11 Cara Bergaul agar Disenangi Orang Lain di Sekitar Kita

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, untuk mendapat banyak teman bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bisa dengan mengikuti komunitas tertentu, aktif di kegiatan sosial, melalui sosial media, atau bahkan menggunakan aplikasi pertemanan yang kini sedang tren. Apalagi, saat ini tampaknya ada sebuah ‘tuntutan’ bagi setiap orang untuk memiliki teman sebanyak mungkin demi dicap sebagai anak gaul.

ads

Terlepas dari segala tuntutan dan tren pertemanan yang ada, kamu perlu tahu bagaimana cara bergaul agar disenangi orang lain. Bukankah secanggih apapun tampilan dan gadget yang kamu gunakan, tetap kepribadianmulah yang akan membuat mereka senang? Yuk, simak Cara Bergaul agar Disenangi Orang Lain berikut ini:

  1. Murah senyum

Keep smile! Jangan pasang wajah cemberut, ragu-ragu apalagi menutup diri. Pancarkan kebahagiaan yang kamu rasakan melalui senyuman. Hal ini akan menulari orang-orang yang berinteraksi denganmu sehingga mereka pun akan merasa senang. Murah senyum bisa jadi cara membahagiakan diri sendiri sekaligus orang lain di sekitar kita. Bukankah senyum adalah ibadah? Maka, mari tersenyum!

  1. Percaya diri

Jadilah seseorang yang percaya diri. Kepercayaan dirimu akan menarik orang-orang di sekitarmu dan bisa meninggalkan kesan baik untukmu. Jika kamu merasa kepercayaan dirimu kurang, lakukanlah cara agar percaya diri dan cara meningkatkan keyakinan diri. Hal ini juga bisa membantumu melakukan cara menghilangkan rasa minder dalam bergaul sehingga kamu pun bisa menambah teman yang banyak.

  1. Sebut namanya

Siapa sih yang suka jika dipanggil dengan sebutan ‘hei’ atau ‘eh’ atau ‘mbak’ tanpa disebut namanya? Jika kamu berinteraksi dengan seseorang tanpa menyebut nama, kamu akan terkesan kurang menghargai dan kurang serius menjalin komunikasi. Maka, usahakan untuk selalu menyebut nama lawan bicaramu, alih-alih hanya dengan menyebut ‘mbak’ atau ‘mas’. Cara ini merupakan salah satu cara menghargai orang lain. Tidak hanya akan membuat lawan bicaramu merasa dihargai, cara ini akan membantumu mengasah ingatan akan nama-nama orang yang baru berkenalan denganmu.

  1. Jadi pendengar yang baik

Ada saatnya kamu harus diam dan mendengarkan orang lain. Pembicaraan seharusnya tidak hanya berisi tentang dirimu. Kamu harus mengetahui saat-saat kamu harus menjadi pendengar sebagai cara agar disenangi orang lain. Menjadi pendengar yang baik juga bisa menjadi cara agar disenangi teman sehingga kamu pun bisa memiliki banyak teman yang senang dengan keberadaanmu.

  1. Tunjukkan semangat

Tidak akan ada orang yang merasa nyaman berada di dekat seseorang yang lesu dan lemas. Mood yang buruk hanya akan mempengaruhi mood orang lain menjadi buruk juga. Maka, salah satu cara bergaul agar disenangi orang lain adalah dengan menunjukkan semangatmu kepada mereka. Semangat positif akan memberi energi positif kepada orang lain dan membuat keberadaanmu lebih bermanfaat untuk orang lain.

  1. Jangan egois

Lakukanlah cara menghilangkan sifat egois diri sendiri. Ketahuilah bahwa dalam sebuah pergaulan, rasa pengertian dan toleransi akan sangat dibutuhkan. Kamu harus memahami bahwa setiap orang memiliki pemikiran dan keinginan sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak memaksakan keinginanmu. Ada kalanya kamu mengikuti pendapat dan keinginan orang lain, serta meredam ego dirimu sendiri.


