Inilah 9 Penyebab Rasa Malas dalam Diri

Setiap orang pasti pernah dihinggapi rasa malas ini. Malas dalam bekerja, malas dalam belajar dan malas dalam beraktivitas. Kamu yang malas bangun di pagi hari harus tahu cara mengatasi malas bangun pagi agar bangun kesiangan tidak menjadi kebiasaan. Rasa malas bisa datang kapan saja yang membuat tubuh ini terasa begitu berat untuk mengerjakan sesuatu. Pada hari libur tidaklah masalah untuk bermalas-malasan dimana kita punya banyak waktu untuk memanjakan diri. Tapi bagaimana jika rasa malas ada terus-terusan? Tentu akan sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari dan membuat semua energi kita terasa hilang. Ketahui cara menghilangkan rasa malas dan kantuk yang sering datang ditengah aktivitas yang sedikit membosankan.

Ada banyak hal yang menjadi penyebab rasa malas datang pada kita. Dan salah satu tips mengatasi rasa malas yang berlebihan adalah dengan mengetahui terlebih dahulu penyebab rasa dari rasa malas tersebut. Setelah mengetahui penyebabnya baru kita bisa mengeksekusinya satu persatu. Apa saja penyebabnya? Simak yuk.

  1. Malas karena terbiasa dan menikmatinya.

Ya, memang karena terbiasa bermalasanlah maka diri kita ini menjadi semakin malas dan malah terasa menikmatinya. Kamu merasa kebiasaan malas kamu telah menjadi sesuatu yang wajar. Padahal malas adalah suatu kebiasaan buruk yang tidak boleh dibiarkan karena bisa menurunkan kualitas hidup seseorang dan membuat kita menjadi tidak memiliki semangat dalam hidup. Hidup juga menjadi berantakan tak terarah.

  1. Tidak ada tujuan hidup yang jelas.

Orang yang kebanyakan malas dalam hidupnya biasanya ia tidak memiliki tujuan hidup yang jelas. Ia hanya berpikir untuk menjalani hidup saja tanpa memiliki target yang ingin dicapainya. Sehingga ia hanya akan menjalani hidup apa adanya sesuai jalan yang ia tempuh sekarang. Itulah yang menyebabkan rasa malas dalam diri sendiri. Ketahui tujuan hidup menurut Islam agar kamu bisa menentukan tujuan hidupmu di masa depan.

  1. Hidup kurang motivasi.

Dalam hidup ini kita membutuhkan motivasi agar lebih semangat dalam menjalaninya. Cara memotivasi diri itu banyak sekali, ada yang datang dari dalam diri, orang tua, keluarga, teman, sahabat, pasangan hidup dan juga bisa dari lingkungan. Tapi jika kita hidup namun tidak bisa memotivasi diri sendiri maka diri ini akan kebanyakan malasnya karena tidak ada yang diharapkan dan diinginkan. Cobalah motivasi diri dan ketahui cara menjadi pribadi yang lebih baik.

  1. Tidak disiplin dalam hidup.

Tidak disiplin bisa menjadi penyebab rasa malas datang padamu. Seperti, jika kamu tidak disiplin dan melewatkan jam tidur begitu saja hingga tidur kemalaman, maka di pagi hari kamu akan bangun dengan rasa kantuk yang membuat diri kamu menjadi tidak fit dan tidak semangat dalam memulai aktivitas. Itulah yang membuat rasa malas bisa menyerang kamu. Oleh karena itu mulai lah untuk disiplin dengan waktu untuk mengatur kehidupanmu agar lebih baik.

  1. Terlalu pasrah dalam hidup.

Sikap pasrah juga tidak terlalu bagus untuk diri sendiri. Kenapa? Kalau selalu pasrah dalam menjalani hidup berarti nggak ada usaha sama sekali dong? Sehingga mendorong diri kita untuk menjadi malas karena setiap kali ada kendala yang membutuhkan sedikit usaha dari kita, kitanya malah memilih untuk pasrah aja.

  1. Kurangnya kesadaran diri.

Mungkin kita menjadi malas karena kita kurang sadar dengan siapa diri kita, apa mau kita dan apa kewajiban kita saat ini. Akan tetapi jika kita tahu sipa diri kita ini dan tahu apa yang kita mau dan sadar dengan kewajiban kita tentu kita akan tergerak untuk melakukan apa yang seharusnya kita lakukan.

  1. Kondisi fisik yang kurang fit.

Kondisi fisik dan kesehatan juga bisa menjadi penyebab kita jadi merasa malas utnuk beraktivitas. Tubuh yang terasa kurang fit akibat kesehatan yang menurun membuat kita menjadi tidak semangat, gampang lelah dan tidak fokus. Jadi memelihara kesehatan dan menjaga waktu istirahat itu sangatlah penting. Kamu bisa mengikuti tips gaya hidup sehat agar kamu bisa selalu fit dan jauh dari rasa malas.

  1. Ketertarikan berlebihan terhadap sesuatu.

Saking tertariknya terhadap sesuatu kita bisa menjadi malas untuk melakukan kegiatan lain seperti kecanduan menonton film, bermain game dan gadget, kecanduan komik dan hal lainnya yang membuat diri kita sulit untuk meninggalkan kegiatan tersebut sehingga malas untuk melakukan hal-hal lain jika tidak mendesak.

  1. Terlalu banyak makan dan ngemil.

Kebiasaan makan dan ngemil juga bisa membuat kita malas loh kalau mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Setelah makan begitu kenyang rasa kantuk akan datang beriringan. Akibatnya adalah kita menjadi malam untuk kembali beraktivitas dan memilih untuk tidur sejenak yang akhirnya malah kebablasan. Cukup makan sekedarnya untuk menghindari rasa malas datang. Selain itu kebanyakan makan bisa menimbulkan penyakit untuk tubuh.

Itulah 9 penyebab rasa malas yang sering datang dalam keseharian kita. Hindari dan atasi faktor penyebab di atas kalau kita tidak ingin terperangkap dalam sifat pemalas. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup