11 Cara Melupakan Masa Lalu yang Kelam Paling Mudah

Setiap orang memiliki kehidupan di masa lalu dengan ceritanya masing – masing dan kehidupan seseorang selalu berkaitan dan berhubungan dengan masa lalunya. Seseorang yang berusaha sungguh – sungguh di masa lalu untuk mencapai kebahagiaan di masa depannya, maka ia akan memperoleh hasilnya. Sedangkan yang tidak punya persiapan untuk masa depan dan memiliki kehidupan masa lalu yang pahit, maka ia juga akan merasakan dampaknya di masa depan baik secara langsung atau tidak.

ads

Semua kejadian di masa lalu juga dapat mempengaruhi pikiran seseorang di masa depannya, apalagi  di kehidupan lampau ia memiliki trauma yang membekas dalam ingatan. Itu akan menjadi beban untuknya dalam menjalani kehidupan. Masa lalu tidak bisa dilupakan karena sudah menjadi bagian dari hidup kita, namun untuk masa lalu yang kelam dan telah meninggalkan trauma psikis di dalam diri seseorang tidak ada salahnya untuk mencoba melupakannya dengan cara melupakan seseorang yang telah menyakiti kita di masa lalu atau melupakan kejadian-kejadian yang tidak patut untuk di ingat.

Namun untuk melupakan masa lalu itu tidak mudah dan tidak segampang membalikkan telapak tangan karena kejadian masa lalu melekat di ingatan dan memori seseorang. Untuk itu perlu banyak cara dan butuh usaha keras untuk bisa melupakan masa lalu tersebut. Berikut beberapa cara melupakan masa lalu yang kelam sebagai berikut :

  1. Cari kesibukan yang bermanfaat.

Dengan memiliki kesibukan dan aktivitas yang padat dapat membuat seseorang lupa dengan banyak hal karena ia akan lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan yang sedang ia jalani, sehingga ia tak kan sempat memikirkan hal lain. Dan ini merupakan salah satu cara melupakan masa lalu yang cukup ampuh.

  1. Buang semua barang kenangan dari masa lalu.

Untuk apa menyimpan kenangan dari masa lalu yang pahit dan kelam, buang saja semuanya. Karena jika benda – benda itu terlihat akan membangunkan kembali memori kita untuk mengingat masa lalu.

  1. Hindari untuk berbicara tentang masa lalu.

Jika bertemu dengan teman lama tak jarang kita sering berbicara tentang masa lalu dan kembali mengulang cerita tersebut sebagai bahan pembicaraan. Hindari hal tersebut terjadi, jika pembicaraan sudah mulai mengarah ke masa lalu sebaiknya segera alihkan pembicaraan atau segera berajak dengan mencari alasan lain. Jika perlu tidak usah datang ke acara reuni yang akan menghubungkan kita untuk kembali mengingat ke masa lalu tersebut.

  1. Pikirkan untuk hidup di masa depan.

Jangan terus tenggelam bersama bayangan masa lalu, pikirkan segala hal dan keinginan yang ingin di capai di masa depan untuk kehidupan yang lebih baik di masa mendatang. Dengan mengejar impian untuk masa depan akan membuat kita lupa akan masa lalu.

  1. Jangan sering menyendiri.

Selalu bersikap menyendiri akan membuat kita sering melamun dan melayang ke masa lalu, jangan biarkan hal itu terjadi karena akan membuat kita semakin terpuruk. Bersosialisasilah dengan lingkungan sekitar agar kita bisa menjalani kehidupan lebih baik.

  1. Optimis menjalani masa sekarang dan masa depan.

Yakinlah untuk menjalani kehidupan saat ini dan untuk masa depan, dengan begitu kita akan menjalani kehidupan dengan penuh semangat dan keyakinan untuk menyongsong hari esok yang lebih baik lagi.

  1. Minta bantuan psikolog jika dibutuhkan.

Jika kejadian di kehidupan masa lalu meninggalkan trauma yang sangat berat, sebaiknya minta bantuan dari psikolog untuk meringankan beban psikis yang di alami. Karena sang ahli akan memiliki banyak cara untuk menyelesaikan persoalan yang di alami pasiennya.

  1. Terima kenyataan dari masa lalu dengan ikhlas.

Cobalah untuk ikhlas dalam menerima kenyataan yang telah terjadi, karena keikhlasan dapat membuat seseorang merasa lebih rela akan sesuatu yang di alaminya dan dapat menerima segala hal dengan lapang dada.


  1. Coba memaafkan walaupun pahit.

Meski terasa pahit cobalah untuk memaafkan yang telah berlalu, lihatlah kehidupan yang sekarang yang harus diperjuangkan. Jangan biarkan masa lalu terus mengancam kehidupan di masa mendatang.

  1. Hindari tempat – tempat yang berhubungan dengan masa lalu.

Di masa lalu tentu kita memiliki banyak tempat yang biasa dikunjungi, cobalah untuk menghindari tempat – tempat tersebut karena ingatan kita akan kembali ke masa lalu di saat berada di tempat tersebut. Terutama hindari tempat yang telah meninggalkan rasa trauma yang cukup berat.

  1. Kejarlah impian yang tertunda.

Kita tentu memiliki impian dan cita – cita yang ingin di gapai dan di raih, kembalilah untuk mencoba dan berusa mengejar keinginan tersebut, dengan begitu kita akan fokus mewujudkan impian kita sehingga masa lalu bisa terabaikan.

Demikianlah kiat – kiat yang dapat kita lakukan untuk membantu kita dalam melupakan kenangan masa lalu yang kelam dan terus membayangi. Semoga kita bisa menjalani kehidupan yang lebih baik di masa depan tanpa harus terbebani oleh bayangan dari masa lalu.

, , ,