalahan? Tentu tidak ada! Semua manusia memiliki jatah kesalahan yang berbeda-beda. Tapi apa yang dilakukan sahabatmu saat kamu salah dan khilaf? Apakah tetap bersamamu di tengah hujatan yang kamu terima? Atau malah ikut dalam barisan orang-orang yang memandang rendah, menyalahkan dan menyudutkanmu. Jika sahabatmu ikut menyudutkanmu, maka ia masuk dalam ciri-ciri sahabat yang tidak baik.

Memang benar kesalahan tidak dapat dibenarkan. Tapi kesalahan tentu masih bisa dimaafkan dan dijadikan pelajaran. Setidaknya, sahabat yang baik akan tetap bersamamu memberikan dukungan dan kekuatan. Serta akan menuntunmu untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

7. Sahabat yang Tidak Setia

Terakhir, ciri-ciri sahabat yang tidak baik adalah sahabat yang tidak setia kawan. Meninggalkan kamu  saat ia bertemu dengan teman baru yang lebih menguntungkannya. Dan meninggalkan kamu begitu saja tanpa membawa kamu ikut bersamanya. Ia terlihat mengabaikanmu saat mendapati teman baru, namun kala ia sulit malah kamu yang dicari.

Itulah 7 ciri-ciri sahabat yang tidak baik dan sebaiknya kamu tidak habis-habisan untuknya. Namun jangan memutus hubungan silaturrahmi karena itu tidak baik. Tetaplah menjadi sahabat untuknya, namun jangan terpengaruh dan harus bisa jaga diri.

, ,
Oleh :
Kategori : Teman