  1. Tidak pilih-pilih teman

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Kamu pun harus memahami hal ini dan tidak memilih-milih teman hanya karena dia memiliki sifat yang tidak kamu sukai. Justru, sebaiknya kamu harus berteman dengan semua orang. Jika ada sifat atau sikap yang tidak kamu sukai, kamu bisa menegur dan menasehatinya. Begitu pula sebaliknya, mintalah temanmu untuk mengingatkanmu jika berbuat salah.

Hal ini akan berguna untuk bersama-sama melakukan cara merubah diri menjadi lebih baik. Dengan saling mengingatkan antar teman, kalian bisa melakukan cara merubah kepribadian agar menjadi lebih baik. Tentu hal ini akan berdampak baik bagi hidupmu di masa depan. Tidak hanya itu, dengan saling mengingatkan dalam pergaulan, akan membuat persahabatan lebih bermakna positif bagi perkembangan diri kalian.

  1. Update informasi

Untuk menjadi seseorang yang disenangi dalam pergaulan, tentu kamu perlu menjadi seseorang yang ‘nyambung’ saat berbicara tentang topik apapun. Tidak ada orang yang suka berbicara dengan seseorang yang tidak tahu apapun dan malah banyak bertanya karena kurang memahami topik pembicaraan.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu harus selalu meng-update informasi dan berita. Jadilah seseorang yang berpengetahuan luas sehingga lebih menyenangkan saat mengobrol. Memiliki pengetahuan luas bisa menjadi salah satu cara mengatasi kurang percaya diri dalam bergaul. Cara ini juga akan berguna jika kamu dimintai nasehat saat temanmu ingin melakukan cara membuat keputusan yang tepat.


  1. Jangan mudah menghakimi

Jangan mudah menghakimi orang lain. Sebaiknya kamu selalu mencoba cara menjaga perasaan orang lain dan mencoba melihat dari perspektif orang tersebut. Jangan hanya melihat sebuah masalah dari kacamatamu sendiri. Dengan kamu bisa bersikap lebih empati dan penuh pengertian, kamu mungkin bisa membantu seseorang melakukan cara menghadapi masalah yang berat, bukan malah menperkeruhnya.

  1. Be yourself

Cara bergaul berikutnya adalah jadilah dirimu sendiri. Jangan berusaha menjadi orang lain. Bahkan, akan lebih baik jika kamu bisa mengeluarkan isi pikiran dan pendapatmu secara jujur kepada orang lain. Jika kamu merasa malu mengutarakan pikiranmu, lakukan cara menghilangkan rasa pemalu. Tentu, saat mengeluarkan pendapat kamu harus berhati-hati agar tidak mengucapkan ucapan yang menyakitkan hati orang lain. Kejujuranmu untuk menjadi diri sendiri pasti akan lebih dihargai oleh orang lain di sekitarmu dan memudahkanmu melakukan cara menghindari perilaku fitnah, seperti berghibah tentang keburukan orang lain.

  1. Berjiwa besar

Seseorang yang berjiwa besar akan bisa memaafkan orang lain, sekaligus meminta maaf jika menyadari bahwa dirinya lah yang salah. Maka, ada baiknya jika kamu menjadi seseorang yang berjiwa besar dan mudah memaafkan. Hal ini akan menjadi alasan bagus untuk orang lain merasa senang padamu. Jika kamu merasa kesal atau marah, lakukan cara mengatasi amarah diri sendiri. Tidak berhenti di situ, hadapilah rasa marahmu dengan cara menghilangkan rasa marah. Ketahuilah bahwa setiap orang bisa saja berbuat salah, jadi kamu harus bisa melakukan cara bersikap sabar di segala situasi, bahkan saat kamu merasa kesal.

Selamat mencoba!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Sunday 15th, January 2017 / 08:28 Oleh :
Kategori : Teman