10 Cara Mengatasi Dampak Negatif Game Online Bagi Pelajar

Bermain game online sangatlah menyenangkan. Di zaman sekarang, bermain game online sudah dianggap hal yang biasa seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Akan tetapi, keseringan dalam bermain game online menimbulkan masalah yang cukup serius terutama untuk anak-anak.

ads

Beberapa hal negatif seperti kecanduan, penurunan kesehatan, malas, dan beberapa dampak buruk lainnya akan selalu mengintai anak-anak. Namun janganlah khawatir! Jika kita bisa menetahui cara mengatasinya, niscaya anak-anak kita maupun kita sendiri sebagai orang dewasa bisa terhindar dari dampak buruk game online. Berikut adalah 1o cara mengatasi dampak negatif terhadap game online.

     1. Cobalah Untuk Berubah dari diri sendiri

Jika ingin terlepas dari game online, mulailah dari diri sendiri. Buatlah keyakinan yang kuat di dalam diri Anda untuk tidak bermain lagi game online. Mungkin awalnya akan sulit, namun jika sungguh-sungguh pasti bisa dijalani dengan baik.

     2. Buatlah Jadwal Secara Teratur

Bagaimana jika masih ingin bermain game online? Buat saja jadwalnya kapan harus bermain game online, kapan harus mengerjakan tugas atau kapan harus istirahat. Dengan pembagian menggunaan jadwal ini, maka Anda atau anak-anak tidak akan ada yang tertinggal pelajaran atau tugas. Bahkan, kesehatannya pun juga terjaga dengan baik.

     3. Cari Kegiatan Lain yang Positif

Salah satu cara agar terhindar dari damapk negatif game online adalah denagn mencari kegiatan baru. Kegiatan baru itu bisa dilakukan di dalam maupun di luar rumah. Tentu saja kegiatan baru ini harus bernilai positif, contohnya olahraga, membaca buku, ikut kegiatan sosial, atau bersih-bersih. Bisa dipastikan hal-hal tersebut bisa mengurangi ketergantungan pada game online.

     4. Perbanyaklah Ibadah

Setiap manusia yang beriman akan selalu ingat dengan tuhannya. Dengan memperbanyak ibadah, dia akan selalu terhindar dari malapetaka, termasuk dalam menyembuhkan pengaruh buruk game online. Usahakan memperbanyak juga doa-doa dan kegiatan yang berhubungan dengan keagamaan.

    5. Carilah Banyak Teman

Manusia adalah makhluk sosial. Pada umumnya pemain game online adalah orang-orang yang kesepian dan kurang banyak teman. Perbanyaklah mencari teman. Pelajarilah cara mudah bersosialisasi dengan orang lain. Berhubungan lagi dengan teman-teman yang sempat Anda tinggalkan karena lebih banyak bermain game online.

     6. Rencanakan Target Hidup

Salah satu cara mengatasi dampak negatif game online adalah ini. Dengan merencanakan target hidup maka dia akan tahu arah hidupnya. Contohnya, pada umur 25 tahun, saya harus memiliki penghasilan tetap, atau pada umur 30 tahun saya sudah memiliki rumah, kendaraan, dan berkeluarga.


Target-target seperti contoh tersebut membuat kita akan lebih sibuk melakukan kegiatan untuk mencapai target yang diinginkan. Sehingga, kita akan menganggap bermain game online malah akan menghabiskan waktunya untuk mencapai target impiannya. Dengan begitu, keinginan untuk bermain game online akan memudar.

     7. Kurangi Ajakan Teman yang Sering Bermain Game Online

Nah, ini sering terjadi. Jika teman kita mengajak bermain game online, tolak saja. Mungkin Anda akan merasa tidak enak apalagi teman tersebut sangat dekat. Akan tetapi dengan mengindari ajakan teman tersebut maka Anda akan terbebas dari dunia game online. Meskipun Anda hanya melihat-lihat teman Anda bermain saja, tetapi rayuan teman Anda bisa menyebabkan Anda akan kembali bermain game online.

     8. Awasi Gadget Anak Anda

Ini untuk Anda yang sudah mempunyai Anak. Dampingilah Anak Anda saat memegang Handphone atau Gadget. Dengan mendampingi anak, Anda dapat mengawasi secara langsung kegiatan si Anak ketika sedang memegang gadget. Akan jauh lebih baik jika Anda tidak memberikan gadget kepada anak. Namun Jika Anda tetap ingin memberikan gadget kepada anak, pastikan untuk memutuskan jaringan internet pada Gadget sehingga si anak tidak punya kesempatan mengakses game online.

     9. Banyak-Banyaklah Berkomunikasi di Dalam Keluarga

Selain karena kesepian seperti pada poin ke-5, lingkungan keluarga pun juga berpengaruh. jarangnya komunikasi di dalam rumah dan para penghuni rumah lebih banyak menghabiskan waktu di layar ponsel ataupun gadget membuat pelampiasan ke game online semakin besar. Simpanlah gadget atau ponsel Anda. Ajaklah anak bermain sesuai usianya. 


Jika anak Anda seorang remaja, cobalah tanyakan apa yang terjadi di sekolah, bagaimana lingkungan sekolah, apa saja yang dipelajari pada saat sekolah, dll. Niscaya kegiatan seperti itu adalah salah satu cara mengatasi masalah dengan orang tua sekaligus juga mengurangi si anak untuk bermain game online.

     10. Perketat Uang Jajan Anak.

Ini sering terjadi pada anak yang sering ke warnet untuk bermain game online. Jika si anak selalu sering meminta uang jajan, tanyakanlah untuk apa uang jajan tersebut. Kalaupun si anak beralasan untuk tugas sekolah, dia harus bawa bukti bahwa si anak memang benar-benar mencari tugas sekolah misalnya. Jauh lebih baik jika Anda hanya memberikan uang jajan pas-pasan sehingga membuat kesempatan si anak bermain game online di warnet menjadi sulit.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi dampak negatif bermain game online. semoga tips ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.

, ,
Oleh :
Kategori : Hobi