17 Cara Melupakan Rasa Sakit Hati

Sakit hati ini menyandang penyakit yang sangat menyakitkan yang bermula dari penyebab putus cinta dengan pasangan, sakit hati juga merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Hal ini karena sakit hati akan berujung panjang, dan tidak akan sembuh walaupun hingga bertahun-tahun, bahkan berpuluh-puluh tahun. Jika sakit medis setelah sembuh tidak meninggalkan bekas (ada juga yang membekas, namun jarang).

ads

Namun sakit hati, kebanyakan akan akan meninggalkan bekas yang sangat sulit dihilangkan jika memang tidak dilupakan dengan sengaja. Selain itu sakit hati ini juga merupakan biang kerok, atau akar dari banyak masalah dan bisa menimbulkan penyakit-penyakit lain, khususnya penyakit hati. Hanya karena sakit hati, seseorang akan menjadi pemurung, pemarang, tidak ramah, menjengkelkan, dan yang paling parah adalah timbulnya perasaan dendam. Jika dendam ini sudah muncul, hal apapun bisa terjadi, tidak peduli itu tindakan yang dilarang agama atau apapun.

Penyebab sakit hati

Sakit hati dapat muncul karena berbagai sebab. Ada yang jelas kelihatan, ada yang juga yang samar-samar. Karena biasanya orang yang sakit hati ini tidak terang-terangan mengakui bahwa dirinya merasa sakit hati (walaupun banyak juga yang mengungkapkan sakit hatinya tersebut), tau- menau sudah muncul dendam saja. Sakit hati biasanya muncul karena perasaan kecewa, dikhianati, dibohongi, ditipu, diselingkuhi, dibentak dan lain sebagainya. Namun ada juga sakit hati yang muncul karena turunan. Jangan sekali- kali meremehkan yang namanya sakit hati. Beberapa orang sering meremehkan dan menyepelekan orang lain yang terserang sakit hati. Namun begitu si peremeh tersebut mengalami sendiri, barulah tahu bagaimana rasanya. Sudah dikatakan sebelumnya bahwasannya sakit hati itu adalah penyakit yang sangat berbahaya karena menjadi biang kerok penyakit lain, khususnya penyakit hati, dan juga alasan mengakar bagi segala tindakan kejahatan.

Dampak yang sering ditimbulkan dari sakit hati adalah sikap acuh tak acuh, super sensitif, dan lebih dalam lagi adalah pemutusan tali silaturahmi diantara orang- orang yang berselisih. Bagi si penderita, sakit hati yang di ingat-ingat terus akan menyebabkan ia cenderung mencari cara untuk membalas sakit hatinya tersebut. Akibatnya si penderita akan lebih susah bergaul, sering menyendiri, berfikir terlalu keras, bingung, resah, was-was, emosi, susah tidur, tidak nafsu makan, sulit berkonsentrasi, tidak fokus, dan susah untuk beraktivitas. Belum lagi jika si penderita sudah mulai mengikuti perasaan dendamnya, maka segala bentuk tindakan kriminal mungkin saja terjadi, seperti penganiayaan hingga pembunuhan. Selain menyebabkan tindakan kriminal yang melanggar hukum, dendam ini juga termasuk penyakit hati yang dilarang agama dan harus dijauhi semua manusia.

Berikut adalah cara melupakan rasa sakit hati yang wajib dilakukan agar anda bisa move on dari masa lalu :

  1. Menerima kenyataan dengan seikhlas- ikhlasnya

Yakinlah bahwa kehidupan ini sudah ada yang mengatur. Jadi, apapun yang terjadi kepada kita semuanya adalah takdir dari Yang Maha Kuasa. Dan anggap saja ini adalah cobaan yang harus dilalui dengan sabar dan ikhlas dan selalu memiliki cara menghadapi masalah yang berat dalam kehidupan percintaan anda.

  1. Selalu berfikir positif

Anggap saja semua kejadian ada hikmahnya, dan Tuhan ingin mengganti rencana kita dengan rencana-Nya yang tentu akan lebih indah dan kita harus memiliki cara melupakan masa lalu.

  1. Mengingat kebaikan orang yang menyakiti

Jika yang membuat hati kita sakit itu adalah kekasih, saudara, sahabat, teman, atau bos, maka ingatlah kebaikan yang telah mereka lakukan kepada kita. Dengan demikian kita akan lebih mudah untuk memaafkan orang tersebut sehingga terbebas dari dendam.

  1. Intropeksi diri dan Medekatkan diri kepada Tuhan

Mungkin saja kita perlu intropeksi diri barangkali kita sendiri pernah menyakiti orang lain. Setelah intropeksi diri dan memiliki cara menenangkan hati dan pikiran, segeralah bertaubat dan meminta ampun kepada Tuhan. Dengan demikian hati akan merasa lebih tenang dan dapat berfikir jernih kembali.

  1. Bercerita dengan orang-orang terdekat

Bercerita, mencurahkan isi hati kepada orang-orang terdekat akan mengurangi beban pikiran kita. Daripada dipendam sendirian akan lebih membahayakan diri kita sendiri dan membuat stress, lebih baik dicerikatakan. Dengan bercerita kita kan merasa lega dan beban kita bisa sedikir berkurang. Selain itu kita juga kan menerima masukkan dari orang yang yang kita curhati tersebut, sehingga kita akan mendapatkan solusi tentang apa yang sebaiknya kita lakukan kedepannya.

  1. Menangis

Menangis adalah aktivitas membuang air mata. Saat air mata kita kita berkurang, biasanya akan muncul kelegaan dan kepala kita akan terasa lebih ringan. Selain itu hati maupun perasaan kita akan lebih lega. Dan gondok yang kita rasakan akan hilang setelah kita menangis. Menangis juga menyebabkan paru-paru mempopa udara ke otak, sehingga membuat pikiran lebih segar. Maka saat kau sakit hati dan ingin menangis, menangislah sepuas- puasnya karena sakit hati bukanlah keadaan yang tidak membutuhkan usaha kecuali melupakannya (khusus sakit hati, abaikanlah ungkapan “menangis tidak akan menyelesaikan masalah”).

  1. Menyibukkan diri dengan pekerjaan

Untuk melupakan sesuatu, kita perlu menghindarkan diri dari yang namanya waktu luang. Karena waktu luang akan membuat pikiran kita justru terjutu pada peristiwa yang menyakitkan tersebut. Selain itu waktu luang akan memberi kesempatan pikiran kita untuk melamun yang mengakibatkan susah move on. Maka sibukkanlah dirimu dengan pekerjaan- pekerjaan yang membuat waktumu tersita hingga lelah dan berhentilah hanya untuk beristirahat. Jika Anda tidak mempunyai kesibukkan, maka buatlah kesibukan sendiri yang sekiranya memerlukan waktu, pikiran dan tenaga yang banyak agar tidak sempat memikirkan sakit hati Anda tersebut dan selalu memiliki aktivitas yang dilakukan ketika bosan.

  1. Piknik atau travelling

Kadangkala tubuh kita butuh yang namanya piknik atau berwisata. Piknik membuat pikiran kita fresh sejenak dan semua beban yang ada di kepala menjadi hilang. Selain itu piknik juga terkadang memberikan inspirasi positif bagi pikiran kita. Banyak sekali kebaikan yang akan kita dapatkan dari piknik. Piknik yang baik ini tentunya di alam terbuka.

Selain menyegarkan mata dan pikiran, piknik di alam terbuka juga akan mengenalkan kita kepada alam yang maha indah ini. Bagi oranng yang sakit hati, perlulah melakukan piknik ini baik sendiri maupun beramai-ramai. Lakukan piknik ini setiap ada kesempatan, maka Anda akan menamukan stimulus positif untuk membuat pikiran Anda lebih tenang dan damai karena menyatu dengan alam.

  1. Makan yang banyak

Salah satu cara ampuh untuk menghilangkan sakit hati adalah dengan memanjakan perut. Bagi beberapa orang, nafsu makan akan naik ketika dikecewakan atau sedih. Dan biasanya emosi karena sakit hati itu menjadikan perut lapar.

