9 Sifat Orang Kalimantan yang Ternyata Baik Hati dan Setia Kawan, lho!

Manusia dilahirkan dengan beragam sifat dan setiap manusia diberikan sifat yang berbeda-beda. Setiap manusia juga dikaruniai sifat baik dan yang kurang baik. Karena itu, saat menilai buruknya sifat seseorang ingat jugalah bahwa dalam dirinya juga tertanam sifat yang baik. Pengelompokan sifat manusia berdasarkan bulan lahir dan sifat berdasarkan zodiak sering dijadikan sebagai acuan untuk menilai sifat yang dimiliki seseorang.

Tapi ada juga yang mengelompokkan berdasarkan suku dan daerah kelahiran. Contohnya sifat orang Betawi yang dikenal tegas, suka berterus terang namun sangat penyayang dan suka berbagi serta memiliki rasa toleransi yang tinggi. Nah, bagaimana dengan sifat orang kalimantan? Karena orang kalimantan juga terbagi dalam beberapa suku, maka berikut adalah sifat orang kalimantan secara umum.

1. Senang Berbisnis/Berdagang

Orang kalimantan juga dikenal memiliki sifat senang berbisnis atau berdagang. Hal ini dilihat dari banyaknya orang kalimantan yang tersebar ke berbagai penjuru, baik dalam negeri maupun luar negeri. Salah satunya adalah di Arab Saudi. Kamu juga senang berbisnis? Kamu harus simak juga cara menjadi orang sukses dan pintar dalam berbisnis.

2. Setia Kawan

Orang kalimantan juga dikenal setia kawan baik dalam senang maupun susah. Mereka tidak akan meninggalkan seseorang karena takut disulitkan dan tidak akan mendekat pada temannya hanya di saat senang atau ingin mendapatkan suatu keuntungan. Orang kalimantan tentunya juga tahu bagaimana cara memberikan motivasi pada teman.

3. Suka Ngumpul

Orang kalimantan juga dikenal suka ngumpul dengan teman-teman mereka. Bahkan budaya ini dinamakan dengan mewarung yang waktunya dilakukan setelah anak-anak berangkat sekolah. Namun, rata-rata orang-orang memang suka ngumpul ya? Terutama anak muda, namun berkumpulah dengan mereka yang bisa memberikan hal positif sebagai salah satu cara menghindari pergaulan bebas.

4. Agamis

Sifat orang kalimantan lainnya adalah mereka terkenal agamis sesuai dengan agama yang domiinan disana, yakni Islam. Terlebih pada saat bulan ramadhan, kegiatan harian mereka tak lepas dari ibadah dan kegiatan keagamaan lainnya.

5. Sangat Mudah Percaya

Sifat orang kalimantan berikutnya adalah mereka sangat mudah percaya pada orang lain. Mereka tidak berprasangka buruk kepada orang lain. Namun sifat orang kalimantan seperti ini bisa membuat orang lain mudah untuk memperdaya. Tentunya orang yang tega memperdaya orang lain adalah orang yang licik. Dan mereka bisa berada di tengah-tengah kita lho. Karena itu ketahuilah ciri-ciri teman yang jahat dan ciri-ciri orang licik yang ada di sekitar kita serta cara menghadapi orang licik.

6. Pekerja Keras

Orang kalimantan juga dikenal dengan sifatnya yang pekerja keras. Mereka akan tekun bekerja walau usia tidak lagi muda dan juga pantang menyerah. Sifat orang kalimantan yang satu ini tentu patut ditiru karena dengan bekerja keras kita bisa menggapai kesuksesan. Nah, kamu yang suka malas-malasan cobalah tips mengatasi rasa malas yang berlebihan agar bisa menjadi seorang pekerja keras.

7. Baik Hati

Sifat orang kalimantan ternyata juga baik hati lho. Mereka akan menerima orang yang baru dikenal dengan senang hati. Bahkan mereka juga suka menolong orang-orang yang sedang kesusahan atau tertimpa musibah tanpa pandang perbedaan. Sifat ini juga menjadi tips agar disukai banyak orang. Ketahui juga apa saja ciri-ciri teman yang baik dan tulus kepada kita.

8. Tidak Sombong

Orang kalimantan juga dikenal tidak sombong dan suka bergaul dengan siapa saja. Terlihat dari mudahnya mereka beradaptasi saat berada di daerah-daerah lain di luar pulau kalimantan. Milikilah sifat ini sebagai cara agar teman menyukai kita karena banyak teman akan membuat hidup kita jadi lebih mudah.

9. Ramah dan Lemah Lembut

Orang kalimantan yang terkenal dengan suku dayaknya ternyata memiliki sifat yang ramah dan lemah lembut kepada siapa saja. Saat mendatangi mereka, kita akan disambut dengan ramah dengan jamuan yang mereka miliki. Wanita yang memiliki kedua sifat ini tentunya akan masuk dalam kriteria wanita idaman.

Itulah 9 sifat orang kalimantan yang dengan keberagaman suku dan budaya disana. Ketahui juga ciri-ciri orang baik hati yang ada di sekitar kita dan juga ciri-ciri wanita berhati mulia. Terlepas dari suku dan daerah, rata-rata sifat orang memiliki banyak kesamaan dan kemiripan. Baik atau tidaknya sifat seseorang balik lagi pada kepribadian masing-masing.

Daerah sebagai lingkungan tumbuh bisa saja menjadi faktor yang mempengaruhi sifat seseorang. Jika seseorang tumbuh dalam lingkungan yang keras, maka ia akan tumbuh dengan sifat yang keras, begitu juga sebaliknya. Namun ada kalanya seseorang yang sifatnya sama sekali tidak terpengaruh oleh lingkungan.

, ,
Oleh :
Kategori : Kehidupan