12 Cara Melatih Anak Menulis Cepat dan Rapi di Rumah

Anak yang baru saja mengenal huruf dan angka harus dibiasakan dilatih untuk membaca dan menulis semua huruf dan angka itu dengan baik dan benar. Membaca, menulis dan mengenal huruf dikenalkan kepada anak beriringan. Biasanya mengenal bentuk abjad merupakan langkah awal yang di dahulukan dari pada membaca dan menulis. Setelah mengenal semua huruf dan angka baru anak dilatih untuk mengeja, membaca dan menulis. Bagaimana cara mendidik anak usia 6 tahun ke atas dalam melatihnya menulis cepat dan rapi agar tulisannya tidak seperti cakar ayam? Berikut cara yang bisa diterapkan dirumah oleh orang tua.

ads
  1. Perhatikan cara anak memegang pensil, apa sudah benar?

Benar atau tidaknya cara anak memegang sebuah pensil sangat berpengaruh pada bentuk tulisan dan kemudahan bagi si anak dalam belajar menulis. Kalau cara memegangnya salah dan tidak tepat bisa membuat si anak merasa tidak nyaman dan bisa-bisa tangannya malah menjadi sakit saat berlatih menulis. Jadi sangat penting untuk memberikan contoh memegang pensil yang tepat pada anak.

  1. Mulailah membentuk huruf dan angka.

Setelah anak bisa memegang pensil secara benar latihlah anak untuk menulis huruf dan angka satu persatu. Bisa dengan menulis huruf A sebanyak mungkin hingga anak bisa menulisnya kebentuk yang sempurna dan rapi. Lakukan juga langkah ini untuk semua huruf dan angka.

  1. Perhatikan juga cara anak dalam membentuk huruf.

Lihatlah bagaimana anak membuat huruf A besar dan a kecil. Mulai dari titik awal ia membentuk hingga akhir. Jika caranya kurang tepat berikan contoh secara perlahan bagaimana memulai membuat huruf tersebut sehingga anak tidak merasa bingung dari mana ia harus memulai.

  1. Merangkai huruf.

Setelah anak bisa menulis semua huruf dengan bentuk yang sempurna, selanjutnya mulailah untuk melatih anak merangkai huruf dan angka dalam beberapa kata dan mintalah ia menulisnya dengan rapi.

  1. Latihan menulis di buku tulis.

Selanjutnya mintalah anak untuk berlatih menulis dalam buku tulis. Minta anak untuk menulis tepat di atas garis dan tidak boleh keluar dari garis yang telah ada. Terus berikan latihan pada anak hingga tulisannya benar-benar terlihat rapi dan tidak berantakan.

  1. Latihan setiap hari.

Agar anak bisa menulis dengan cepat dan benar harus di adakan latihan menulis setiap hari. Hal ini akan meningkatkan kemampuan anak dalam menulis dan merapikan tulisannya. Jika anak tampak malas ketahui cara mengatasi anak malas belajar.

  1. Mintalah anak untuk menghasilkan tulisan yang rapi.

Jika anak telah lancar menulis, mintalah anak untuk merapikan tulisannya. Berikan contoh tulisan yang bagus, rapi dan enak dibaca sehingga anak tahu bagaimana bentuk tulisan yang rapi.

  1. Semangati dengan hadiah.

Salah satu cara memotivasi anak bisa dengan menjanjikan sebuah hadiah jika ia bisa menyelesaikan tugas dengan benar. Berikan hadiah ketika ia telah berhasil menghasilkan tulisan yang benar-benar rapi. Hal ini bisa dilakukan dalam sebuah permainan kompotensi bersama teman sebayanya agar anak lebih semangat ketika ada saingannya.


  1. Berikan pensil berwarna agar lebih menatik minat anak untuk menulis.

Anak-anak sangat senang dengan warna-warna yang menarik dan mencolok. Untuk itu berikan juga kebebasan pada anak untuk menulis dengan warna yang ia sukai. Tentu saja sebagai orang tua kita harus memfasilitasi anak dengan pensil warna dan peralatan belajar lainnya yang bisa membuat anak lebih betah untuk belajar. Tips ini juga bisa dijadikan sebagai cara mengajari anak yang tidak fokus dalam menulis dengan menarik perhatiannya dengan pensil berwarna.

  1. Berikan penilaian untuk kerapihan tulisan anak.

Tidak hanya guru disekolah yang bisa memberikan nilai, namun kita sebagai orang tua di rumah juga bisa memberikan penilaian untuk tugas menulis yang kita berikan. Sehingga anak tahu mana yang bagus mana yang tidak. Setiap anak tentu tidak ingin mendapat nilai yang jelek. Setiap penilaian bagus yang di dapat anak berikan pujian agar ia terus semangat untuk belajar.

  1. Perhatikan juga waktu anak belajar.

Jangan pula terus menyuruh anak belajar dan belajar hingga membuatnya jenuh karena tidak ada waktu untuk bermain baginya. Bermain bagi anak-anak bisa menghilangkan kejenuhan dan kebosanan mereka dan mereka pun juga membutuhkan hal itu. Penting juga untuk mengetahui cara melatih konsentrasi anak 7 tahun dalam belajar.

  1. Ajari anak dengan sabar.

Beruntung jika anak bisa menangkap pelajaran dengan cepat. Namun bagi anak yang lemah dalam belajar membutuhkan waktu lama dari anak lain hingga ia benar-banr memahami. Oleh karena itu kita harus sabar dan jangan memarahinya atas keterlambatannya dalam menerima pelajaran. Bisa-bisa anak makin tertekan setiap kali harus belajar dengan kita sehingga ia menjadi stres saat belajar dengan kita. Hal ini justru akan membuat anak menjadi makin sulit dalam memahami pelajaran. Beri tahu juga anak tentang apa kewajiban anak dirumah.

Demikianlah cara melatih anak menulis cepat dan rapi di rumah yang bisa dilakukan orang tua. Sangat perlu bagi orang tua untuk mengetahui cara menghadapi anak malas belajar menulis karena peran orang tua dalam mendidik anak sangatlah dibutuhkan.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Anak Anak