15 Cara Bersikap Dewasa Dalam Kehidupan Sehari Hari yang Paling Benar

Manusia adalah makhluk sosial, dimana manusia tidak dapat hidup sendiri dan selalu membutuhkan bantuan orang lain. Disetiap lingkungan, baik di dalam keluarga dan di dalam masyarakat, manusia akan selalu memerlukan bantuan orang lain. Akan tetapi, terlalu ketergantungan bukanlah hal yang baik. Karena jika terlalu tergantung, maka kita dapat menjadi orang yang manja dan tidak mampu mandiri. Saat terjun ke dalam masyarakat, kemampuan bertahan hidup sangat diperlukan. Mengingat hidup di dalam masyarakat memerlukan banyak perjuangan. Untuk dapat bertahan di dalam lingkungan masyarakat dibutuhkan jiwa yang matang dan sikap yang dewasa. Sikap dewasa tidak dilihat dari seberapa tua umurnya, melainkan melalui sifat dan sikapnya dalam merespon berbagai kejadian di dalam masyarakat. Usia boleh tua, akan tetapi belum tentu orang yang tua mampu bersikap dewasa. Lalu bagaimana caranya agar kita dapat bersikap dewasa dalam kehidupan sehari- hari? Berikut ini cara agar dapat bersikap dewasa.

ads

1. Tenang

Orang yang dewasa adalah orang yang dapat berpikir tenang dalam berbagai situasi. Tidak panik saat ada masalah serta tidak langsung emosi saat ada yang membuat kesal. Cara menjadi tenang adalah dengan belajar cara bersikap sabar dalam segala hal, sehingga orang dewasa akan berusaha berpikir sebelum berbuat. Orang yang dapat bersabar, maka ia juga tidak akan panik saat mendapatkan kejadian yang tidak terduga.

2. Tidak Mudah Emosi

Cara menjadi orang dewasa berikutnya adalah dengan berusaha mengontrol emosi. Hal ini karena orang yang dewasa, tidak akan mudah dipermainkan oleh emosinya. Tetapi lebih berpikir dengan perasaan yang tenang. cara meredam emosi diri  yang baik adalah, dengan selalu tenang dalam segala situasi, dan tidak mudah terprovokasi. Banyak netizen yang suka memaki atau berkomentar buruk di sosial media, dikarenakan kekurangan kedewasaan diri dalam mengontrol emosi.

3. Tidak Sombong

Salah satu cara menjadi dewasa yang lain adalah tidak sombong. Orang sombong akan mudah untuk puas dengan pencapaian yang dia raih. Hal itu menyebabkan orang yang sombong tidak akan pernah dewasa. Dengan menjauhi ciri ciri orang sombong dan angkuh, maka kita telah mulai belajar bagaimana caranya untuk selalu berusaha menjadi yang terbaik, tanpa perlu memamerkan harta yang dimiliki. Selain itu, orang yang dewasa, tidak akan cepat puas dan bangga dengan apa yang dimiliki. Tetapi akan terus menjadi lebih baik dengan cara yang positif.

4. Tidak Angkuh

Salah satu cara menjadi dewasa yang lain adalah dengan tidak angkuh. Ciri ciri orang angkuh dan cara menghadapinya adalah tidak mau mendengarkan saran orang lain, dan selalu menganggap dirinya benar. Orang yang angkuh adalah orang yang tidak dewasa. Karena cara menjadi orang dewasa adalah, ia mampu menerima berbagai kritik yang diberikan. Selain itu ia juga bersedia menerima saran dan masukan dari orang lain yang dia anggap mampu memberikan dampak positf pada dirinya sendiri.

5. Tidak Egois

Cara menjadi dewasa dalam kehidupan sehari hari yang lain adalah, dengan tidak egois. Orang yang dewasa, akan mampu memilah kepentingan mana yang mendesak, dan kepentingan mana yang bisa di tunda. Tidak egois adalah salah satu cara agar kita dapat menjadi dewasa. Cara menghilangkan sifat egois diri sendiri  adalah dengan tidak menjadikian diri sendiri sebagai yang utama. sedangkan ciri orang sombong adalah ia tidak mampu memilih kepentingan mana yang utama, dan selalu memikirkan dirinya sendiri. Oleh karena itu, orang yang egois tidak akan pernah menjadi dewasa.


6. Selalu Berusaha Memperbaiki Diri

Cara menjadi dewasa berikutnya adalah dengan selalu bercermin pada diri sendiri. Orang yang dewasa akan mau mengakui kesalahannya, dan bersedia untuk memperbaiki diri, dengan cara merubah diri menjadi lebih baik. Orang yang tidak dewasa tidak akan mampu melihat kesalahan diri sendiri, melainkan selalu melihat kesalahan orang lain. Untuk menjadi dewasa, dibutuhkan kemampuan untuk mau mengoreksi dirinya sendiri.

