8 Persiapan Sebelum Menikah untuk Wanita yang Perlu Dilakukan

Hari pernikahan merupakan hari bahagia dan hari pengucapan janji sakral calon pasangan pengantin. Agar hari pernikahan berjalan lancar maka segala persiapan harus dilakukan dari jauh-jauh hari oleh Kedua keluarga mempelai. Namun biasanya membeli wanita jauh lebih sibuk karena biasanya persiapan pernikahan dilakukan lebih detail. Tak jarang meskipun segala persiapan sudah dilakukan dengan seksama tetap masih ada saja hal-hal kecil yang kelupaan.

Sebagai wanita yang akan menikah kamu tentu juga harus mempersiapkan diri secara fisik dan mental selain persiapan-persiapan lainnya. Kamu Juga harus tahu apa saja yang menjadi kewajiban wanita setelah menikah dengan mempelajari lebih banyak tentang menikah dalam Islam. Nah untuk kamu yang akan segera menikah dan sudah menetapkan tanggal pernikahan, baiknya simak beberapa persiapan sebelum menikah untuk wanita berikut ini.

1. Jaga Pola Makan Sehat dan Seimbang

Siapa pun yang akan menikah pasti ingin berada dalam kondisi yang pada hari H agar tidak terjadi insiden yang tidak diinginkan saat acara berlangsung seperti tiba-tiba merasa pusing atau bahkan pingsan karena kelelahan dengan kondisi tubuh yang kurang fit. Karena itu menjelang hari pernikahan dibahas sebaiknya kamu hindari melakukan diet ketat dan tetap menjaga pola makan sehat dan seimbang yang pada nutrisi. Persiapan pernikahan akan menguras pikiran dan tenaga sehingga tubuh harus ternutrisi dengan baik agar berenergi dan tetap fit.

2. Konsumsi Coklat Bisa Membantu Mengurangi Stres

Jangan takut menjadi gendut dan terlihat tidak langsing saat mengenakan baju pengantin pada hari pernikahan hanya karena mengkonsumsi coklat. Jika kamu mengkonsumsinya secara wajar dan tidak berlebihan, makan coklat bisa membantu kamu untuk menjadi lebih rileks dan terhindar dari stres. Tidak bisa dipungkiri bahwa persiapan pernikahan dan detik-detik menjelang hari H pernikahan kerap kali menimbulkan stres bagi calon pengantin. Nah jangan sampai terus malah mengganggu kamu pada hari H.

3. Hindari Melakukan Perawatan yang Berisiko

Semua wanita pasti menginginkan tampil cantik pada hari pernikahan, bener kan ya? Lah jangan sampai keinginan kamu yang ingin tampil cantik dan sempurna ini rusak karena salah dalam memilih perawatan kecantikan. Misalnya saja melakukan bleaching atau perawatan lainnya yang beresiko membuat kulit wajah menjadi berjerawat bahkan rusak. Kalau kulit sudah rusak gak mudah mengembalikan kesehatan dan kecantikannya dalam waktu singkat.

4. Hindari Kegiatan yang Bisa Membuat Cedera

Meskipun kamu adalah seorang wanita yang super aktif dan tidak betah duduk manis, namun jika tidak ingin hari H kamu berantakan maka tahanlah diri untuk melakukan berbagai kegiatan yang bisa melukai diri kamu sendiri atau bahkan menimbulkan cedera. Misalnya saja bersepeda, panjat tebing atau kegiatan berisiko lainnya.

5. Lakukan Perawatan Tubuh dan Manjakan Diri

Persiapan sebelum menikah untuk wanita berikutnya adalah dengan melakukan perawatan tubuh secara rutin. Misalnya saja melakukan sauna atau melakukan perawatan di Spa kecantikan kamu tetap rileks dan kulit jadi cerah bersinar, cantik dan terawat. Melakukan perawatan tubuh berguna untuk menunjang penampilan kamu pada hari H pernikahan. Tidak hanya itu, terbiasa memanjakan diri menjelang hari pernikahan akan membuat kamu tampak lebih fresh.

6. Hindari Konflik dengan Pasangan

Kehadiran berbagai konflik menjelang hari pernikahan sudah umum terjadi, bahkan konflik juga bisa membuat pasangan yang akan menikah bertengkar hebat karena berbagai masalah yang terjadi. Agar tidak merusak mood kamu maupun pasangan, sebaiknya hati-hati dalam membicarakan suatu masalah atau sebaiknya bicarakan segalanya dengan tenang dengan hati dingin. Sebisa mungkin bersabarlah jika terjadi sedikit perselisihan jika tidak ingin hari pernikahan menjadi hari yang buruk. Ini juga bisa menjadi cara mengatasi perceraian di awal perkawinan lho.

7. Konsumsi Minuman Herbal

Persiapan sebelum menikah untuk wanita yang juga bagus dilakukan adalah dengan mengkonsumsi minuman herbal secara rutin. Minuman herbal seperti jamu-jamuan dan daun kemangi bagus untuk tubuh karena bisa membuat fisik lebih kuat dan dapat mengurangi bau badan yang tak sedap bahkan juga bagus untuk pencernaan.

8. Serahkan Segala Persiapan Pernikahan pada Keluarga Besar

Meminta bantuan da membagi tugas untuk menjalankan persiapan pernikahan kepada keluarga besar adalah hal yang sangat penting. Persiapan sebelum menikah untuk wanita dan juga pria ini wajib hukumnya karena seorang pengantin tidak akan bisa mengurusi jalannya pesta tanpa bantuan dan peran keluarga. Jadi serahkan semuanya kepada keluarga dan kamu sebagai calon pengantin cukup mempersiapkan fisik dan mental. Untuk menghemat biaya pernikahan kamu bisa simak beberapa tips pernikahan low budget.

Begitulah 8 persiapan sebelum menikah untuk wanita yang perlu diperhatikan. Beberapa persiapan menjelang pernikahan ini juga berlaku untuk pria lho. Simak juga tips menuju pernikahan yang sakinah, mawaddah dan warohmah dan ketahui lebih banyak mengenai kehidupan rumah tangga dalam Islam.

, ,
Oleh :
Kategori : Pernikahan