7 Cara Meningkatkan Kecepatan Membaca

Sistem informasi di dunia bergerak secara dinamis dengan banyaknya media cetak ataupun elektronik yang dijumpai sehari-hari. Dengan banyaknya informasi yang bisa ditemukan melalui jenis media apapun itu, memaksa kita untuk mengabaikan satu bacaan menuju ke bacaan lain karena saking banyaknya bacaan yang harus diselesaikan. Pada akhirnya, buku atau karya lainnya yang seharusnya telah selesai dibaca, tidak lagi diselesaikan akibat telah ada bacaan lain yang menanti. Hal ini akan terus berlanjut jika anda belum juga mengubah cara membaca anda.

Terutama bagi anda yang memiliki banyak sekali daftar bacaan mulai dari buku majalah atau mungkin email dan surat yang belum terbaca, tentu mengubah cara membaca anda menjadi satu pilihan yang tepat. Kebutuhan manusia akan bacaan terlebih jenis bacaan yang bermutu semakin hari akan semakin banyak. Terlebih bagi para penggemar buku maka bacaan adalah teman sehari-hari yang harus ditaklukkan dan ini merupakan hobi yang cocok untuk wanita. Untuk inilah diperlukan teknik membaca cepat yang tepat supaya informasi dari buku bisa anda dapatkan lebih banyak.

Tujuan Membaca Cepat 

Tujuan membaca cepat adalah cara membaca secara efektif dengan mencari informasi konkrit dari buku sebanyak-banyaknya dengan relatif waktu yang singkat. Pada dasarnya tingkat cepat lambatnya membaca seseorang, tidak terlalu penting. Yang penting adalah pemahaman seseorang terhadap buku yang dia baca. Percuma membaca cepat namun inti dari buku sendiri tidak bisa dipahami bukan?

Menjadi pembaca yang baik adalah dengan cara membaca dengan cepat namun juga mampu menangkap apa isi bacaan. Hal ini bisa terwujud jika kita mau berlatih membaca cepat secara rutin. Ada beberapa strategi membaca cepat yang bisa anda pelajari untuk membantu cara membaca anda supaya lebih terlatih dan berhasil dengan baik.

Berikut ini adalah Cara meningkatkan kecepatan membaca yang bisa anda lakukan untuk melatih cara baca anda tiap hari:

1. Hindari cara baca kata demi kata

Cara membaca satu demi satu kata tentu tidak efektif dan malah membuang-buang waktu saja. Hindari cara baca yang tidak efektif ini dan mulailah membaca dengan cara menggerakkan mata dari satu fiksasi menuju ke titik fiksasi yang lain. Selanjutnya, anda bisa berhenti sejenak dan melompat ke titik fiksasi yang tertulis berikutnya. Latih diri anda untuk membaca dengan cara membaca sekumpulan kata sekaligus. Membaca cepat dengan cara membaca sekumpulan kata mampu menambah prestasi waktu sekaligus menambah banyaknya informasi yang mampu diserap oleh otak.

Lakukan kebiasaan membaca kumpulan kata setiap hari dan hilangkan kebiasaan membaca kata demi kata. Saat anda sering berlatih tentu kemampuan anda akan meningkat dengan sendirinya dan merupakan cara agar tidak mengantuk saat belajar.

2. Cari kata kuncinya

Dalam menentukan kata kunci pada sebuah paragraf, anda harus senantiasa memperhatikan kata kuncinya. Kata kunci mampu menerangkan keseluruhan isi bacaan sehingga membuat anda bisa mengerti dan paham akan jalur bacaan yang tengah anda baca. Mencari kata kunci tentu dilakukan dengan cara mencari kata terpenting dalam sebuah bacaan. Mengetahui kata kunci mampu memberikan ada gambaran tersendiri bagi otak anda.