7. Berkomitmen

Orang dewasa akan bersedia untuk berkomitmen. Komitmen yang dimaksud adalah, apa yang sudah ia janjikan pasti akan ditepati. Termasuk dalam sebuah hubungan. Salah satu cara agar dapat menjadi dewasa, adalah dengan memperlakukan kekasih sebaik mungkin. Serta tiak mengumbar janji- janji manis kepada pasangan. Seseorang yang telah dewasa, tidak akan mau lagi bermain- main dalam sebuah hubungan. Ia akan mencari hubungan serius yang memiliki keseriusan dalam hubungan kedepannya. Selain itu, menjadi seorang yang dewasa, berarti dia siap menepati janji yang telah ia buat., dan itu adalah ciri orang yang setia.

8. Mandiri

Mandiri adalah salah satu cara menjadi dewasa. Tidak terlalu mengandalkan orang lain, serta tidak terlalu bergantung dengan orang lain. Setiap manusia memang membutuhkan orang lain. Akan tetapi kebutuhan tersebut harus berada pada taraf yang wajar. Saat sebuah masalah bisa diselesaikan sendiri, kenapa harus meminta bantuan orang lain? Mandiri juga mampu membuat seseorang memiliki kemampuan bertahan hidup pada persaingan dalam masyarakat. Mendidik anak untuk  mandiri dapat di lakukan sejak dini. Dengan cara mendidik anak usia 9 tahun agar mandiri.

9. Dapat Dipercaya

Seseorang yang dapat dipercaya adalah salah satu cara untuk menjadi dewasa. Seseorang yang telah dewasa akan memegang teguh amanah yang sudah diberikan. Sehingga ia sangat mudah untuk dipercaya. Cara menjadi orang yang amanah adalah dengan selalu memegang janji yang sudah di pegang. Selain itu, melakukan tugas dengan baik adalah salah satu ciri orang yang dapat dipercaya, dan itu adalah cara menjadi dewasa

10. Bertanggung Jawab

Cara menjadi orang dewasa berikutnya adalah memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Orang yang tidak dewasa tidak akan memiliki tanggung jawab, sehingga sangat mudah lepas dari masalah, tanpa mau bertanggung jawab. Merubah diri sendiri menjadi pribadi yang bertanggung jawab adalah cara melatih diri untuk menjadi dewasa. Dalam kehidupan sehari- hari tanggung jawab sangat diperlukan untuk menciptakan kedisiplinan diri. 


11. Selalu Menilai Dari Berbagai Sudut Pandang

Menjadi dewasa berarti mampu menilai masalah dari berbagai sudut pandang. Hal ini karena orang yang dewasa tidak akan cepat panik, dan cepat mengambil kesimpulan. Cara belajar menilai masalah dari berbegai sudut pandang adalah dengan berusaha melihat apa yang ada di balik masalah tersebut. Bagaimana jika sudut pandang masalah di ubah ke arah yang berbeda, apa yang akan terjadi. Dengan berpikir sebelum bertindah, maka itulah cara menjadi dewasa.

12. Memiliki Pendirian Teguh

Cara bersikap dewasa berikutnya adalah dengan memiliki pendirian yang teguh. Seseorang yang telah dewasa, akan memiliki prinsip yang jelas, dan tidak dapat digoyahkan. Agar dapat menjadi dewasa, seseorang harus memiliki prinsip hidup yang jelas, sehingga tidak mudah untuk di adu domba dengan orang lain. Cara memiliki prinsip dapat dilakukan dengan menambah banyak ilmu pengentahuan melalui berbagai macam sumber yang terpercaya dan memiliki nilai positif.

13. Memiliki Visi dan Misi

Memiliki visi dan misi yang jelas juga adalah salah satu cara agar menjadi dewasa. Seseorang yang memiliki tujuan hidup yang jelas, akan sangat mudah untuk melangkah maju, karena sudah memiliki pandangan mau kemana. Dalam kehidupan sehari- hari, visi dan misi sangat dibutuhkan sebagai tujuan masa depan yang ingin diraih, sehingga saat berjalan maju, tidak jalan sembarangan.

14. Berkata Dengan Hati- Hati

Cara bersikap dewasa berikutnya adalah, jika berkata selalu berhati- hati. Ada beberapa orang yang suka berkata tanpa memperhatikan perasaan lawan bicara. Ada juga yang suka berkata sembarangan tanpa tau duduk permasalahannya. Orang yang sudah dewasa akan berkata dengan hati- hati, sehingga tidak sekedar omong doang. Selain itu, pemilihan katanya juga dipilih sesuai dengan siapa ia berbicara, sehingga tetap mempertahankan sopan santun.

15. Berpikir Sebelum Bertindak

Cara bersikap dewasa yang terakhir adalah selalu berpikir dahulu sebelum bertindak. Hal ini karena orang dewasa tidak akan mengambil tindakan tanpa memikirkan dahulu efek yang akan terjadi. Orang dewasa akan selalu tenang dan akan mengambil tindakan setelah melihat dari berbagai macam sisi yang ada. Berpikir sebelum bertindah dapat dilakukan dengan cara menghadapi masalah dengan sabar.

Demikianlah tadi 15 cara bersikap dewasa di kehidupan sehari- hari. Menjadi dewasa bukanlah perkara umur, melainkan perkara kelakuan mulai dari cara berperilaku hingga bagaimana cara bertutur kata. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

, , ,