Jika Anda termasuk dalam kategori demikian, maka makan adalah pilihan yang tepat. Pilihlah menu yang menjadi kesukaan Anda dan puaskan diri Anda hingga sepuas- pusanya, maka Anda akan merasa lebih lega. Namun jika Anda bukan termasuk orang yang mudah merasa lapar atau nafsu makan naik ketika emosi, maka pilihan makanan yang lembut dan menenagkan perlu dicoba, seperti capuccino hangat, atau coklat. Coklat ini digadang-gadang sebagai makanan yang mampu meluluhkan hati dari yang namanya amarah dan juga bisa membawa ketenangan.

  1. Tidur

Tidur merupakan yang pantas dicoba untuk melupakan sakit hati. Meskipun setelah bangun akan teringat kembali dengan sakit yang kita rasakan, namun setidaknya tidur dapat meredakan emosi. Emosi yang kita rasakan akan jauh berkurang setelah kita tidur sehingga akan membuat kita lebih tenang dan terhindar dari emosi atau lemarahan yang meluap- luap.

  1. Berteriak atau bernyanyi sepuasnya

Untuk menghilangkan beban yang mebuat hari kita gondok, salah satu cara yang instant dan cukup cepat adalah dengan berteriak. Berteriak ini akan membuat hati dan pikiran lega. Maka berteriaklah ditempat yang tidak mengganggu orang banyak. Jika Anda kurang puas jika hanya berteriak satu, dua, atau tiga kali, maka cobalah Anda bernyanyi. Bernyanyi di ruang karaoke akan sangat membantu Anda melupakan masalah. Pilihlah lagu-lagu yang ceria agar tidak terbawa perasaan sedih Anda, sehingga Anda bisa terbawa suasana yang ceria dari lagu tersebut.

  1. Memikirkan masa depan yang lebih indah

Daripada memikirkan sakit hati yang akan menjadi masa lalu Anda, maka lebih baik Anda menatap masa depan dan merencanakan yang terbaik bagi kehidupan Anda. Tulislah rencana- rencana spektakuler yang ingin Anda capai dan usahakan semaksimal mungkin untuk menggapainya. Dengan demikian Anda akan semangat untuk bangkit dari keterpurukan Anda dan siap menjemput masa depan lebih cerah.

  1. Tersenyum

Tersenyum akan membawa dampak positif bagi orang yang melakukannya. Selain menambah pahala, dengan tersenyum maka Anda memperbaiki kehidupan sosial Anda. Dengan tersenyum Anda kan mendapatkan banyak teman- teman baru yang akan menghibur Anda. Selain itu, saat tersenyum, otot- otot di wajah akan tertarik dan menyebabkan awet muda dan selalu memiliki cara meredam emosi ketika teman anda menertawakan anda ketika putus cinta.

  1. Melakukan hobi kita

Melakukan hobi tentu saja akan menyenangkan bagi siapapun. Melakukan kegiatan yang membuat senang ini akan sejenak melupakan masalah-masalh yang dimiliki, termasuk juga sakit hati.


  1. Melakukan kegiatan yang menenangkan

Selain melakukan kegiatan yang menyenangkan, sakit hati juga dapat dihilangkan dengan melakukan kegiatan yang menenangkan secara rutin, seperti yoga, refleksi diri, dll.

  1. Meminimalkan komunikasi dengan orang yang bersangkutan

Ketika mengalami sakit hati, maka minimalkan komunikasi dengan orang yang bersangkutan. Hal ini akan memudahkan kita melupakan peristiwa menyakitkan yang terjadi. Hal ini bukan berarti putus komunikasi, hanya meminimalkan saja.

  1. Membuka diri dengan orang-orang baru

Membuka diri dengan orang- orang baru perlu dilakukan untum mepercepat proses move on. Hal ini akan menambah pegalaman, dan kegiatan baru sehingga kita dapat melupakan sakit hati dengan mudah.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 30th, December 2015 / 09:46 Oleh :
Kategori : Tips Percintaan