3. Abaikan kata tidak penting

Pada sebuah bacaan, tentu ada kalimat atau bahkan kata-kata yang tidak penting. Jenis kata atau kalimat ini merupakan jenis kata dan kalimat yang harus dihindari. Hal ini memiliki kaitan yang erat dengan informasi fokus atau kalimat kunci. Seseorang yang lebih sering berlatih, dengan sendirinya, mereka akan menjadi lebih mudah dalam mengabaikan kata yang tidak penting. Kata-kata semacam itu hanyalah sebagai pelengkap kata ataupun penjelas untuk membuat sebuah kalimat bacaan menjadi lebih mengalir. Namun sebenarnya tidak memiliki arti yang cukup penting untuk diperhatikan.

4. Jangan mengulang-ulang kalimat

Kebiasaan yang seringkali menghambat seseorang mengalami kemajuan dalam cara baca mereka adalah cara membaca yang diulang-ulang. Membaca diulang-ulang, umumnya terjadi karena seseorang kurang mampu memahami arti kalimat yang tengah dibaca. Alhasil mereka akan membacanya berulang-ulang hingga paham secara mendetail terkait informasi di dalamnya.

Kebiasaan membaca yang diuang- ulang juga biasa dilakukan untuk meyakinkan diri sendiri apakah yang dibaca tadi memang bermaksud demikian atau tidak. Bukan hanya mengulang membaca kata per kata, namun ada beberapa orang yang gemar membaca kalimat berulang. Tidak heran jika waktu anda akan semakin boros jika kebiasaan ini tidak segera dihilangkan.

5. Hindari terlalu banyak berhenti

Banyak orang yang terkadang berhenti agak lama saat membaca bagian akhir dari suatu bab atau saat muncul bab yang baru. Berhenti lama saat membaca merupakan tindakan pemborosan waktu yang harus dihindari. Bukan hanya sebagai tindak pemborosan, namun hal ini juga memperlambat kita dalam memahami isi bacaan serta menggali informasi suatu bacaan. Kebanyakan berhenti juga membuat makna kalimat yang dibaca terlupakan.

Kebiasaan berhenti pada suatu kalimat juga seringkali dipengaruhi oleh kemampuan konsentrasi yang mudah terpecah. Saat konsentrasi kita buyar maka pemahaman terhadap isi bacaan akan sulit dilakukan.

6. Bangun alasan anda

Tahukah anda jika kemauan dari dalam diri merupakan hal yang penting? Tanpa adanya kemauan yang kuat, maka berlatih sekeras apapun, hasilnya tidak akan memuaskan. Berbeda saat anda membangun niat terlebih dahulu saat ingin melakukan sesuatu, maka tujuan atau hasil yang anda inginkan akan segera terlihat. Bagi anda yang menetapkan jumlah buku yang harus dibaca dengan tenggat waktu tertentu maka kemauan yang dibangun dari diri sendiri menjadi hal yang harus dibentuk terlebih dahulu.

7. Tingkatkan konsentrasi anda

Cara meningkatkan kecepatan membaca lainnya adalah dengan cara membangun konsentrasi. Kurangnya kemampuan fokus seseorang membuat seseorang menjadi ebih mudah lupa terhadap apa yang telah dibacanya. Alhasil, mereka harus mengulang-ulang apa yang telah dibaca hingga paham akan isi bacaan. Hal ini tentu memboroskan waktu dan tidak efektif dilakukan.

Fokus dalam bacaan, mudah dilakukan saat anda tidak tengah dalam suasana terburu-buru atau mungkin dikejar-kejar oleh hal lain. Dalam hal ini, diperlukan suasana membaca yang tenang dan nyaman. Berada dalam keramaian dengan banyaknya orang di sekitar yang berbicara, membuat konsentrasi anda menjadi terpecah. Alhasil pemahaman akan isi bacaanpun akan berkurang.

Ada banyak cara meningkatkan kecepatan membaca lebih cepat. Namun yang pasti adalah dengan cara berlatih. Dengan berlatih setiap hari, maka kemampuan anda akan semakin meningkat dengan sendirinya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Hobi