7 Cara Taubat Istri Durhaka Agar Diterima

Manusia memang tak pernah luput dari dosa. Terhadap sesama manusia, rasanya kita juga tidak pantas untuk menghujat kesalahan dan dosa yang diperbuat orang lain dan menganggap diri kita sendiri lebih baik daripada orang lain. Banyak hal dan perbuatan yang menjerumuskan kita dalam dosa bahkan kadang tak kita sadari.

Salah satu dari dosa yang sulit terhindarkan adalah dosa durhaka kepada suami. Dimana hal-hal kecil dan emosi yang membuat hilang kesabaran bisa menjadi penyebab istri durhaka pada suami yang terjadi tanpa disadari. Durhaka pada suami juga menjadi penyebab perceraian suami istri yang cukup banyak terjadi. Beruntunglah jika kita bisa segera menyadari dosa-dosa kita kepada suami sehingga kita bisa segera bertaubat dan terhindar dari ancaman bagi istri yang durhaka berani pada suaminya.

Bagaimana cara taubat istri durhaka kepada suaminya? Hal inilah yang perlu kita ketahui agar dosa-dosa kita yang selama ini menumpuk bisa terhapuskan. Taubat juga merupakan jalan untuk memulai menjadi istri sholehah. Berikut cara bertaubat seorang istri yang telah durhaka kepada suaminya sendiri.

1. Menyesallah karena telah menjadi istri yang durhaka

Hal pertama agar diterimanya taubat seseorang adalah ia harus menyesali dosa-dosanya. Seornag istri yang ingin bertaubat harus menyesali perbuatannya yang durhaka kepada suami selama ini. Merenungi setiap kesalahan yang telah dilakukan kepada suami dan memohon ampun kepada Allah SWT.

2. Berhenti menjadi istri durhaka

Hal kedua yang harus dilakukan agar taubat diterima adalah dengan tidak lagi menjadi istri durhaka. Tinggalkan semua hal dan perbuatan yang membuat kita masuk dalam golongan istri durhaka. Jika masih saja melakukannya, itu artinya bertaubat hanya dimulut saja dan tidak dari hati. Jelas saja taubat yang seperti ini tidak akan diterima dan tidak bisa menghapus dosa dan mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

3. Berniat dan berjanji tidak mengulanginya lagi

Ketiga, agar taubat diterima adalah dengan memasang niat, bersungguh-sungguh dan berjanji kepada Yang Maha Kuasa untuk tidak lagi melakukan dan mengulangi dosa yang sama. Terlebih jika melakukannya dengan penuh kesadaran. Tidak hanya sekedar niatan saja, tapi memang harus benar-benar berhenti untuk melakukannya.

4. Meminta maaf kepada suami dengan tulus

Berikutnya, cara taubat istri durhaka agar diterima oleh Allah SWT adalah dengan meminta maaf kepada suami dengan tulus dan sepenuh hati. Akan lebih bagus lagi jika suami bisa memaafkannya sehingga dengan ridho suami, taubat kita pun juga di ridhoi oleh Allah SWT. Sampaikan penyesalan atas kesalahan yang selama ini dilakukan dan mulailah menjalani kehidupan sebagai istri yang baik dan taat pada suami.

5. Lakukan shalat sunnah taubat

Semakin bagus jika cara taubat istri durhaka ini disempurnakan dengan shalat sunnah taubat, yakni shalat sunat yang dilakukan kita seseorang ingin bertaubat. Pelajarilah tata cara shalat sunnah taubat ini beserta niatnya dan memohon ampunlah kepada Allah SWT. Berniatlah untuk melakukan taubat nasuha, yakni berjanji tidak akan mengulangi kesalahan dan dosa yang sama di masa depan.

6. Perbaiki diri dan banyak beribadah

Selanjutnya, cara taubat istri durhaka adalah dengan memperbaiki diri, sikap dan perbuatan menjadi lebih baik. Terutama kepada suami, jangan lagi melakukan perbuatan yang tergolong durhaka kepada suami, seperti membantah suami, tidak mentaatinya, berbohong, mengabaikannya, bersikap keras padanya, dan segala perbuatan yang masuk pada dosa istri terhadap suami.

7. Belajarlah menjadi istri solehah

Setelah bertaubat mulailah berlajar dan menggali ilmu lebih banyak tentang bagaimana cara menjadi istri solehah. Perdalam ilmu agama dan gali lebih dalam lagi tentang rumah tangga dan pernikahan dalam islam. Mulai dari cara berumah tangga yang benar dalam islam hingga perbuatan yang tidak baik dilakukan oleh seorang istri. Juga, cara berbakti pada suami dan jauhilah sifat istri penghambat rezeki suami.

Begitulah 7 cara taubat istri durhaka kepada suami agar diterima dan dosa terhapuskan. Dan ketahuilah terkadang cara suami memperlakukan istri dengan baik juga sesuai dengan bagaimana perlakuan istri sendiri kepada suami. Lain dari itu, ketahui juga ya sifat durhaka suami kepada istri.

, ,
Oleh :
Kategori : Pernikahan