7 Bahaya Mobile Legend jika Kecanduan

Tidak ada yang salah dengan bermain game. Memainkan game di waktu luang atau pada waktu istirahat bisa sebagai pelepas stres dan juga sebagai pengobat rasa bosan yang terkadang datang menghampiri hari-hari kita. Karna itulah bermain game termasuk pada salah satu tips menghilangkan rasa bosan dan juga merupakan aktivitas yang dilakukan ketika bosan oleh kebanyakan orang.

Keseruan bermain game online bisa membuat seseorang menjadi kecanduan hingga lupa segalanya. Apalagi bisa bermain game bareng teman-teman seperti game Mobile Legend yang saat ini katanya menjadi game online no. 1 yang paling banyak di unduh dan dimainkan oleh para gamers. Belakangan ini banyak bermunculan opini yang mengatakan bahwa game Mobile Legend ini berbahaya untuk dimainkan dan memiliki sisi negatifnya. Apakah benar demikian?

Berbahaya atau tidaknya sebuah game itu tergantung dari kitanya sendiri dalam memainkannya. Jika kita menjadi kecanduan game akut hingga lupa segalanya dan terlalu berlebihan dalam menggemari game ini, tentulah berbahaya. Bahayanya bermain Mobile Legend bisa dilihat dari poin-poin berikut :

  1. Kecanduan game bisa mengganggu kesehatan.

Kecanduan game bisa membuat seseorang menjadi lupa waktu dan lupa diri. Seseorang bisa melewatkan waktu makan sehingga sering telah makan setiap harinya karena bermain game. Belum lagi keasyikkan bermain game hingga larut malam sehingga membuat waktu istirahat menjadi terganggu. Pada akhirnya akan mengganggu kesehatan dan menjadi mudah sakit.

  1. Remaja menjadi malas belajar dan prestasi menurun.

Dampak buruk game online ini banyak terlihat pada kalangan remaja dan pelajar yang masih belum tahu cara mengendalikan diri dan membagi waktu untuk bermain dan belajar. Kalau sudah malas belajar dan tidak fokus tentu saja nilainya akan turun. Bahkan akibat kecanduan game para remaja menjadi menghabiskan banyak waktunya untuk bermain dan bermain dan menjadi tidak fokus pada pelajaran dan sekolah yang seharusnya menjadi kewajibannya.

  1. Mata menjadi cepat rusak.

Terlalu lama terpapar radiasi dari layar gadget akan membuat mata menjadi rusak. Seperti yang kita ketahui kalau seseorang sudah kecanduan game maka setiap hari waktunya banyak habis untuk bermain sehingga sangat rentan membuat mata menjadi rusak.

  1. Gangguan emosi dan sangat mudah marah.

Kenapa bermain game bisa mengganggu emosi seseorang dan membuatnya menjadi tidak stabil? Ya, karena kalah dalam persaingan dalam bermain game dengan teman. Tanpa disadari game bisa membuat emosi seseorang naik turun jika ia sangat terobsesi pada game tersebut untuk bersaing dan menjadi pemenang. Terkadang kalah, terkada menang. Meski hanya sebuah permainan namun  membuat pecandunya menjadi uring-uringan sendiri kalau dikalahkan pihak lain.

  1. Malas melakukan kegiatan lain.

Kalau sudah bermain game seseorang akan menjadi sangat pemalas. Ia lebih memilih untuk terus bermain dan akan berhenti karena terpaksa jika ada sesuatu yang mendesak. Jika bisa ditunda ia akan menunda pekerjaan maupun hal lainnya. Kalau sudah begini sebaiknya ikuti tips mengatasi rasa malas yang berlebihan.

  1. Jadi kurang peduli dan menjadi orang yang cuek.

Saya pernah melihat seseorang yang kecanduan game online. Kesehariannya di isi dengan bermain game online. Ia menjadi tidak begitu peduli dengan siapa pun kalau sudah bermain game ini. Bahkan pacarnya sendiri sering terabaikan karena begitu fokusnya untuk bermain game. Sikap cuek dan tidak peduli karena game membuat seseorang seperti tidak menghargai kehadiran orang lain di sekelilingnya. Menghentikan game sejenak dan berinteraksi dengan orang yang berada di dekat kita termasuk pada cara menghargai orang lain. di sekitar kita. Begitulah kalau sudah kecanduan game, seseorang akan menjadi bersikap cuek dengan apa pun.

  1. Menjadi tidak suka berinteraksi dan kehilangan momen kebersamaan.

Bermain game onlline akan membuat pecintanya selalu mengisi waktu luang untuk bermain game dimana saja dan kapan saja. Selagi bisa membuka gadget ia akan mulai bermain game. Kalau sudah begitu maka tidak ada waktu untuk berinteraksi dengan orang lain baik karena saking fokusnya bermain. Suatu hal yang merugikan bukan jika kita berada di tempat umum atau berkumpul dengan teman dan keluarga namun masih memilih untuk bermain game dari pada bercengkrama dengan mereka. Hal ini akan membuat kita menjadi kehilangan momen kebersamaan dan kehangatan dengan orang terdekat.

Itulah penjelasan mengenai bahaya Mobile Legend jika tidak bisa mengontrol keinginan untuk bermain game dan menjadi kecanduan. Sebaiknya ketahui cara mengendalikan diri agar bisa mengurangi kecanduan bermain game.

Jadi sudah tahukan kenapa bermain game itu bisa bahaya? Untuk menghindarinya kita hanya perlu menguasai diri sendiri dan bisa memanajemen waktu dengan baik. Tahu waktu untuk bermain game, bekerja, belajar dan berhenti bermain game.

 

 

 

, ,
Oleh :
Kategori : Hobi