Ingin Hidup Berkah? Hindarilah 9 Penyebab Hilangnya Keberkahan dalam Hidup

Keberkahan dalam hidup merupakan sesuatu yang terus tumbuh dan bertambah atas seizin Allah SWT kepada hamba-hambanya. Keberkahan akan dirasakan oleh orang-orang yang beriman dan selalu bersyukur atas seberapa pun nikmat  yang telah Allah SWT berikan dan turunkan. Keberkahan merupakan suatu nikmat yang bisa datang dari sisi mana saja. Salah satu cara memperoleh keberkahan adalah dengan berdoa kepada-Nya dan selalu berusaha meraihnya dengan jalan yang benar dan ridhoi.

Sebagai umat muslim, kita pasti ingin dan sering berdoa akan keberkahan dunia dan akhirat. Tapi, apakah kita tahu ada beberapa hal dan perbuatan kita yang menyebabkan keberkahan tersebut hilang? Agar semua yang kita lakukan tetap berkah sebaiknya kita mengetahui hal apa saja yang bisa membuat semua keberkahan dalam hidup kita hilang. Berikut penyebab hilangnya keberkahan yang perlu kita pahami.

1 . Kemaksiatan

Kemaksiatan jelas sesuatu yang sangat dilarang dalam Islam serta sangat mengundang murka Allah SWT serta membuat seseorang harus menanggung dosa dan mempertanggungjawabkannya di akhirat nanti. Tidak hanya mendapat dosa saja, kemaksiatan juga membuat kita kehilangan keberkahan dalam hidup. Salah satunya adalah hilangnya keberkahan rezeki bagi mereka yang membelanjakan uang pada kemaksiatan. Hilangnya berkah juga menjadi penyebab malapetaka akibat zina. Jika ingin hidup berkah, mulai dengan cara berhenti berzina dan segera bertaubat kepada-Nya.

2. Melakukan penipuan dalam berjual beli

Salah satu penyebab hilangnya keberkahan rezki bagi mereka yang berdagang adalah penipu pembeli dengan tidak berkata jujur dengan kondisi barang yang sesungguhnya. Meski hal tersebut bisa meningkatkan jual belinya dengan menutupi kecacatan, namun membuat keberkahannya hilang. Dan jelas sekali lambat laun kecurangan yang dilakukan dalam jual beli akan menghancurkan usaha tersebut.

3. Riba

Riba saat ini sesuatu yang sulit dihindari oleh banyak orang. Bahkan masih banyak orang yang belum paham apa itu riba dan terus berhubungan dengan riba. Mengambil keuntungan berlipat-lipat hingga membuat orang lain kesusahan karenanya termasuk dalam perkara riba. Riba meski membuat seseorang bertambah hartanya tapi jelas Allah akan mencabur keberkahannya.

4. Tidak bertawakal kepada Allah SWT

Dalam mencari rezeki hendaknya kita memilih jalan yang halal agar rezekinya menjadi berkah untuk kita. Selain itu, kita juga harus bertawakal dan mengutamakan kewajiban kita kepada Allah SWT. Jangan sampai kita mengabaikan tanggung jawab kita untuk beribadah karena alasan mencari rezeki. Hal ini justru membuat keberkahan dalam hidup kita hilang.

5. Riya dan takabur

Meski kita membelanjakan harta di jalan Allah dan berbagi kepada sesama, namun jika dilakukan karena ingin mendapatkan pujian dan terlihat menjadi seorang yang dermawan di mata orang lain, maka hal itu hanyala sia-sia. Mungkin benar kita akan terlihat baik dan disanjung orang lain, namun tidak di mata Allah SWT. Sikap riya dan takabur akan membuat hilangnya keberkahan dalam hidup kita. Untuk itu, hendaknya kita ikhlas dalam berbagi dan membantu orang lain. Sebisa mungkin lakukanlah segala kebaikan tanpa mengharapkan apapun selain ridho Allah SWT.

6. Tidak berbakti kepada orang tua

Seburuk apapun hubungan kita dengan orang tua, seharusnya kita tetap berbakti kepadanya. Tanggung jawab kita untuk membahagiakan dan berbakti kepada keduanya. Melupakan dan mengabaikan orang tua dapat membuat hidup kita tidak berkah. Seperti yang telah kita ketahui, berkah kita dan kesuksesan kita adalah berkat ridho orang tua, yang mana ridho orang tua juga menjadi ridho Allah SWT.

7. Memutus silaturrahmi

Dalam kehidupan, perselisihan, pertengkaran dan perikaian umum terjadi. Namun jika sampai memutuskan hubungan silaturrahmi dengan orang lain justru membuat hidup kita hilang keberkahannya. Jangan sampai perselisihan berakhir pada permusuhan yang sesungguhnya bisa menghambat jalannya rezeki kita.

8. Tidak mau berbagi dan bersedekah

Satu lagi yang menjadi penyebab hilangnya keberkahan dalam hidup adalah sifat kita yang pelit, kikir dan tidak mau bersedakah. Tidak mau berbagi kepada orang lain tidak akan membuat kita hidup kaya, justru malah akan membuat rezeki kita semakin sempit. Dalam harta kita ada hal orang lain yang harus dikeluarkan. Hal ini juga bisa menjadi penyebab rumah tangga kurang berkah dan menjadi alasan kenapa rezeki suami seret. Mulailah belajar untuk cara menghilangkan sifat egois agar mau berbagi dengan orang lain.

9. Tidak bersyukur atas rezeki yang di dapat

Seberapa pun rezeki yang kita dapat hendaknya disyukuri. Jika kita mengumpat maka akan hilangnya keberkahan atas rezeki itu. Kita harus bersyukur atas apa yang kita dapat dalam hidup, terlebih jika hidup kita sudah jauh dari kekurangan. Istri yang tidak bersyukur juga menjadi penyebab rumah tangga tidak berkah. Kurang bersyukur juga disebabkan oleh sifat manusia yang tidak pernah puas.

Demikianlah 9 penyebab hilangnya keberkahan dalam hidup yang perlu kita pahami dan hindari.

, ,
Oleh :
Kategori : Kehidupan