11 Tips Hubungan Suami Istri Jarak Jauh Agar Tetap Harmonis

Lebih berat mana antara menjalani hubungan jarak jauh dengan pacar atau dengan suami? Ya jelas dengan suami lah ya pastinya. Jauh dari suami itu rasanya sungguh tidak menyenangkan. Banyak hal yang akan terbayang dan mengganggu pikiran kita disaat suami harus meninggalkan keluarga kecilnya ini demi menjalani tugas dan tuntutan pekerjaan.

ads

Hal yang biasanya mengganggu hati dan pikiran seorang istri ketika harus berjauhan dengan suami adalah mengenai keselamatan dan godaan-godaan yang beragam dari luar sana. Sehingga banyak istri-istri yang begitu risau ketika di tinggal suaminya untuk bekerja ke luar kota. Yah tapi harus bagaimana? Tetap harus dijalani dengan hati yang ikhlas bukan? Namun diakui juga bukan hal yang mudah untuk bisa melaluinya dengan tabah.

Berikut ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu para istri yang sering ditinggal suami untuk berbagai urusan sehingga harus menjalani hubungan suami istri jarak jauh. Apa saja itu? Yuk kita simak bersama.

  1. Selalu menjaga komunikasi dengan baik.

Komunikasi itu merupakan hal yang paling penting dalam sebuah hubungan, baik itu hubungan secara langsung maupun dalam menjalin hubungan dalam jarak yang berjauhan. Dengan berkomunikasi yang baik dan berjalan dua arah antara suami dan istri merupakan salah satu cara menjaga hubungan jarak jauh dengan suami ataupun istri.

  1. Hindari pertengkaran dan perselisihan.

Paling bahaya kalau bertengkar lewat telpon dengan pasangan kita ditengah menjalani hubungan LDR ini, karena sangat sulit untuk mengklarifikasi semuanya hanya lewat telpon saja. Sedangkan cara yang paling baik untuk menyelesaikan masalah dan pertengkaran adalah dengan saling bertatap muka agar semua permasalahannya jelas. Jadi jangan sekali-sekali memancing pertengkaran disaat sedang berjauhan ya. Karna bisa saja pasangan kita melampiaskan kekesalan dan emosinya ke hal-hal yang tidak baik disana. Dan sangat baik juga untuk menghindari penyebab rumah tangga sering cekcok.

  1. Saling menjaga amanah dan kepercayaan.

Jika sudah berstatus suami dan istri wajib hukumnya untuk menjaga amanah dan kepercayaan pasangan kita dan jangan sampai berbuat hal-hal yang akan mengecewakan pasangan kita. Sekali kecewa maka akan sulit bagi pasangan kita untuk bisa mempercayai diri kita. Merusak kepercayaan pasangan kita sama saja dengan membuat penyebab retaknya rumah tangga.

  1. Saling mendoakan untuk kebaikan satu sama lain.

Salah satu kewajiban dalam berumah tangga adalah saling mendoakan untuk kebaikan dimana saja dan kapan saja. Jadi dalam situasi apa pun kita harus mendoakan yang terbaik untuk pasangan kita dan keluarga kita dan ini adalah cara membina rumah tangga yang baik dan harmonis.

  1. Selalu berpikir positif terhadap pasangan.

Pernah mendengar ‘Kata-kata adalah doa’? Dari setiap kata yang terucap dari mulut kita akan menjadi sebuah doa. Sehingga kita harus selalu berucap kata-kata yang baik saja. Begitu juga dengan pikiran kita, kita harus selalu berpikiran positif agar semuanya baik-baik saja. Maka jangan berpikiran negatif terhadap pasangan kita yang jauh disana.

  1. Jika memungkinkan berkumpulah di setiap akhir pekan.

Disaat ada waktu yang memungkinkan untuk bisa bertemu dan berkumpul dengan pasangan dan anak-anak, maka berkumpulah. Jika lokasi cukup jauh bisa untuk bertemu di pertengahan saja. Nikmati kebersamaan dan kehangatan keluarga di setiap akhir pekan yang merupakan tips menjaga keharmonisan rumah tangga.

  1. Saling memberikan perhatian.

Meskipun berjauhan jangan lupa untuk saling memperhatikan pasangan. Karena saat ini layanan untuk berkomunikasi sudah sangat canggih. Kamu bisa memanfaatkan layanan video call untuk saling bertukar cerita dan memberikan perhatian-perhatian dai jarak jauh. Sangat membantu sekali bukan?


  1. Jaga mata dan jaga hati.

Dimana pun kita berada sadarlah bahwa kita sudah memiliki keluarga yang harmonis. Jangan sampai merusaknya hanya tidak kuat menahan godaan-godaan yang datang dari luar sana. Pandai-pandailah dalam menjaga mata dan hati agar tidak tergoda dengan yang lain jika kamu benar-benar mencintai keluarga yang telah kamu bangun ini.

  1. Yakinkan diri bahwa kamu dan pasanganmu tidak akan berkhianat.

Kamu harus yakin bahwa pasanganmu akan selalu menjaga kesetiaannya dan tidak akan mengkhianati kamu. Karna tanpa disadari apa yang kita pikirkan dan tanamkan secara tidak langsung juga akan menjadi sugesti yang bisa menjadi kenyataan.

  1. Jangan terpengaruh dengan pikiran-pikiran negatif.

Salah satu cara menenangkan hati dan pikiran dari pikiran-pikiran negatif adalah dengan membangun pikiran yang positif terhadap pasangan. Jangan terlalu menghiraukan omongan orang-orang diluar sana yang sering bergosip karena kita yang lebih tahu bagaimana pasangan kita. Namun bukan berarti kita akan menolaknya mentah-mentah, jadi harus di telusuri kebenarannya terlabih dahulu karena tidak mungkina ada asap jika tidak ada api.

  1. Berdoa kepada Yang Maha Kuasa untuk keutuhan rumah tangga.

Jangan lupa untuk berdoa kepada Sang Pencipta untuk kebaikan dan keberkahan rumah tangga kita agar selalu menjadi keluarga yang harmonis dan bahagia.

Semoga 11 tips di atas bisa bermanfaat untuk para istri yang sedang menjalani hubungan jarak jauh dengan suami tercinta.

, ,
Oleh :
Kategori : Suami Istri