Inilah 10 Ciri-Ciri Generasi Z Alias Generasi Internet

Pada artikel sebelumnya telah dibahas ciri-ciri generasi milenial dan sifat generasi milenial yang lahir sebelum mereka. Dan kali ini akan dibahas ciri-ciri generasi Z yang dinamakan juga dengan Igeneration atau generasi internet. Generasi ini hidup di masa perkembangan teknologi semakin pesat. Sedari kecil gadget canggih sudah ada dalam genggaman mereka sehingga sangat mengenal berbagai produk digital dan jaringan internet. Boleh dibilang mereka lebih baik dalam urusan teknologi. Adapun ciri-ciri generasi Z menurut riset adalah sebagai berikut.

  1. Lahir sebagai generasi digital.

Lahir disaat internet sudah menjadi bagian dalam kehidupan manusia membuat generasi Z sangat mengenal gadget dan internet dengan sangat baik. Mereka tahu cara mengoperasikan berbagai jenis gadget yang ada. Smartphone, laptop, tabled dan gadget lainnya menjadi suatu kebutuhan yang harus dimiliki bagi generasi Z ini. Tanpa menempuh pendidikan khusus mereka tahu dengan baik tentang berbagai teknologi yang hadir dizamannya. Mereka juga mampu memahami perkembangan teknologi dengan cepat.

  1. Dunia maya adalah dunianya.

Keseharian generasi Z selalu terhubung dengan internet dan dunia maya. Tak peduli pagi, siang, malam bahakan sebelum tidur ia akan mengakses internet. Di tempat nongkrong, sekolah, pusat perbelanjaan dan keramaian, tempat kerja, liburan dan dimana saja berada mereka selalu mengakses internet. Seakan mereka hidup di dua dunia. Dunia maya menjadi rumah kedua bagi mereka dalam bersosialisasi, berbagi pengalaman dan bermain game. Dari pola hidup yang demikianlah membuat mereka dinamakan sebagai generasi internet.

  1. Lebih mandiri dalam hidup.

Mereka cenderung lebih mandiri dan cepat belajar hal-hal baru dengan sendirinya tanpa harus didikte. Mereka tahu cara membuat keputusan yang tepat dalam hidupnya. Mereka juga lebih senang untuk tidak bergantung kepada orang lain dan berusaha untuk hidup mandiri dengan kemampuannya.

  1. Memiliki rasa toleransi yang tinggi.

Generasi Z memiliki rasa toleransi yang tinggi terhadap keberagaman genre, budaya, ras dan perbedaan lainnya. Mereka menerima semua itu dengan tangan terbuka dan menghormati setiap perbedaan itu. Tidak akan masalah bagi mereka hidup dalam lingkungan yang penuh dengan keberagaman. Namun sikap terbuka dan penuh toleransi ini membuat mereka cenderung terjerumus pada kenakalan anak jaman sekarang, seperti yang telah kita lihat banyaknya akibat pergaulan bebas di kalangan remaja.

  1. Pribadi yang serba cepat dan to the point.

Ingin segalanya selesai dengan cepat, tidak berbelit apalagi bertele-tele adalah ciri-ciri generasi Z. Mereka suka sesuatu yang cepat, praktis dan instan. Mereka tidak menyukai sebuah proses yang menghabiskan banyak waktu. Mereka lahir menjadi pribadi yang gercep alias gerak cepat.

  1. Mampu mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus.

Kehebatan generasi Z adalah mereka itu terlahir dengan kemampuan multitasking. Mampu mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus dalam satu waktu. Bayangkan saja mereka mampu menonton, berselancar di internet, makan dan mengerjakan pekerjaan lain sekaligus. Hal yang demikian tidak akan merusak fokus mereka. Boleh dibilang mereka lebih efisien dalam bekerja.

  1. Individualis dan egosentris.

Kelemahan mereka adalah cenderung menjadi pribadi yang mementingkan diri sendiri dan tidak mau menghargai dan melihat sudut pandang orang lain. Mereka lebih percaya diri dengan diri sendiri ketimbang memperhitungkan pendapat dan penilaian orang lain. Sikap yang demikian terjadi karena mereka lebih sering berinteraksi dengan gadget. Untuk itu generasi Z sepertinya harus tahu cara menghilangkan sifat egois dalam diri mereka.

  1. Pola pikir lebih terbuka namun kritis dan mendetail.

Mereka lebih terbuka untuk banyak hal. Mereka tidak terlalu mempermasalahkan segala sesuatunya. Namun mereka terkadang mereka lebih kristis dalam menyikapi berbagai isu dan berita yang terjadi. Ini karena mereka bisa dengan mudah mencari dan mendapat informasi dari internet dari berbagai sumber di seluruh dunia.

  1. Ambisius dan berekspetasi tinggi terhadap sesuatu.

Generasi Z lebih ambius dalam mencapai tujuannya. Mereka terbilang optimis dalam menjalani hidup menuju kesuksesan. Mereka juga memiliki ekspetasi yang tinggi terhadap sesuatu namun akan segera berpaling ketika mendapati ekpetasinya itu ternyata tak sesuai harapan.

  1. Suka dengan penghargaan.

Mereka suka akan penghargaan dan pengakuan atas apa yang telah mereka kerjakan. Mereka ingin semua orang tahu dan mengakui semua kerja keras dan usaha yang telah berhasil ia raih dan kerjakan dengan baik. Hal itu akan menjadi pendorong bagi semangat mereka untuk menjadi lebih baik kedepannya.

Itulah 10 ciri-ciri generasi Z alias generasi internet. Menganggap gadget sebagai kebutuhanlah yang menjadi penyebab kecanduan gadget pada generasi ini. Sementara dampak buruk game online tidak hanya mengintai generasi Z namun juga generasi milenial. Salah satu cara mengatasi dampak negatif game online adalah dengan lebih mengurangi aktifitas di dunia maya.

, ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup