15 Ciri Ciri Orang Sombong dan Angkuh

Salah satu sifat dan perilaku yang paling tidak disenangi oleh kebanyakan orang adalah sifat sombong. Sifat sombong tak hanya buruk bagi siapapun, namun juga dapat membuat seseorang berperilaku tercela. Bahkan di dalam agama pun dijelaskan jika sifat sombong bukanlah sikap yang baik dan perlu dihindari. Hal ini dikarenakan sifat sombong cenderung dapat mengakibatkan sesorang berbuat hal-hal jahat hingga dapat menggangu orang lainnya. Banyak hal yang menyebabkan seseorang dapat berperilaku maupun bersifat sombong, antara lain adalah:

ads
  1. Jika dulunya banyak psikolog yang menyatakan bahwa sikap sombong adalah bentuk dari reaksi ataupun emosi yang ada. Namun belakangan ini, sikap sombong sudah bukan lagi dinyatakan sebagai emosi atau reaksi melainkan masuk ke dalam salah satu karakter. Sehingga sikap sombong merupakan salah satu karakter yang bisa terjadi pada setiap orang.  (baca juga: Cara Mendapatkan Banyak Teman Baru)
  2. Merasa dirinya memiliki kelebihan dibanding yang lainnya. Karena merasa bila dirinya memiliki kelebihan yang lebih baik dibandingkan orang lainnya, seperti lebih pintar, lebih cantik, lebih kaya atau lainnya sehingga seseorang dapat merasa sombong dengan apa yang dimilikinya.
  3. Bergaul dengan orang-orang yang sombong pula. Hal ini juga dapat menyebabkan sesorang memiliki sifat sombong. Karena terbiasa bergaul dengan orang-orang yang ,memiliki sikap tersebut tentunya menganggap hal-hal tersebut menjadi biasa. Karena sudah terbiasa tentunya secara tak langsung akan terbawa ke lingkungan lainnya. (baca juga: Bahaya Curhat Dengan Lawan Jenis)
  4. Menjadi orang kaya baru. Hal ini rasanya menjadi hal yang paling umum yang menyebabkan seseorang tersebut memiliki sifat sombong. Meskipun hal ini tidak berlaku kepada semua orang, namun kebanyakan akan berperilaku seperti itu. Hal ini bisa saja disebabkan karena sedikit kaget dengan kekayaan yang dimilikinya dan berpikir bila apapun dapat mereka lakukan dengan kekayaan tersebut.
  5. Penyebab lainnya adalah jika seseorang tersebut tidak menganggap orang lain penting. Mereke berpikir bila di dalam lingkungan tersebut hanya diri merekalah yang penting. Jangankan hanya bercanda saja, untuk berbicara dengan orang lain tentu sangat dirasa susah. (baca juga: Cara Menghindari Perselingkuhan)
  6. Memiliki sikap kurang percaya diri juga menjadi penyebab mengapa seseorang tersebut menjadi sombong. Karena merka merasa kurang dengan apa yang dimilikinya sehingga untuk menutupi hal tersebut mereka akan menunjukkan sikap yang sombong. (baca juga: Hak Anak Terhadap Orang Tua)
  7. Dan masih banyak lainnya. (baca juga: Kewajiban Anak Kepada Orang Tua)

Sumber-sumber kesombongan juga bisa berasal dari hal-hal yang berbeda, misalnya saja seperti kekayaan, ketampanan atau kecantikan, keturunan orang penting, bahkan hingga amal atau perbuatan. Nah berikut ini ada beberapa ciri-ciri orang yang memiliki sikap sombong yang perlu anda pahami:

1. Kurang Mampu Menjalani Hubungan Baik

Terdapat suatu hal menarik yang diketahu melalui sebuah riset mengenai hubungan antara sikap sombong dengan hubungan dengan orang lain. Menurut hasil riset yang ada, orang-orang yang memiliki sikap sombong biasanya akan kurang mampu untuk menjalin hubungan yang baik dan stabil dengan orang lain. Namun sayangnya tak ada penjelasan yang jelas tentang apa hal yang dapat menyebabkannya di dalam riset tersebut. (baca juga: Cara Menghilangkan Nervous)


