7 Mitos Kejatuhan Kotoran Burung Menurut Primbon Jawa

“Ketika kamu kejatuhan kotoran burung, niscaya kamu akan mendapatkan keberuntungan.” Kira-kira seperti itulah pepatah orang tua zaman dulu katakan. Meski zaman sudah mengalami kemajuan, namun masih ada beberapa orang yang masih meyakini mitos-mitos semacam itu. Bahkan, ada juga orang yang percaya ciri-ciri orang sukses menurut tanggal lahir, mitos dalam berpacaranmitos angka 13, dan beberapa mitos-mitos lainnya.

ads

Hal- hal semacam itu kerap membuat orang-orang percaya bahwa mitos tersebut benar-benar membuatnya percaya dia akan mendapatkan keberuntungan ataupun kesialan. Namun, benarkah mitos tersebut? Bagaimana primbon jawa mengartikan mimpi tersebut? Berikut adalah 8 mitos kejatuhan kotoran burung berdasarkan Primbon Jawa.

     1. Kejatuhan Kotoran Burung pada Kepala

Jika kamu kejatuhan kotoran burung pada kepala, maka menurut primbon jawa ada sebuah pertanda kalau kamu akan mendapatkan kesialan. Kesialan di sini bisa menjadi rezekimu atau orang-orang yang kamu sayangi yang akan mendapatkannya. Oleh sebab itu, selalu berhati-hati jika kamu mengalaminya.

     2. Kejatuhan Kotoran Burung pada Pundak

Jika kamu kejatuhan kotoran burung pada pundak, maka menurut primbon jawa ada sebuah pertanda bahwa kamu akan rezeki dalam jumlah yang besar. Selain itu, pertanda lain dari mitos ini adalah salah satu keluargamu juga akan mendapatkan rezeki yang tidak terduga.

     3. Kejatuhan Kotoran Burung pada Dada atau Perut

Jika kamu kejatuhan kotoran burung pada dada atau perut, maka menurut primbon jawa ada pertanda orang terdekatmu akan mendapatkan sakit dalam waktu dekat. Orang terdekat ini bisa jadi keluargamu, sahabatmu, atau bisa juga kekasihmu.

     4. Kejatuhan Kotoran Burung pada Punggung

Jika kamu kejatuhan kotoran burung pada punggung, maka menurut primbon jawa ada pertanda kamu akan mendapatkan rezeki yang besar. Untuk kamu yang sedang berdagang, maka daganganmu akan laris dalam beberapa waktu dekat.

      5. Kejatuhan Kotoran Burung pada Tangan

Untuk bagian ini, primbon jawa membaginya menjadi dua, yakni tangan kanan dan tangan kiri.

  • Kejatuhan kotoran burung pada tangan kanan – Apabila kotoran jatuhnya di tangan kanan, maka kamu atau orang yang mengalaminya akan mendapatkan rezeki.
  • Kejatuhan kotoran burung pada tangan kiri – Apabila kotoran jatuhnya di tangan kiri, maka kamu atau orang yang mengalaminya akan mengeluarkan biaya untuk keperluan penting.

     6. Kejatuhan Kotoran Burung pada Kaki

Jika kamu kejatuhan kotoran burung  pada kaki, maka memiliki dua bagian yaitu pada kaki kanan dan kaki kiri.

  • Kejatuhan kotoran burung pada kaki kanan – Jika kamu kejatuhan kotoran burung pada kaki kanan memilki makna kamu akan melakukan perjalanan panjang. Perjalanan panjang tersebut berhubungan dengan rezekimu. Jika kamu tidak ikut di dalam perjalanan tersebut, maka kamu akan kehilangan rezeki. Sebaliknya, jika kamu ikut dalam perjalanan tersebut, maka rezeki akan kamu dapatkan.
  • Kejatuhan kotoran burung pada kaki kiri – Jika kamu kejatuhan kotoran burung pada kaki sebelah kiri memiliki makna salah satu saudaramu atau orang terdekatmu akan melakukan perjalanan jauh. Makna perjalanan kauh ini juga ada dua macam, yang pertama adalah dia akan pindah ke tempat yang lebih jauh dan yang kedua adalah dia dipanggil oleh Allah SWT.

     7. Kejatuhan Kotoran Burung pada Paha

Sama dengan poin kelima, kejatuhan kotoran burung pada paha dibagi menjadi dua bagian yaitu paha kanan dan paha kiri.

  • Kejatuhan kotoran burung pada paha kanan – Jika jatuh pada paha kanan, maka pertanda kamu atau orang yang dekat denganmu akan mendapatkan masalah dari teman-temannya. Masalah di sini disebabkan oleh perilaku kamu sendiri. Oleh sebab itu, kamu atau orang yag dekat denganmu menjadi dibenci.
  • Kejatuhan kotoran burung pada paha kiri – Jika jatuh pada paha kiri, maka pertanda kamu atau orang mengalaminya akan mendapatkan masalah dengan orang asing. Orang asing di sini bisa jadi dengan orang yang berbeda suku, Contohnya, kalau kamu berasal dari suku Sunda, maka bisa jadi kamu akan bermasalah dengan orang yang berasal dari suku Jawa.

Itulah 7 arti mitos kejatuhan kotoran burung berdasarkan primbon jawa. Kamu tentu boleh-boleh saja mengabaikan arti mitos tersebut karena hal tersebut dikembalikan lagi kepada kamu apakah mau mempercayainya atau tidak. Di dalam agama islam, mitos-mitos tersebut tidak memiliki pertanda apapun. Oleh sebab itu, saat kamu mendapatkan rezeki, bersyukurlah, jika kamu mendapatkan kesialan maka segeralah istigfar dan mintalah pertolongan kepada Allah SWT. Jika memungkinkan pelajarilah cara menghadapi masalah dengan tenangcara menjadi orang sabar dan rendah hati, dan cara bersikap sabar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya!

, , ,