7 Cara Memperbaiki Hubungan yang Sudah Hambar Setelah Menikah

Hambarnya sebuah hubungan pasti kan terjadi dan dirasakan sebagian besar pasangan yang telah lama menjalin hubungan. Pasangan yang telah menikah pun juga tak luput dari ancaman ini yang juga bisa jadi penyebab kandasnya suatu hubungan. Bisa berakibat buruk bagi pasangan yang telah menikah jika rasa cinta yang jadi pengikat hubungan ini mulai terasa hambar.

ads

Jika tidak segera diatasi, kemungkinan besar sesuatu hal buruk akan menghampiri dan mengacaukan kehidupan rumah tangga. Apa yang bisa dilakukan untuk cara memperbaiki hubungan yang sudah hambar ini? Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

1. Tumbuhkan Kembali Rasa Sayang dan Cinta

Rasa sayang dan cinta merupakan faktor utama dalam membangun hubungan yang hangat dan harmonis. Tanpa keduanya, otomatis hubungan akan berubah menjadi hambar dan tidak lagi hangat. Untuk hubungan yang sudah terlanjur hambar, kamu bisa menyelamatkannya dengan menumbuhkan kembali rasa cinta dan sayang. Caranya? Lakukanlah hal-hal yang kecil namun berarti besar bagi kamu dan pasangan.

2. Jangan Lupakan Segala Kebaikannya Meskipun Hanya Secuil

Disaat hubungan telah hambar yang ada hanyalah ketidaknyamanan yang terkadang diiringi dengan sedikit perasaan bosan. Nah, cara memperbaiki hubungan yang sudah hambar yang kedua ini adalah dengan mencoba mengingat kembali semua kebaikannya dan lupakan semua keburukannya.

Untuk menghidupkan kembali perasaan kamu, cobalah lihat sekeliling, bagaimana pasangan teman-teman kamu? Apakah teman di sekitarmu benar-benar memiliki pasangan yang baik? Lihat permasalahan mereka, setidaknya nanti kamu akan melihat dan menyadari bahwa pasangan kamu masih lebih baik dari banyak pria lain. Matamu akan terbuka dan perasaanmu yang hambar bisa hidup kembali.

3. Jangan Lupakan Pengorbanan Pasanganmu!

Sedikit banyaknya, pastilah ada pengorbanan yang dilakukan pasangan kamu untuk membahagiakan kamu. Meski itu sudah lampau, tak ada salahnya dikenang sebagai cara menumbuhkan rasa cinta kembali. Ingatlah kala ia mau menerimamu apa adanya, menyimpan rapat segala rahasia keburukanmu hingga saat ini atau dirinya yang rela lelah untukmu.

4. Kenangan Manis Janganlah Dilupakan

Ketika hubungan hambar dan kebosanan menyerang, kamu bisa menepisnya dengan mengenang kembali masa-masa bahagia dulu. Sangat baik jika kamu bernostalgia kembali dengan pasangan. Hal ini bisa membuat kamu dan pasangan sadar bahwa kalian dulu pernah bahagia dan pernah merasakan getaran cinta yang sama.

5. Liburan Bersama

Kesibukan dan rutinitas yang tiada henti juga bisa jadi pemicu hambarnya hubungan dan jadi penyebab rasa cinta berkurang antara kamu dan dia. Tapi, jangan biarkan rutinitas membunuh kehangatan hubungan kalian. Cobalah rencanakan untuk liburan bersama pasangan, paling asik ke tempat dimana kalian bisa menjelajah bersama. Hal ini akan membuat hubungan yang sempat hambar dan renggang kembali hangat dan dekat.


Atau jika pasangan kamu hobi memancing, kalian bisa pergi memancing bersama sekaligus piknik dan menikmati alam. Meski kamu tidak hobi, tapi kegiatan yang disukai pasangan kamu ini pastilah akan membuatnya merasa senang. Bukan hal yang tidak mungkin pada akhirnya ia akan berterima kasih karena telah mau menemaninya memancing.

6. Lebih Sering Habiskan Waktu Bersama

Mulai sekarang cobalah untuk lebih sering menghabiskan waktu bersama pasangan kamu. Tiap akhir pekan kamu bisa mengajaknya keluar rumah sekedar jalan-jalan atau makan diluar. Kamu juga bisa pergi nonton bersama atau ngemall bersama. Meski terlihat ringan namun sangat berarti untuk membangun kedekatan dalam hubungan.

7. Mencintai Apa Adanya

Hambarnya hubungan kamu rasakan juga bisa dipicu oleh rasa tidak puas kamu pada pasangan. Merasa diri pasanganmu tidak bisa menjadi orang yang kamu harapkan. Seperti ternyata dirinya tidak sehebat yang dulu kamu pikir atau ternyata dirinya sangat banyak sisi jeleknya. Jika kamu merasakan hal ini wajar saja perasaan cinta itu perlahan berkurang karena apa yang kamu harapkan tidak kamu dapatkan. Oleh karena itu cobalah untuk mulai mencintainya apa adanya. Cintai dirinya yang sekarang ini dan terimalah seperti apa adanya dia.

Itulah 7 cara memperbaiki hubungan yang sudah hambar yang bisa kamu lakukan, sangat baik untuk pasangan yang telah menikah. Setelahnya kamu harus menghindari penyebab rumah tangga menjadi hambar dan cobalah berbagai tips menjaga keharmonisan rumah tangga. Sementara cara mengatasi konflik dengan pasangan sikapi dengan cara menenangkan hati dan pikiran, dan selesaikan dengan cara yang baik yang tidak memicu emosi.

, ,
Oleh :
Kategori : Cinta