9 Tips Pernikahan Low Budget untuk Momen Bahagiamu

Pernikahan menjadi momen yang membahagiakan bagi banyak pasangan. Menikah juga menjadi cara mempertahankan hubungan yang sudah lama. Bagi pasangan dari keluarga mampu, perayaan pernikahan harus diadakan besar-besaran agar sanak keluarga, teman, kerabat dan tetangga bisa ikut merasakan kebahagiaannya. Banyak pula dari pasangan yang hendak menikah yang memilih untuk mengadakan pesta pernikahan kecil-kecilan saja lantaran minimnya budget.

ads

Sebisa mungkin, pasangan yang akan menikah berusaha untuk mengadakan pesta pernikahan tersebut agar kebahagiaan menjadi pasangan suami istri baru semakin terasa. Sekaligus bisa mengabadikan momen bahagia ini. Tak jarang pula banyak pasangan yang malah stres karena besarnya keinginan untuk mengadakan perayaan namun budget sangatlah terbatas. Untuk kamu yang ingin mengadakan perayaan pernikahan, berikut ada tips pernikahan low budget yang pas dikantong. Namun sebelumnya, simak juga persiapan sebelum pernikahan yang harus kamu tahu.

1. Pilih Vendor Pernikahan yang Menawarkan Biaya Murah

Hal pertama yang harus dilakukan agar biaya pernikahan tidak banyak menguras keuangan adalah memilih vendor yang menawarkan paket murah. Ada banyak vendor pernikahan yang memberikan harga promo untuk calon pelanggannya.

Bisa juga dengan memanfaatkan vendor miliki kenalan atau kerabat, sehingga akan lebih besar peluang untuk mendapatkan harga minim. Tapi perlu dipastikan juga pelayanannya tetap prima.

2. Undang Keluarga, Kerabat, Teman, Kolega, dan Orang yang Terdekat Saja

Tips pernikahan low budget yang kedua agar pengeluaran bisa ditekan adalah dengan tidak terlalu banyak mengundang tamu. Tidak perlu mengadakan perayaan besar-besaran. Cukup undang  orang terdekat, keluarga, kolega, teman dan kerabat saja. Hal ini juga akan bisa menekan biaya cetak undangan, catering, souvenir dan biaya lainnya pun juga akan bisa diminalisasi.

3. Gunakan Jasa Teman atau Kerabat untuk Kebutuhan Pesta Pernikahan

Sebisa mungkin, gunakan jasa dari teman atau kerabat yang memiliki usaha atau keterampilan yang bisa dimanfaatkan dalam acara pernikahan. Seperti yang memiliki keahlian fotografer, make up artis, pembuatan kreasi souvenir, percetakan untuk undangan, catering dan berbagai jasa lainnya.

4. Masak Menu Hidangan oleh Keluarga

Mintalah bantuan keluarga dan kerabat dekat untuk memasak bersama menu hidangan untuk acara pernikahan. Tidak menggunakan jasa katering akan bisa menekan biaya pernikahan cukup banyak loh. Selain itu, tips pernikahan low budget ini juga bisa menjadi momen kumpul keluarga, terlebih keluarga yang berada di kota yang berjauhan.

5. Kreatif dengan Membuat Souvenir Sendiri

Tips pernikahan low budget berikutnya adalah dengan menjadi kreatif dan membuat souvenir sendiri. Ada banyak kerajinan tangan yang bisa dibuat dengan mudah yang bisa dipelajari. Dengan membuatnya dari jauh-jauh hari sebagai persiapan pernikahan dengan bantuan teman dan keluarga, tentu saja souvenir pernikahan ini bisa dibuat banyak. Pastinya, membuat souvenir sendiri ini biayanya jauh lebih hemat dibanding membeli yang sudah jadi.

6. Adakan Acara Pernikahan di Rumah

Untuk lebih bisa menekan biaya pernikahan, sebaiknya lakukan acara pernikahan di rumah saja. Kalau memilih di gedung, tentu biaya sewa gedung juga akan mahal. Kalau memang tidak memungkinkan mengadakan acara dirumah, carilah gedung dengan sewa mudah dan utamakan pada hari kerja dimana sewanya pun lebih murah.


7. Utamakan Menyewa daripada Membeli

Menyewa berbagai perlengkapan dan keperluan dalam acara pernikahan akan lebih hemat daripada harus membeli segala kebutuhan. Seperti pakaian pengantin, seragam keluarga hingga perlengkapan lainnya. Jika membeli, tentu biaya yang akan dikeluarkan juga semakin besar.

8. Pesta Pernikahan Satu Hari Saja

Beberapa dari kalangan yang mengadakan pesta pernikahan memberlakukan acara dalam dua hari. Namun untuk meminimalisasi biaya pernikahan ini, sebaiknya buat pesta pernikahan berlangsung dalam satu hari saja. Hal ini tidak hanya bisa memangkas biaya pernikahan, namun juga bisa menghemat waktu dan tenaga.

9. Minta Bantuan Keluarga Besar

Yang terpenting dalam meminimalisasi biaya pernikahan adalah dengan meminta bantuk keluarga besar dalam penyelenggaraannya. Sedikit banyaknya akan ada bagian dari keluarga besar yang ikut menyumbang dalam menggelar pesta pernikahan dari anggota keluarga besar mereka.

Demikianlah 9 tips pernikahan low budget yang bisa kamu jadikan inspirasi dalam membuat pesta pernikahan tetap berkesan. Agar perayaan berjalan lancar, ketahuilah list persiapan pernikahan yang harus dilakukan. Tapi jika pernikahan yang hendak terjadi hanya dalam mimpi, simaklah arti mimpi mau menikah tersebut. Setelah menikah, pastikan juga kamu tahu tips menjaga keharmonisan rumah tangga dan cara menjaga rumah tangga yang baik.

, ,
Oleh :
Kategori : Pernikahan