Waspadai 10 Ciri-Ciri Orang Pendendam di Sekelilingmu

Dendam adalah perasaan dimana seseorang tidak bisa melupakan perbuatan, ucapan yang menyakitkan hati dan perlakuan orang lain kepada dirinya, hingga ia pun ingin membalas dan membuat orang tersebut juga merasakan hal yang sama dengan dirinya. Separah apakah itu? Semua tentu balik lagi kepada kepribadian masing-masing. Jika ia adalah orang yang sabar, maka ia bisa mengendalikan rasa dendamnya, bahkan mengubur perasaan tersebut.

ads

Tapi jika ia adalah orang yang  keras hati, maka tiada maaf baginya untuk orang yang telah membuatnya dendam ini. Mungkin saja ia tidak akan segan mengganggu hidup orang tersebut hingga ia sendiri merasa puas. Jadi kita pun juga harus berhati-hati ya berurusan dengan orang yang pendendam ini agar urusannya tidak menjadi panjang. Seperti apa sih ciri-ciri orang pendendam ini?

1. Tidak mudah untuk memaafkan orang lain

Orang yang pendendam tidak akan mudah untuk memaafkan kesalahan orang lain. Baginya, orang yang telah berbuat jahat dan membuatnya sakit hati harus dibalas sesuai dengan apa yang telah ia perbuat. Kemungkinan besar ia akan melakukan hal yang sama sesuai dengan apa yang telah orang tersebut lakukan.

2. Membalas perbuatan seseorang dengan cara apapun

Tak peduli bagaimana pun caranya, ia harus bisa membalas perbuatan orang tersebut atas rasa sakit yang ia terima. Meski tidak bisa membalas dengan cara yang sama, setidaknya ia harus bisa membuat orang tersebut juga merasakan sakit atau tertimpa kesusahan.

3. Tidak bisa tenang sebelum melampiaskan rasa sakitnya

Ciri-ciri orang pendendam yang ketiga adalah ia tidak akan bisa merasa tenang dan bergembira hati sebelum apa yang ingin ia balaskan terlaksana. Ia akan gelisah dan selalu memikirkan cara yang tepat untuk membuat orang yang menyakitinya jera dan juga tersakiti.

4. Berpaling wajah ketika bertemu dengan orang yang telah menyakitinya

Sengaja atau tidak seseorang menyakitinya, yang jelas baginya tidak akan mudah untuk memaafkan orang tersebut. Meski orang tersebut telah meminta maaf, tidak mudah baginya memaafkan begitu saja. Saat berpapasan pun, ia akan segera memalingkan wajah dari orang tersebut. Itu artinya ia sangatlah benci terhadap orang tersebut.

5. Tidak segan berbuat jahat untuk menghancurkan orang lain

Bahkan, orang yang memiliki dendam kesumat tidak akan segan menggunakan cara yang jahat dan kotor untuk membalaskan dendamnya. Siapa pun yang mencoba menghalanginya, ia juga tidak akan segan untuk menyakiti orang tersebut, nasehat pun tidak akan masuk dalam hatinya.

6. Bahagia jika melihat orang tersebut menderita

Disaat melihat orang yang di dendami menderita, ia akan merasa bahagia. Ia sangat senang pada akhirnya orang tersebut bisa merasakan sakit. Tapi tetap saja, baginya itu belumlah cukup karena bukan hasil balas dendamnya sendiri.

7. Menyakiti orang lain hingga ke keturunannya

Kalau orang yang telah dipenuhi oleh dendam kesumat, tidak cukup hanya diri dan kehidupan orang yang membuatnya sakit hati saja yang  ingin ia balas. Tapi hingga ke keturunannya pun juga akan terkena imbasnya. Ia juga tidak akan segan untuk mempersulit hidup keluarganya orang yang ia dendami.


8. Rela menghabiskan waktu dan tenaga untuk membalas perbuatan orang lain

Dari pada berdamai dan bermaafkan, ia malah lebih suka untuk terus menyimpan rasa dendam di hati. Tidak masalah baginya jika ia harus kehilangan banyak waktu dan tenaga untuk mengganggu dan merusak hidup orang lain, asal ia bisa merasa puas. Menghadapi orang pendendam ini hampir sama lho dengan cara menghadapi orang iri dan dengki.

9. Tak segan menggunakan cara licik untuk menghancurkan orang lain

Orang tersebut juga akan menggunakan cara yang licik untuk menghancurkan orang yang membuatnya dendam. Kejatuhan orang tersebut merupakan hal yang sangat dinantikannya. Agar  kita tidak tertular penyakit hati ini, cobalah cara membersihkan hati dan cara merubah diri menjadi lebih baik serta cara membuat hati ikhlas menerima perlakuan orang lain.

10. Bersikap baik hanya sebagai kepura-puraan

Meski di depan orang tersebut ia bersikap sangat baik dan manis, namun tidak sama sekali saat dibelakangnya. Tentu saja balik sikap manisnya itu ia merencanakan sesuatu untuk menjatuhkan orang tersebut. Tak jarang juga sikap baiknya itu ia lakukan untuk menjatuhkan orang tersebut atau untuk menemukan titik lemahnya.

Begitulah 10 ciri-ciri orang pendendam yang ada di sekitar kita dan perlu untuk diwaspadai. Jangan sampai malah hidup kita dibuat tidak tenang seumur hidup. Kita pun tentu tidak ingin memiliki musuh, bukan? Agar kita tidak menjadi orang yang pendendam, cobalah cara melupakan rasa sakit hati kepada orang lain dan cara memaafkan orang lain dengan mudah. Membuang rasa dendam juga merupakan cara menjaga kesehatan hati, lho.

, ,
Oleh :
Kategori : Kehidupan