5 Makna Pelangi Menurut Orang Jawa dan Masyarakat Lainnya

Pelangi salah satu fenomena alam yang terlihat indah bagaikan lukisan. Garis-garis memanjang yang terdiri dari beberapa warna yang indah dan membuat kagum setiap orang yang melihatnya. Pelangi terbentuk menghias langit setelah hujan bukan tanpa sebab meski masih ada mitos melihat pelangi yang dipercaya orang di zaman dahulu.

ads

Pelangi yang merupakan pembiasan sinar matahari lewat tetesan hujan ini ternyata juga ada maknanya untuk kehidupan manusia. Apa ya makna yang ada dibalik pelangi yang terlihat indah dengan paduan warnanya ini? Langsung saja yuk simak makna pelangi menurut orang Jawa dan sebagian besar masyarakat lainnya.

1. Jadilah Orang yang Menginspirasi Banyak Orang Meski Terkadang Diabaikan

Pelangi lewat keindahan warnanya mampu menginspirasi banyak orang. perpaduan warnanya mampu menghasilkan banyak ide untuk banyak orang. Namanya juga kerap disandingkan dengan sesuatu yang mengandung unsur pelangi di dalamnya.

Salah satu makna pelangi menurut orang Jawa dan sebagian besar masyarakat adalah agar kita mampu menjadi seperti pelangi. Mampu memberikan inspirasi pada banyak orang. Meski terkadang diabaikan karena sudah dianggap biasa, namun ia terus muncul seakan tak pernah bosan memancarkan inspirasi untuk yang lainnya. Seperti kisah anak berbakti kepada orang tuanya ini juga bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk berbakti kepada ibu dan bapaknya jika tahu keutamaan berbakti kepada orang tua.

2. Pelangi dengan Beragam Warna Namun Tetap Bisa Bersatu

Berapa warna yang ada dalam pelangi? Setiap warna yang dimiliki memiliki makna yang berbeda-beda namun terus berdampingan. Hal ini layaknya kehidupan manusia yang beragam pula satu sama lainnya. Kita sebagai manusia juga bisa hidup saling berdampingan dengan rasa toleransi terhadap perbedaan satu dengan yang lainnya. Jika kita mampu mewujudkannya, maka kedamaian dan keindahan hidup bukanlah hal yang tak mungkin terjadi, bukan?

3. Pelangi yang Muncul Sehabis Hujan Bagaikan Contoh untuk Terus Bangkit dan Berusaha

Kemunculan pelangi dilangit sehabis hujan yang mengandung awan gelap, juga bisa jadi sebuah penggambaran dimana kita sebagai manusia tidak boleh menyerah ketika jatuh dan sedih. Layaknya pelangi yang terus membawa keindahan lepas hujan, kita juga harus bisa bangkit dari keterpurukan, kegagalan, dan rasa menyerah membawa lembaran baru.

Tidak menyerah ketika sesuatu yang buruk menimpa seakan tidak ada lagi yang bisa dipertahankan. Ini juga merupakan cara menjadi orang sukses dan pintar karena tak mudah menyerah pada kegagalan.

4. Pelangi dengan Warna yang Berbeda Memiliki Makna Tersendiri Pada Masing-Masingnya, Begitu Juga dengan Manusia

Tidak hanya manusia di bumi yang hidup berdampingan dengan segala perbedaannya. Pelangi pun juga demikian, namun warna yang ada pelangi meski bermakna berbeda mampu memancarkan keindahan, begitu juga dengan manusia yang bisa membuat hidup terasa lebih indah jika mampu hidup selaras.


Manusia juga berbeda satu sama lainnya, mulai dari sifat, watak dan karakter yang terkadang semua itu menimbulkan perselisihan. Oleh karena itu, sesama manusia kita harus paham akan perbedaan itu dan cukup untuk tidak saling mencaci karena setiap diri manusia juga memiliki cerita. Disini kita juga harus belajar cara menghargai orang lain yang memiliki cerita berbeda dengan kita. Untuk mewujudkannya tentu dengan cara menjadi orang sabar dan rendah hati.

5. Pelangi Hanya Muncul Sesaat, Begitu Juga dengan Kehidupan Manusia di Dunia

Kita pasti sadar bahwa waktu kemunculan pelangi hanyalah sebentar saja. Membawa keindahan selepas mendung yang mampu membuat banyak orang tersenyum dan kagum melihatnya. Hendaknya sebagai manusia kita juga sadar bahwa waktu kita di dunia juga hanya sementara. Alangkah baiknya jika kita bisa memanfaatkan waktu yang sedikit ini untuk melakukan hal-hal yang bermakna bagi diri kita, kehidupan orang banyak. Cara mewujudkannya juga bisa dengan mengikuti tips agar disukai banyak orang.

Alangkah baiknya jika kehadiran kita mampu membuat orang lain tersenyum dan bahagia meskipun hanya karena hal kecil yang kita lakukan. Dengan begitu, hidup kita pun akan terasa begitu indah. Bukan hal tak mungkin pula diri kita bisa jadi pribadi yang dirindukan banyak orang. Untuk memahami kehidupan, kita juga perlu tahu dulu bagaimana tujuan hidup menurut Islam yang sesungguhnya.

Itulah 5 makna pelangi menurut orang Jawa dan sebagian besar masyarakat lainnya yang baik untuk direnungi. Simak juga ya apa saja yang menjadi penyebab hilangnya keberkahan dalam hidup agar kita tidak menjadi orang yang merugi.


, ,
Oleh :
Kategori : Kehidupan