11 Cara Memperbaiki Hubungan dengan Teman Setelah Bertengkar

Teman akan selalu ada dalam kehidupan kita dan dengan memiliki banyak teman hidup akan terasa lebih bermakna dalam menjalani pergaulan masa kini. Kita bisa saling bertukar cerita dan saling berbagi kisah dengan teman. Keuntungan banyak teman adalah kita juga bisa untuk saling membantu dan meringankan beban satu sama lainnya. Dengan kehadiran teman-teman kita tidak akan kesepian dan akan menjalani hari dengan bahagia dan ceria karena ada saja canda dan tawa yang akan dihadirkan dalam hubungan pertemanan.

ads

Namun tidak semua hubungan perteman berjalan dengan baik, banyak juga diantara kita yang pernah mengalami pertengkaran dengan teman. Baik itu karena sengaja atau tidak sengaja sehingga menimbulkan perpecahan. Penyebabnya bisa apa saja dan sangat beragam sehingga kita harus tahu cara bergaul yang baik. Dan setelah perjadi perselisihan dengan teman apakah hubungan juga berahir sampai disana? Ada yang memang sengaja memutus hubungan pertemanan  tersebut karena sudah terlanjur membenci dan ada juga yang bisa untuk saling memaafkan satu sama lainnya sehingga hubungan pertemanan bisa terjalin lagi dengan baik.

Nah untuk kamu yang belum bisa memperbaiki hubungan pertemanan kamu dengan seseorang, simak cara-cara berikut ya.

  1. Telusuri kembali akar permasalahan yang menjadi penyebab pertengkaran.

Apa yang membuat kamu bertengkar dengan temanmu sehingga hal tersebut masih berlanjut hingga saat ini? Coba di telaah kembali apakah permasalahannnya memang pantas untuk membuat hancur hubungan pertemanan kalian ini? Tak jarang hanya masalah sepele akan membuat seseorang begitu marah dan gelap mata. Setelah menelaah semuanya kembali mungkin kamu akan menyadari bahwa pertengkaran ini tak harus terjadi.

  1. Coba timbang kembali apakah masalahnya begitu fatal atau hanya karena masalah sepele saja.

Apa sebenarnya masalah yang telah membuat hubungan pertemanan kamu ini rusak? Jika masalahnya tidak terlalu berat mengapa harus membiarkan hubungan pertemanan kamu terpecah. Lebih baik hubungi kembali temanmu dan sambung kembali hubungan kalian. Namun jika memang masalahnya begitu fatal semua itu tergantung pada diri kamu sendiri.

  1. Kamu juga harus tahu karakter temanmu sehingga kamu bisa untuk lebih memahami sifatnya.

Sebelum mencap teman kamu itu jahat atau tidak punya perasaan lebih baik kamu kenali dulu karakternya. Mungkin memang sifat dan kelakuaannya yang memang begitu sehingga kamu tidak perlu terlalu ambil hati semua sikapnya itu. Lebih baik lupakan semua dan hubungi kembali temanmu untuk kembali menjalin hubungan pertemanan.

  1. Kenanglah masa-masa ketika kalian bersenang-senang bersama dimasa lampau.

Selama berteman pasti kamu memiliki masa-masa bahagia bersamanya dan menjadi teman baik yang tidak terpisahkan. Jika kamu merindukan masa-masa itu berarti kamu harus kembali menjalin hubungan pertemanan yang sudah retak ini.

  1. Ingatlah hal-hal baik yang ada pada temanmu karena dibalik sifatnya yang tidak baik pasti ada kebaikan pula dari dalam dirinya.

Setiap orang punya kesalahan yang bukan berarti tidak ada kebaikan dalam dirinya. Bahkan kita sendiri mungkin juga pernah berlaku jahat kepada orang lain. Karena kita tidak akan luput dari kesalahan. Begitu juga dengan teman kita sendiri yang pasti juga ada sisi baiknya. Jika kamu menyadari hal ini segera perbaiki hubungan kamu dan teman kamu itu ya.

  1. Jadilah orang yang pemaaf dan bisa memaafkan kesalahan siapa saja, karena manusia tak luput dari kesalahan.

Kita selalu dituntut untuk selalu bisa memaafkan kesalah orang lain. Dan tak ada salahnya kita juga memaafkan kesalahan teman kita yang mungkin saja tidak sengaja ia lakukan. Cobalah untuk memaafkannya dan menerima dia kembali untuk menjadi temanmu, dengan sifat ini juga merupakan salah satu cara mendapatkan banyak teman.

  1. Ketahuilah bahwa memutus hubungan silaturrahim dengan sesama merupakah hal yang harus dihindari.

Dengan sengaja memutus hubungan silaturrahmi dengan orang lain sangatlah tidak dianjurkan. Sehingga kita harus tetap menjaga hubungan baik dengan siapa saja, termasuk dengan orang yang telah jahat kepada kita, apalagi dengan teman kita sendiri.


  1. Jangan biarkan dirimu di selimuti rasa dendam yang membuat hati menjadi tertutup.

Dendam yang terpendam di dalam hati bisa membuat hati kita menjadi tidak bersih dan penuh dengan rasa benci. Lebih baik buang rasa dendam itu dan kembalilah menjalin hubungan baik dengan teman kita.

  1. Hubungi kembali temanmu itu dan ajaklah ia untuk berbaikan terlepas dari siapa yang salah.

Siapa pun yang bersalah antara kamu dan temanmu itu sudah tidak penting lagi jika kamu memang inginmemperbaiki hubungan dengan teman-teman kamu. Segera hubungi temanmu dan ajak mereka untuk kembali berbaikan dan berkumpul bersama kembali.

  1. Ajak temanmu untuk melupakan semua permasalahan yang telah berlalu.

Lupakan semua yang telah terjadi di masa lau dan jangan pernah di ungkit kembali. Biarkan yang telah berlalu itu menjadi kenangan yang tidak perlu diingat lagi.

  1. Mulailah untuk membangun kembali hubungan kamu dan temanmu itu.

Kembali buka lembaran baru bersama teman kamu itu dan jadikan kejadian dan pertengkaran di masa lampau sebuah pelajaran untuk kalian selama menjalin hubungan pertemanan dan ketahui juga cara menjaga persahabatan agar tetap utuh.

Demikianlah beberapa cara memperbaiki hubungan dengan teman agar bisa kembali berteman dengan baik dan ketahui juga ciri-ciri teman yang baik dan tulus dan juga ciri-ciri teman yang tidak setia.

, ,
Oleh :
Kategori : Teman