9 Mitos Menemukan Tapal Kuda yang Memiliki Kekuatan Magis

Tapal kuda/ladam atau lebih dikenal dengan sepatu kuda ternyata juga memiliki mitosnya. Tapal kuda merupakan besi yang dipasang pada kaki kuda sehingga dinamakan sepatu kuda. Tujuannya agar kaki kuda terlindungi saat tenaganya dimanfaatkan oleh manusia. Kuda yang dipasangkan tapal ini umumnya adalah kuda tunggang atau kuda penarik delman.

Jika tak sengaja menemukan tapal kuda ditengah jalan, kamu yang tak tahu mitosnya mungkin akan mengabaikannya. Konon, tapal kuda ini memiliki banyak khasiat yang dipercaya oleh orang-orang terdahulu. Untuk mrnambah pengetahuanmu, simak yuk mitos menemukan tapal kuda ini.

1. Tapal Kuda untuk Penolak Bala

Mitos menemukan tapal kuda yang pertama adalah bisa dijadikan sebagai penolak bala. Menurut kepercayaan orang terdahulu, tapal kuda yang digantung pada bagian belakang pintu utama pada sebuah rumah diyakini berkhasiat sebagai penolak bala bagi si penghuni rumah.

2. Untuk Anti Maling

Tidak hanya berkhasiat sebagai penolak bala, namun mitos menemukan tapal kuda yang juga dipakukan atau digantung pada pintu bagian belakang rumah juga bisa dijadikan sebagai anti maling. Konon katanya rumah yang ada tapal kudanya tidak akan dimasuki maling.

3. Sebagai Penglaris

Tidak hanya itu, kabarnya mitos menemukan tapal kuda ini juga dijadikan untuk penglaris. Masyarakat lampau disuatu daerah percaya bahwa tapal kuda yang ditemukan dan diletakkan pada tempat menyimpan uang, maka dagangan atau usahanya akan laris manis. Selain itu, jika dipasang pada tempat usaha akan membuat rezekinya berlimpah ruah.

4. Pengusir Makhluk Halus

Konon kabarnya tapal kuda juga bisa jadi penghalau makhluk halus yang bersarang disuatu tempat. Caranya cukup dengan menggantungkan tapal kuda tersebut pada tempat yang di diami makhluk halus. Penghuni rumah akan bebas dari gangguan makhluk halus yang biasanya suka mengganggu. Tak jarang juga penyebab wanita dicintai jin diawali oleh gangguan jin.

5. Melancarkan Persalinan

Mengejutkan ya! Ternyata khasiat lain dari tapal kuda katanya juga bisa untuk melancarkan persalinan. Menurut orang terdahulu, khasiatnya akan di dapat dengan meminum air rendaman tapal kuda ini. Tentu saja hal ini tidak bisa dibenarkan maupun dijelaskan dalam dunia medis! Jadi sangat dilarang untuk ditiru. Begitu juga dengan mitos tentang ibu hamil dan mitos menjahit saat hamil.

6. Menangkal Santet

Tapal kuda yang dibuat oleh seorang pandai besi ini, mitosnya juga bisa untuk menangkal serangan ilmu hitam. Misalnya untuk jadi penangkal ilmu santet yang mana khasiatnya didapat dengan menggantungkankannya di dalam rumah.

7. Menghindari Terjadinya Kecelakaan

Ada pula yang mengatakan bahwa tapal kuda yang dipasang pada kendaraan atau minimal meletakkannya dalam kendaraan, bisa melindungi dari bahaya kecelakaan. Apabila ada mobil atau motor yang seringkali mengalami kecelakaan, maka jika dipasangi tapal kudangi, kendaraan tersebut tidak akan kecelakaan lagi. Tapal kuda akan melindungi kendaraan dari gangguan makhluk halus dijalanan yang konon penyebab terjadinya kecelakaan.

8. Menetralkan Benda Pusaka

Benda pusaka yang memiliki kekuatan magis, yang memiliki energi jahat maka bisa dinetralkan dengan tapal kuda ini. Energi yang ada pada benda pusaka tersebut tidak akan memberikan pengaruh buruk sehingga aman bagi orang yang memegangnya. Hal ini dikarenakan kekuatan magis dari tapal kuda mampu menekan kekuatan negatif itu.

9. Mempercepat Pertumbuhan Anak Bayi

Selain untuk persalinan ternyata air rendaman tapal kuda bersama dengan benda yang menjadi syarat lainnya bisa mempercepat pertumbuhan anak bayi. Yakni dengan memandikan anak bayi dengan air rendaman itu.

Untuk mendapatkan khasiatnya dengan syarat tapal kuda tersebut di temukan pada hari jumat. Lalu dijadikan bentuk gelang dengan tambahan benda-benda lainnya. Sehingga air rendamannya tersebut bisa menghasilkan kekuatan magis.

Itulah 9 mitos menemukan tapal kuda yang dipercaya orang-orang zaman dahulu. Apakah di zaman seperti sekarang ini masih ada yang mempercayai mitos ini? Hati-hati dengan dosa musyrik jika kamu meyakini ada kekuatan lain selain Allah Swt. Terlebih jika kamu bergantung nasib pada benda yang dibuat sendiri oleh manusia.

Artikel ini hanya untuk menambah pengetahuan tentang mitos-mitos terdahulu tentang tapal kuda ya. Bukan sebagai anjuran untuk ditirukan. Ada juga mitos lainnya yang menarik untuk disimak, seperti mitos burung gagak, mitos mencuci baju di malam hari, mitos makan bunga melati, mitos melihat kelabang, dan mitos burung hantu di depan rumah yang berkaitan dengan hal-hal mistis dan menyeramkan,

, ,
Oleh :
Kategori : Mitos dan Fakta