8 Kebiasaan Orang Jawa Barat yang Khas dan Unik

Orang Jawa barat dikenal juga sebagai orang Sunda yang memiliki ciri khas sendiri yang menjadikannya unik dari suku-suku lainnya yang ada di Indonesia. Orang Sunda dikenal dengan logat bicaranya yang penuh kelembutan. Untuk lebih mengenal orang Sunda ini lebih dekat, simak yuk kebiasaan orang Sunda ini.

ads

1 . Religius

Tidak hanya kental akan adat istiadat namun orang Sunda juga sangat religius. Orang Sunda umumnya memiliki karakter yang kuat dan agamis yang juga bisa dilihat dari banyaknya pondok pesantren yang bertebaran di daerah sana. Juga dengan banyaknya tokoh agama yang berasal dari tanah Sunda ini. Dekat pada sang pencipta dengan rajin beribadah merupakan salah satu cara menjadi pribadi yang baik. Dengan rajin beribadah juga merupakan cara menghindari perilaku tercela. Ilmu keagamaan juga harus dihadirkan dalam cara mendidik anak laki-laki yang benar.

2. Sopan dan Ramah

Kamu yang kenal atau bahkan dekat dengan orang Jawa barat pasti setuju kalau mereka adalah orang yang ramah dan sopan kepada setiap orang. Kepada orang yang baru dikenal atau malah belum kenal juga tetap ramah sekali. Berwisata ke daerah Jawa barat ini pasti akan menyenangkan ya, karena kita akan disambut oleh orang-orang yang sangat bersahabat dan murah senyum.

Nah, tips agar disukai banyak orang, kamu harus meniru kebiasaan orang Sunda ini yang selalu ramah dan murah senyum kepada semua orang. Pastinya juga, orang Sunda ini juga jauh dari ciri-ciri orang sombong dan angkuh. Sikap seperti ini juga harus kita miliki sebagai cara menghargai orang lain. Pastinya sopan dan ramah juga merupakan ciri-ciri orang baik hati.

3. Tidak Suka Ribet

Kebiasaan orang Jawa barat berikutnya adalah mereka suka menikmati hidup dengan santai dan tidak suka segala sesuatu yang bikin ribet dan pusing kepala. Meski begitu, mereka justru dikenal lebih kreatif dan berjiwa seni yang tinggi. Tak ketinggalan juga, mereka lebih inovatif dalam berkarya. Lain dari pada itu, orang Sunda juga sangat tahu cara bersikap sabar dalam menghadapi berbagai masalah hidup.

4. Humoris

Berikutnya, orang Jawa barat juga dikenal lebih humoris dan bisa mencairkan suasana menjadi lebih menyenangkan. Saat bicara serius pun kadang juga masih terlihat humorisnya. Bahkan saat marah pun terkadang terlihat sebagai candaan. Memiliki pacar orang Sunda sepertinya akan membuat hari-hari lebih menyenangkan ya. Pastinya ciri-ciri orang humoris akan terlihat sangat jelas pada orang Sunda ini, juga ini merupakan kebiasaan suami yang disukai istri yang juga bagian dari tips menjaga keharmonisan rumah tangga.

5. Adat Istiadat yang Kental

Orang Jawa barat khususnya Sunda sangat kental adat istiadatnya yang mereka junjung tinggi. Adat istiadat yang mendarah daging ini pulalah yang membuat mereka memiliki rasa seni yang tinggi. Banyak berbagai acara adat dan tradisi yang menarik minat para wisatawan dari luar maupun lokal.


6. Penyuka Sambal dan Lalapan

Satu lagi kebiasan orang Jawa barat adalah suka menghidangkan sambal dan lalapan di atas meja makan. Lalapan dan sambal menjadi menu yang disukai dan akan sangat mudah ditemukan di daerah ini. Umumnya mereka juga juga menyantap lalapan setiap hari. Hal ini juga membuat orang Sunda memiliki kulit yang cantik dan sehat karena asupan dari lalapan yang masih segar.

Bahkan ada juga yang mengatakan orang Sunda tidak bisa makan tanpa lalapan. Tips gaya hidup sehat bagi penyuka lalapan adalah dengan memastikan sayuran telah dicuci bersih mengingat sayuran akan dimakan mentah. Selain itu, lalapan juga menjadi cara membuat tubuh ideal yang harus dibantu dengan olahraga.

7. Kebiasaan Mengubah F Menjadi P

Kebiasaan orang Jawa barat yang melekat dan unik adalah kebiasaan mereka dalam berbicara yang sering terdengar mengubah bunyi huruf F menjadi P. Seperti kata fitnah yang diucapkan dengan pitnah.

8. Nama yang Berciri Khas

Hal lain yang menjadi kebiasaan orang Sunda adalah memberikan nama yang sama dan sudah umum di daerah sana kepada anaknya. Kebiasaan ini membuat banyaknya orang yang memiliki nama yang sama. Bahkan sampai ada perkumpulan bagi mereka yang memiliki nama sama. Nama-nama yang diberikan pun juga khas Sunda, seperti Asep, Euis, Cecep, Iteung dan masih banyak lagi.

Itulah 8 kebiasaan orang Jawa barat yang unik dan menjadi bagian dari keberagaman Indonesia.

, ,
Oleh :
Kategori : Kehidupan