2. Menghargai Diri Sendiri Secara Berlebihan

Ciri lainnya dari orang yang memiliki sikap sombong adalah terkadang mereka akan mengharga diri mereka secara berlebih (narsis). Mereka akan cenderung melebih-lebihkan apa yang mereka miliki entah itu dalam bentuk apapun kepada orang lain. Berbeda dari sikap normal lainnya, terkadang mereka sadar akan kelebihan yang dimilikinya namun menggunakan kelebihannya tersebut untuk orang lain atau lingkungan sekitarnya. (baca juga: Cara Menghilangkan Rasa Minder)

3. Tidak Suka Diberi Nasehat

Orang-orang yang memiliki sikap sombong terkadang tak ingin atau tak suka bila diberi nasehat oleh orang lain. Mereka cenderung menolak nasehat tersebut karena merasa diri mereka lah yang lebih pintar dibandingkan dengan yang lainnya.

4. Suka Meremehkan Orang Lain

Karena sikapnya yang tinggi tersebut, terkadang orang-orang yang sombong akan selalu meremehkan orang lain di sekitarnya. Mereka selalu memandang rendah apapun yang dimiliki orang lain. Apalagi jika orang tersebut tidak memberi salam terlebih dahulu kepadanya, mereka cenderung akan sakit hati atau marah karena merasa harga diri atau kehormatannya tak dihargai. (baca juga: Cara Mempertahankan Rumah Tangga)

5. Bersikap Kasar

Hal lainnya yang mudah terlihat dari orang-orang yang memiliki sikap sombong adalah sikap kasar yang dimilikinya. Pada saat mereka sedang memberi nasehat ataupun ilmu, terkadang mereka menggunakan sikap kasarnya tersebut bahkan hingga membentak. Kebiasaan-kebiasaan ini memang sering dilakukan dengan tujuan jika orang lain dapat mendengar nasehat atau ilmu yang mereka sampaikan. (baca juga: Ciri-Ciri Pacar Tidak Setia)


6. Tidak Mau Menghargai Pendapat Orang Lain

Pada saat sedang bertukar pikiran atau bermusyawarah, mereka tidak akan pernah mau menghargai pendapat orang lain di dalam forum tersebut. Bahkan mereka akan memaksakan kehendak tentang pendapat yang mereka miliki agar diterima atau digunakan meskipun ada pendapat lainnya yang lebih baik dibandingkan pendapatnya sendiri. (baca juga: Arti Mimpi Dikejar Macan Tutul)

7. Sering Mendahului Orang Lain

Hal lainnya yang terkadang sering terlihat dari orang-orang yang memiliki sikap sombong adalah kebiasannya yang cenderung sering mendahului orang lain. Misalnya saja ketika berjalan, mereka akan berusahan untuk berjalan mendahului yang lainnya jika bersamaan. Mereka merasa tak ingin berada di belakangioleh orang lainnya. (baca juga: Cara Merubah SIfat Menjadi Dewasa)

8. Menolak Kebenaran

Orang-orang sombong terkadang menolak kebenaran dari pendapat yang disampaikan oleh orang lain. Mereka hanya menginginkan jika pendapatnya lah yang paling benar apapun kondisinya. (baca juga: Cara Mengajari Anak Membaca)

Nah itu tadi beberapa ciric-ciri dari sifat sombong yang terkadang dapat terlihat. Sikap sombong bukanlah sikap yang baik dan perlu dihindari. Sifat sombong dapat merugikan diri anda sendiri dan orang lain di sekitar anda. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda. (baca juga: Cara Menjadi Wanita Anggun Menarik)

baca juga:

,
Oleh :
Kategori : Perbuatan Salah