Inilah 7 Alasan Wanita Bercadar yang Harus di Hormati

Sekarang ini, semakin banyak wanita muslimah yang mulai memakai cadar dalam kesehariannya. Seperti yang kita tahu cadar atau niqab sangat erat kaitannya dengan karakter wanita Arab. Tidak hanya wanita dari kalangan masyarakat biasa, namun juga sudah mulai merambah ke beberapa artis yang juga ikut mengenakan cadar atau niqab. Alasan artis berhijab juga tidak jauh berbeda dengan para wanita yang memutuskan untuk bercadar ini. Salah satunya karena suara hati mereka yang menginginkannya.

ads

Bahkan sekarang ini juga sudah ada komunitas yang bertujuan untuk melindungi hal wanita bercadar di Indonesia yang bernama Niqab Squad. Kabarnya saat ini komunitas ini sudah memiliki anggota sekitar 3.000 orang loh. Tidak hanya ada di wilayah tanah air saja, tapi komunitas ini juga tersebar hingga ke luar negeri.

Nah, apa sih alasan yang membuat banyak wanita ini tergerak hatinya untuk bercadar? Yang padahal pandangan masyarakat umum terhadap perempuan bercadar juga masih banyak yang negatif. Masih cukup banyak diskriminatif dilayangkan kepada mereka yang memutuskan untuk bercadar. Baiknya simak beberapa alasan wanita bercadar berikut ini agar kita paham kenapa mereka memutuskan untuk berhijrah dengan cara bercadar.

  1. Merasa mendapat ketenangan setelah memakai cadar.

Wanita yang bercadar yang menutup seluruh auratnya kecuali bagian mata saja merasa lebih aman dan tenang. Menurut Tyas Ummu Zahid yang memulai bercadar sejak tahun 2011 lalu, pakaian yang menutup seluruh badan terasa lebih nyaman dan adem dikenakan sekaligus membuat dirinya merasa terlindungi. Ya, memang wanita dalam Islam sangat dianjurkan untuk menutup auratnya guna melindungi dirinya sendiri.

  1. Keinginan bercadar yang datang dari pengalaman spiritual.

Alasan wanita bercadar juga berkaitan dengan pengalaman spiritual yang ia dapatkan. Seperti kaya Ani Indriani yang keinginan bercadarnya muncul saat melakukan ibadah umroh di Mekah. Melihat banyaknya perempuan disana yang mengenakan cadar kemana-mana, membuat dirinya kagum dan munculah keinginan untuk mengenakan cadar. Selain itu menurutnya, menutup aurat dengan pakaian syar`i dan juga bercadar membuat diri terasa lebih dekat dengaan Tuhan.

  1. Pengaruh keterbukaan informasi dan demokratisasi.

Dengan adanya demokratisi yang berkembang dan terbuka membuat semakin banyak orang yang berani mengekpresikan kereligiusannya dalam beragama. Seperti pemakaian cadar yang sudah mulai banyak diterima olah para muslimah.

Pertukaran informasi yang cepat terbuka juga membuat pola pikir dan pandangan menjadi terbuka untuk bisa menerima hal-hal yang sebelumnya masih dianggap tabu. Keterbukaan juga membuat banyak masyarat memiliki kebebasan dalam berekpresi dalam berbagai aspek kehidupan, khususnya dalam hal keagamaan.


  1. Mengikuti Mazhab yang mewajibkan wanita bercadar.

Dalam pemakaian cadar bagi perempuan terdapat dua pendapat, ada yang mengatakan cadar itu wajib dan ada pula yang mengatakan cadar itu sunnah. Nah, salah satu alasan wanita memilih mengenakan cadar adalah  mengikuti mahzab yang mereka anut. Seperti pada kalangan Salafi yang menyatakan bahwa hukum bercadar bagi wanita itu wajib.

  1. Keinginan untuk menutup aurat dan menjaga kehormatan.

Seorang muslimah memang diwajibkan untuk menutup auratnya agar terlindung dari pandangan mata dan godaan lelaki lain yang bukan mahramnya. Juga, dengan bercadar dan mengenakan pakaian syar`i bisa menjaga kehormatan seorang wanita muslimah. Hal inilah yang menjadi alasan wanita yang sudah mulai banyak memutuskan untuk mengenakan cadar. Para lelaki, tidak mudah loh untuk menemukan cara memikat hati wanita sholehah seperti ini.

  1. Agar terhindar dari fitnah, godaan, kejahatan dan kemaksiatan.

Wanita yang menutup wajahnya dengan cadar akan melindungi dirinya dari godaan para lelaki yang biasanya mudah tergoda / terfitnah dengan paras cantik seorang wanita. Jika mengenakan cadar, tidak akan ada lelaki yang berani mengganggunya, merayunya atau mendekatinya untuk melakukan kejahatan seperti pelecehan.

Untuk kamu para lelaki yang tertarik untuk mendekati wanita muslimah, ketahui cara mendekati wanita muslimah yang benar dan sopan. Jangan sampai kamu mendekatinya dengan cara yang kurang pantas. Sebaiknya para pria juga tahu bahwa wanita muslimah yang taat sangat mengerti bahwa pacaran dalam Islam itu sesungguhnya di dilarang. Jadi jika benar-benar menginginkannya kamu harus siap menikah tanpa pacaran.

  1. Ada kenikmatan tersendiri saat mengenakan cadar.

Siapa yang tidak kenal Umi Pipik Dian Irawati yang akhirnya memutuskan untuk mengenakan cadar? Ya, istri dari almarhum Ustad Jeffri Al Buchori ini merasakan ada kenikmatan tersendiri baginya saat mengenakan cadaa, karena itulah hingga kini dirinya keterusan menggunakan cadar sambil meluruskan niatnya dalam bercadar.

Itulah 7 alasan wanita bercadar yang tidak ada hubungannya dengan paham radikal yang sering ditujukan kepada mereka. Semoga beberapa alasan ini bisa membuat kita paham dan menghargai keputusan mereka yang menutup diri dengan cadar atau niqab.

, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup