10 Cara Bersifat Dewasa dan Bijaksana

Cara bersifat dewasa adalah dengan memiliki kemampuan kuat untuk menekan ego dan berusaha melihat kepentingan orang lain. Bersikap dewasa adalah hal yang sangat penting untuk meningkatkan kenyamanan yang dapat dilakukan ketika bergaul dengan sekitar. Orang yang dewasa akan lebih disukai oleh orang di sekitar karena mereka memiliki kemampuan untuk memilah sikap saat menghadapi orang lain. Orang yang memiliki sikap dewasa juga akan mengetahui kapan mereka harus bersikap manja, marah, tegas, serta lembut. Mereka mampu membedakan sikap yang harus dilakukan ketika berhadapan dengan anak kecil dan dengan orang dewasa. Berikut adalah cara bersifat dewasa serta penjelasannya.

ads

1. Mulai Belajar Membuat Keputusan dengan Tegas

Cara bersifat dewasa adalah dengan mulai belajar membuat keputusan dengan tegas. Hal ini adalah salah satu langkah yang harus dipelajari dan dilewati oleh orang yang hendak belajar menjadi sosok yang dewasa. Seseorang yang sedang belajar untuk menjadi dewasa mereka akan belajar untuk  membedakan mana hal yang memiliki sifat yang benar dan mana hal yang memiliki sifat yang tidak benar. Seorang yang dewasa juga tidak akan mencampur adukkan antara hal yang baik dan buruk sehingga mampu bersikap tegas untuk menentukan sikap mereka. Belajar untuk membuat cara membuat keputusan dengan tegas dan tepat memang tidak dapat dilakukan dengan sekaligus. Seseorang membutuhkan wadah seperti organisasi, sebuah tugas yang dipercayakan, agar mereka mampu belajar dalam memberikan keputusan.

2. Belajar Menentukan Hal yang Harus Diprioritaskan

Cara bersifat dewasa adalah dengan belajar menentukkan hal yang harus diprioritaskan. Hal ini menjadi sangat penting di dalam proses belajar. Penentuan prioritas akan membuat diri semakin mengetahui kepentingan dan urusan mana yang hendaknya harus didahulukan. Jika hal tersebut terjadi akan memudahkan diri mereka untuk menjalankan sebuah urusan dengan sangat fokus. Mereka yang melakukan sesuatu dengan fokus akan lebih mudah dan cepat selesai. Hasil yang didapat juga akan menjadi lebih maksimal. Hal ini sangat penting untuk dilakukan untuk mencegah masalah yang timbul semakin banyak dan kemungkinan akan berlarut. Penentuan prioritas akan memudahkan diri untuk semakin mantap dalam menentukkan keputusan.

3. Menyelesaikan Masalah Mandiri

Cara bersifat dewasa adalah dengan berusaha menyelesaikan masalah mandiri. Hal ini sangat penting karena seseorang yang dewasa akan mengetahui bagaimana harus bersikap. Belajar untuk tidak lagi bergantung kepada orang lain, kita sebaiknya lebih mandiri dan mulai berusaha menyelesaikan masalah dengan mandiri. Saat masalah tidak dapat diselesaikan dengan mandiri, kita dapat meminta bantuan dari orang lain. Permintaan bantuan akan masalah yang dihadapi harus dilakukan dengan prosedur yang sesuai, dimana kita telah berupaya secara maksimal namun belum mampu dalam menyelesaikannya. Kita juga dapat menerapkan cara agar percaya diri sehingga memiliki keberanian yang lebih dalam menghadapi masalah. Ini menjadi sangat penting dimana pikiran yang selalu positif akan memiliki kekuatan yang lebih dalam menghadapi sesuatu.

4. Berlaku Adil Kepada Orang Lain

Cara bersifat dewasa adalah dengan berusaha berlaku adil kepada orang lain tanpa memandang status. Hal ini menjadi penting karena berlaku adil merupakan sebuah keharusan. Orang yang dewasa akan lebih bijak dalam memahami sesuatu dan memutuskan suatu perkara. Ini menjadi penting karena manusia yang berlaku adil terhadap sesamanya mereka akan diberikan kepercayaan yang lebih sehingga akan dengan mudah untuk diangkat sebagai ketua dengan bertindak sebagai pemimpin. Ini harus menjadi sebuah perhatian jika hendak belajar dewasa. Kita harus belajar untuk lapang dada dalam adil terhadap sesama. Jangan sampai kemudian kita melakukan cara menjaga perasaan orang lain untuk menjaga hubungan antar sesama.

5. Siap Menerima Kritik

Cara bersifat dewasa adalah siap dalam menerima kritik. Hal ini memang seharusnya dilakukan agar lebih lapang dada dalam terus memperbaiki diri. Ketahuilah jika orang yang merasa paling baik adalah orang yang sebenarnya buruk. Orang yang selalu berusaha untuk terus memperbaiki diri menjadi lebih baik, hal tersebutlah yang terbaik. Jika kita mendapat suatu kritik maka harus melakukan cara bersikap tenang. Jika kritik yang dilontarkan termasuk ke dalam kritik membangun maka yang harus dilakukan adalah lapang dada menerima kritik tersebut. Jika kritik tersebut bermaksud untuk menjatuhkan sebaiknya dijadikan acuan untuk motivasi dalam pembuktian.

6. Belajar Menjadi Pribadi Pemberani

Cara bersifat dewasa adalah belajar menjadi pribadi pemberani. Seorang yang dewasa akan lebih mandiri dan menjadi pribadi yang pemberani. Hal ini menjadi upaya dalam mengatasi resiko di setiap mengambil keputusan. Seorang yang dewasa akan menjadi sosok yang lebih berani dalam mengambil keputusan dan berani dalam menantang resiko. Hal tersebut juga tentu menjadi pembelajaran dimana seseorang harus mampu mempertimbangkan apapun yang akan dilakukan. Mereka juga harus menerapkan cara menghilangkan rasa takut pada diri mereka sendiri.

7. Evaluasi Diri

Cara bersifat dewasa adalah dengan evaluasi diri. Seorang yang dewasa akan senantiasa terus berupaya untuk memperbaiki diri. Evaluasi diri juga sangat penting sebagai langkah dimana terus memperbaiki diri. Perenungan dalam diri menjadi penting sebelum mendapat kritik dari orang lain.

8. Mencari panutan

Panutan merupakan salah satu langkah yang dapat diikuti untuk memotivasi diri. Hal ini sangat baik untuk perkembangan dan saat diri mulai lelah dalam memperbaiki diri. Panutan akan menjadi penyemangat kembali untuk terus berjuang menjadi pribadi yang lebih baik.

9. Fokus

Langkah yang kemudian dapat dilakukan adalah fokus. Hal ini menjadi sangat penting dalam melakukan sesuatu. Jika seseorang yang fokus dalam melakukan perubahan maka akan dapat berlangsung lebih singkat dibanding dengan orang yang tidak melakukan dengan fokus. Hal ini karena ada komitmen di dalam diri yang harus ditepati.

10. Jangan Menyerah 

Saat melakukan perubahan pasti membutuhkan jatuh bangun sehingga perlu diketahui jika memiliki tekad yang kuat maka akan lebih mudah untuk melewati semuanya.

, ,