5 Mitos Melihat Kelabang dan Cara Mengusirnya dari Rumah

Kelabang atau juga dikenal dengan nama lipan ini adalah hewan melata yang kerap ditemukan di beberapa sudut rumah yang hawanya lembab. Sering tampak disekitar dapur dan kamar mandi yang jelas menjadi ruang yang paling lembab di dalam rumah. Hewan melata berbisa ini juga kerap menelusup ke dalam kain-kain yang lembab, sehingga harus berhati-hati jika meletakkan kain lap yang lembab di dalam rumah karena bisa jadi tempat persembunyian kelabang ini.

ads

Ada beberapa mitos yang berkaitan dengan dunia mistis tentang kelabang ini. Mitos yang beredar berkaitan dengan ilmu hitam yang tentunya tidak berartikan baik. Berikut adalah beberapa mitos melihat kelabang yang ada dalam masyarakat

1. Membawa Pertanda Buruk

Kelabang merupakan hewan melata yang menakutkan karena berbisa dan juga menggelikan karena bentuknya yang sering kali masuk rumah. Mitos melihat kelabang di dalam rumah diyakini menjadi pertanda kurang baik baik penghuni rumah.

2. Hewan Jelmaan Jin atau Siluman

Mitos melihat kelabang berikutnya adalah, hewan yang menyukai daerah lembab ini sering dikatakan sebagai hewan yang dianggap sebagai jelmaan jin. Yang mana diketahui adanya jelmaan dari hewan ini, yakni siluman kelabang. Itulah mengapa hewan berkaki banyak ini dianggap memiliki aura mistis.

3. Kerap Dijadikan Sebagai Syarat Santet

Mereka yang menganut ilmu hitam, kelabang dijadikan sebagai salah satu syarat santet pada zaman dahulu. Mungkin hal ini berkaitan dengan mitos nomor 2 dimana hewan ini memiliki aura mistis sesuai mitos yang beredar. Dimana hewan yang satu ini konon katanya kerap jadikan sebagai media kiriman untuk menyerang korban.

Adapun mitos lainnya yang berbau mistis yang menarik untuk disimak adalah mitos makan bunga melati, mitos gerhana bulan, dan penyebab wanita dicintai jin.

4. Pertanda Kesialan jika Melihatnya di Dalam Rumah

Kehadiran kelabang di dalam rumah erat dikaitkan dengan hal-hal buruk. Konon katanya jika melihat kelabang di dalam rumah bisa menjadi pertanda kesialan bagi keluarga tersebut. Dimana menurut mitos yang beredar, keluarga yang didatangi rumahnya oleh kelabang ini akan mendapat musibah.

5. Jelmaan dari Orang yang Telah Meninggal

Ada pula yang mengatakan bahwa kelabang juga kerap dikaitkan dengan sosok jelmaan orang yang telah meninggal dunia. Ada sebagian orang yang beranggapan bahwa jika ia bertemu kelabang setelah ada anggota keluarga yang meninggal, kemungkinan besar kelabang tersebut adalah sosok dari anggota keluarganya yang telah meninggal itu. Tentu saja dalam kajian islam hal ini tidak ada.

Itulah 5 mitos melihat kelabang yang keberadaannya juga berdampingan dengan kita, bahkan ada didalam rumah kita. Sementara, untuk cara mengusirnya dari rumah bisa dengan mempraktekkan beberapa cara berikut ini,

Usir Kelabang dengan Garam

Cara mengusir kelabang yang pertama bisa dengan menggunakan garam. Ini merupakan cara yang paling mudah karena cukup dengan menaburkan garam di area yang kemungkinan jadi sarang kelabang atau lalu lintas kelabang di dalam rumah. Tidak hanya kelabang, namun hewan melata lainnya pun juga enggan mendekat.


Usir Kelabang dengan Daun Pandan

Daun pandan yang beraroma wangi dan khas juga bisa digunakan untuk mengusir kelabang dari dalam rumah. Caranya cukup dengan memotong daun pandan menjadi ukuran kecil dan meletakkannya di sudut ruangan layaknya sebagai pengharum ruangan. Ganti daun pandan setiap 4 hari sekali.

Usir Kelabang dengan Kapur Anti Serangga

Bisa juga mengatasi kelabang masuk rumah dengan menggunakan kapur anti serangga yang digerus dan diletakkan di area yang biasa dilewati oleh kelabang. Umumnya di dekat pintu belakang, daerah dapur yang lembab dan dekat kamar mandi.

Usir Kelabang dengan Kapur Barus

Kapur barus kerap digunakan sebagai penghalau kecoa dan untuk mencegah tumbuhnya jamur dalam perabotan. Namun ternyata kapur barus ini juga bisa digunakan untuk menghalau kelabang. Sama dengan cara penggunaan kapur anti serangga yang cukup diletakkan pada sudut ruangan yang kemungkinan jadi sarang kelabang.

Itulah 4 cara mengusir kelabang dari dalam rumah yang mudah digunakan. Namun hati-hati jika dirumah ada anak kecil yang takutnya bahan kimia seperti kapur barus dan anti serangga dimakan anak-anak. Lebih aman menggunakan daun pandan atau garam saja jika ada anak kecil dirumah.

Simak juga mitos lainnya yang berhubungan dengan hewan di sekitar kita, yakni mitos melihat kucing melahirkan, mitos kejatuhan kotoran burung, mitos kejatuhan kotoran cicak, pertanda ular hitam masuk rumah, dan pertanda kupu-kupu hingga di tangan kiri.



, ,
Oleh :
Kategori : Mitos dan Fakta