Inilah Cara Memperbaiki Hubungan dengan Pacar setelah Bertengkar Hebat

Dalam suatu hubungan, tidak selalu berjalan dengan mulus. Ada kalanya pasangan akan berselisih paham terhadap sesuatu. Apalagi jika sudah menikah, proses adaptasi terhadap kebiasaan  dan karakter pasangan yang berbeda tentunya menjadi tantangan tersendiri. Jika sudah seperti itu, pertengkaran antara pasangan menjadi hal yang biasa terjadi.

ads

Pertengkaran yang sudah terjadi tentunya tidak ingin terus berlarut-larut. Akan ada waktunya jika nanti pasangan yang sudah bertengkar ini akan saling memaafkan. Namun, cara memulai percakapan setelah bertengkar terasa sulit. Faktor gengsi dan canggung selalu mendominasi ketika ingin melakukan permintaan maaf. Untuk itu, berikut cara memperbaiki hubungan dengan pacar setelah bertengkar.

1. Jangan terpaksa

Ketika ingin memulai meminta maaf, janganlah merasa kita terpaksa melakukannya. Tidak ada yang salah dengan meminta maaf duluan karena ini buka lomba. Meskipun kamu merasa tidak salah bukan berarti kamu tidak boleh meminta maaf duluan. Siapapun yang nanti meminta maaf duluan itu sudah menunjukan ketulusan hatinya bahwa dia melakukan hal tersebut dengan tulus. Sebaliknya, jika meminta maaf dengan terpaksa, masalah tidak akan selesai.

2. Ketahui penyebabnya

Cobalah pikirkan kembali apa yang membuat kamu dan pacarmu sampai bertengkar. Bisa jadi sumber masalahnya dari dirimu sendiri. Oleh sebab itu, jangan gengsi untuk mengakui kalau kamu yang menyebabkan pertengkaran tersebut terjadi. Begitu dengan pacarmu, jika dia merasa menjadi penyebab pertengkaran tersebut, harusnya dia bisa sadar akan hal tersebut dan tidak mengulanginya lagi.

3. Jangan pancing untuk melakukan perdebatan

Berbeda pendapat itu hal yang wajar. Akan tetapi, tidak seharusnya perbedaan pendapat itu harus selalu berakhir menjadi adu debat. Ingat! Pandailah memilah mana masalah yang memang sangat penting dan mana yang tidak. Jika kamu sudah mengetahui hal tersebut, maka tidak ada lagi perdebatan yang tidak perlu.

4. Jika terjadi lagi perdebatan, cobalah simak dari sudut pandang dia

Ketika perdebatan kembali terjadi, cobalah posisikan dirimu dari sudut pandang pacarmu. Cara ini ampuh untuk tidak mengulangi kembali pertengkaran yang sebelumnya pernah terjadi. Dengan melihat berdasarkan sudut pandang pacarmu, kamu akan paham pola berpikirnya. Setelah itu, kembali pada dirimu sendiri apakah akan tetap dengan pendapatmu atau akan mengikuti pendapat pacarmu.

5. Berikan Pelukan

Ketika terjadi pertengkaran, biasanya kita tidak mau bersentuhan fisik dengan orang di hadapan kita. Hal tersebut merupakan cara menghilangkan rasa kesal dan marah. Selain itu, pelukan juga dapat membuat seseorang menjadi lebih tenang. Apalagi pelukan tersebut didapatkan dari orang yang dicintai. Maka dari itu, ketika terjadi pertengkaran, sebaiknya jangan pelit untuk memberikan pelukan yang hangat.

6. Berikan tanda untuk menghentikan pertengkaran

Hal ini penting untuk kamu dan pacar ketahui. Ketika kalian terjadi petengkaran lagi, kamu atau pacarmu bisa segera menghentikannya dengan memberikan tanda. Tanda itu merupakan salah satu cara mengendalikan diri. Caranya bisa dengan kalimat tertentu atau juga bahasa tubuh yang telah disepakati oleh kalian. Dengan begitu, emosi kalian bisa diredam.


7. Buat lelucon

Pertengkaran terjadi karena baik pacar atau kamu “meladeni” emosinya. Nah, agar suasananya kembali kondusif, cobalah kamu untuk membuat lelucon atau melawak. Lawakan atau lelucon sangat efektif dalam meredakan ketegangan. Jika kalian bisa tertawa ditengah – tengah pertengkaran, pikiran kalian akan kembali jernih dan juga dapat menemukan solusi dari masalah yang dihadapi.

8. Berikan perhatian lebih

Ketika terjadi kembali pertengkaran, cobalah kamu jadi yang pertama memahami situasi tersebut. Dinginkan suasana dengan menunjukan bahwa kamu sangat memahami kemarahannya. Berikanlah perhatian lebih dan berikan cara untuk meredam emosi sehingga dia bisa lebih tenang.

9. Berikan sesuatu yang menyenangkan

Lingkungan sekitar dapat memengaruhi hubungan kamu dan juga pacarmu. Cobalah untuk memikirkan sesuatu yang dapat membuat kamu dan pacarmu merasa lebih rileks. Contohnya kalian bisa mengobrol sambil minum kopi yang hangat. Hal tersebut dapat menjernihkan pikiran yang kusut dan juga dapat meredakan emosi.

10. Dinginkan kepala

Ketika benih-benih pertengkaran akan kembali, cobalah untuk sejenak mendinginkan kepala masing-masing. Cara menahan emosi terhadap pasangan bisa dengan bersantai di sebuah kafe ataupun di sebuah taman. Setelah itu cobalah pahami masing-masing apa yang sebenarnya terjadi dengan suara yang biasa saja, tidak perlu harus berteriak. Setelah kalian sudah mengetahui apa permasalahannya, cobalah kamu untuk mengambil kesimpulan apa keputusan terbaik dari permasalahan tersebut. Dengan begitu kamu dapat menyelesaikan masalah tanpa harus melalui berbagai macam drama.

Itulah cara memperbaiki hubungan dengan pacar setelah bertengkar. Pertengkaran sendiri seharusnya bisa dihindari ketika ego masing-masing bisa dikendalikan. Pada dasarnya setiap manusia mempunyai ego yang tinggi dan selalu merasa bahwa dirinya adalah yang paling benar. Jika manusia tetap tidak bisa mengendalikannya, maka akan terjadi perpecahan.Selain itu, akan banyak mengundang kerusakan yang tidak hanya merugikan mereka saja, bahkan orang lain juga akan kena getahnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua.

,
Oleh :
Kategori : Pacaran