7 Fakta Orang Lampung yang Terbilang Unik

Lampung merupakan salah satu propinsi yang terletak di ujung pulau Sumatera. Namun sayangnya banyak rumor yang mengatakan Lampung bukan daerah yang ramah bagi para pendatang. Benarkah demikian? Padahal Lampung menjadi gerbang menuju ke daerah-daerah lainnya yang ada di pulau Sumatera.

Beberapa rumor yang kurang enak di dengar tentang Lampung adalah masyarakat yang terkenal kurang ramah alias kasar. Padahal sebenarnya hanya nada bicaranya yang keras karena sudah memang jadi logat asli Lampung. Selain itu Lampung juga dikenal sebagai daerah yang banyak begalnya.

Bahkan Lampung dikatakan sebagai sarang begal yang padahal tidak benar sama sekali. Lampung sama seperti daerah lainnya yang juga banyak begalnya. Itu adalah sedikit mitos tentang Lampung yang sama sekali tidak benar, dan selanjutnya mari kita masuk pada fakta orang Lampung.

1. Orang Lampung Menganggap Perempuan sebagai Ratu

Lampung memang bukanlah suku yang menganut sistem kekeluargaan matrilineal seperti suku Minang. Namun meski menganut sistem kekeluargaan patrilineal orang Lampung justru sangat menghormati wanita. Terlihat dari simbol yang digunakan orang Lampung itu berupa Siger atau sigokh yang merupakan suatu simbol yang kerap dikenakan oleh pada pakaian adat Lampung dan berbagai perlengkapan adat lainnya. Berbeda dari suku-suku lainnya yang biasanya justru mengenakan simbol berupa mandau, keris atau kujang. Berbicara tentang wanita Lampung, akan lebih menarik jika kamu juga mengetahui sifat-sifat wanita Lampung.

2 Sebagian Besar Orang Lampung Menggunakan Bahasa Indonesia

Bahasa asli daerah Lampung adalah bahasa dengan dialek Lampung api dan Lampung nyo. Hanya saja Sebagian besar orang Lampung menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi sehari-hari. Bahkan bahasa Lampung sehari-hari juga tercampur dari berbagai bahasa seperti bahasa Sunda, Jawa, Bali hingga Minang. Sehingga hanya sedikit orang Lampung yang menggunakan bahasa asli daerah.

3. Orang Lampung Berhenti Beraktivitas pada Jam 10 Malam

Kamu yang terbiasa dengan kehidupan kota metropolitan akan merasa canggung saat berada di daerah Lampung ini. Pasalnya pada jam 10 malam maka kamu tidak akan lagi menemukan kehidupan dan aktivitas seperti yang kamu temukan di kota-kota besar lainnya. Keluar rumah di malam hari lewat dari jam 10 bukan hal yang biasa dilakukan orang-orang Lampung. Bahkan kendaraan umum dan penjual makanan pun sudah sangat jarang ditemukan di malam hari. Namun sepertinya hal ini perlahan akan bergeser seiring waktu.

4. Orang Lampung Dikenal Keras dan Mudah Emosian

Fakta orang Lampung yang juga harus kamu tahu jika hendak berkunjung ke Lampung adalah masyarakatnya yang terbilang keras dan mudah emosian. Fakta ini dibuktikan setelah menelusuri riwayat kerusuhan di Lampung yang memang cukup sering terjadi dari waktu ke waktu. Bahkan perselisihan antara dua orang saja bisa berubah menjadi pertengkaran skala besar.

Sifat orang Lampung yang keras bukan mengartikan bahwa orang Lampung itu jahat. Sifat atau watak orang Lampung yang keras identik dengan sikap atau gaya bicaranya saja. Namun Sesungguhnya orang Lampung sama baiknya dengan orang-orang dari daerah lain, terbukti dengan banyaknya para pendatang yang bisa hidup damai di Lampung.

5. Kalau Belum jadi PNS Artinya Belum Sukses

Fakta orang Lampung lainnya yang harus kamu tahu adalah tolak ukur kesuksesan masyarakat Lampung yang berbeda dari orang-orang di daerah lainnya. Bagi masyarakat Lampung, kalau belum jadi PNS itu namanya belum sukses. Karena itu masyarakat Lampung sangat terobsesi menjadi PNS agar bisa dikatakan sebagai orang sukses.

6. Selera Orang Lampung Mirip dengan Selera Orang Padang

Fakta orang Lampung lainnya adalah seleranya yang mirip dengan selera orang Padang. Mengapa? Terbukti dengan banyaknya tersebar warung nasi Padang di daerah Lampung dan pastinya warung makan ini sangat laris manis di Lampung. Saat berada di Lampung kamu bisa makan nasi Padang setiap hari di mana saja.

7. Lampung Memiliki Aksara Sendiri yang Dinamakan dengan Had Lampung

Berbeda dari daerah lainnya Lampung justru memiliki aksara atau huruf sendiri yang dinamakan dengan had Lampung. Di Lampung mungkin kamu juga akan menemukan rangkaian huruf milik orang Lampung dan hanya orang Lampung asli yang akan mengerti apa arti dari rangkaian huruf tersebut.

Itulah 7 fakta orang Lampung yang ternyata memiliki keunikan tersendiri ya. Nah, simak juga yuk bahasan lainnya tentang kebiasaan orang Jawa Barat, sifat-sifat orang Betawi, sifat wanita Padang, sifat wanita Ambon, karakter wanita Arab dan sifat orang Kalimantan yang semuanya tak kalah seru untuk disimak.