15 Cara Melupakan Seseorang Yang Telah Menyakiti Kita Tanpa Harus Membencinya

Banyak sekali hal atau momen yang terkadang membuat kita merasa down dalam hidup, salah satunya yakni momen dimana kita disakiti atau dikhianati oleh orang lain. Mempunyai seseorang yang dapat kita percayai adalah sebuah pengalaman yang berharga, seperti mendapat seorang teman. Hubungan dan rasa saling dekat dan tergantung akan tumbuh satu sama lain. Namun, setiap orang pasti mengalami yang namanya kegagalan dalam berhubungan, baik itu persahabatan, pacaran dan lain sebagainya. Kegagalan dalam berhubungan ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya: merasa disakiti, dikhianati, dibohongi dan lainnya.

ads

Kenangan yang kelam seringkali membuat kita enggan, ragu dan pesimis dalam menjalani keseharian kita. Sehingga kerap kali kita ingin melupakan hal-hal atau momen-momen yang tidak menyenangkan, salah satunya adalah momen ketika kita disakiti oleh orang lain. Di bawah ini adalah informasi cara untuk melupakan seseorang yang telah menyakiti hati kita:

1. Sibukkan Diri

Menyibukkan diri dengan berbagai hal yang positif akan membantu kita melupakan segala keresahan dan masalah hidup yang kita hadapi. Daripada mengingat-ingat momen yang hanya membuat kita terbelakang untuk terus maju, lebih baik melakukan hal-hal yang positif sembari berusaha melupakannya.

2. Hargai Diri Anda

Ingat bahwa diri Anda terlalu berharga untuk disakiti dan dikhianati oleh orang lain. Hargai diri Anda dengan tidak membuang-buang waktu memikirkan orang tersebut dan terpuruk dalam kesedihan. Segera bangkit dari kesedihan untuk kebaikan diri Anda sendiri.

3. Perbanyak Waktu Dengan Teman

Menghabiskan waktu bersama kawanan, teman dan kolega akan membantu Anda melupakan orang yang telah menyakiti Anda. Hal ini akan meyakinkan Anda bahwa masih ada banyak orang yang memiliki kepedulian dan perhatian yang besar terhadap Anda. Memikirkan seseorang yang tidak menghargai Anda dalam hidupnya adalah hal yang sia-sia untuk dilakukan. Lebih baik gunakan waktu tersebut untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang yang mencintai dan menghargai Anda.

4. Konsultasi Dengan Seseorang Yang Kita Percayai

Jangan pernah ragu untuk curhat, bercerita dan berkonsultasi dengan seseorang yang Anda percayai tentang segala masalah yang Anda hadapi. Mempunyai seseorang yang selalu mendengarkan keluhan, cerita, omelan dan curhatan Anda seperti ini akan meringankan pikiran Anda dan dapat membuat diri Anda merasa lebih baik.

Artikel lainnya:

5. Jangan Menyimpan Dendam

Melupakan memang perlu dilakukan. Namun jangan sampai pada fase membenci atau bahkan menyimpan dendam. Ingat bahwa hukum karma itu ada. Sekali Anda membenci orang lain, siklus ini akan terus berputar, dan akan ada masa dimana Anda pun juga akan dibenci oleh orang lain.

6. Lapang Dan Terima

Kegagalan berhubungan selalu ada. Terima saja dengan lapang apapun yang terjadi. Jangan pernah mencoba untuk mengelak kenyataan dan memaksa suatu hubungan.

7. Give And Take

Ingat tentang teori “give and take”. Apapun yang pernah orang lakukan terhadap Anda, pasti akan datang berbalik kepada orang tersebut. Janganlah merasa bersedih. Janganlah merasa menyesal. Karena siklus kehidupan tetap berjalan. Ia akan menerima pelajaran yang sama di kemudian hari. Lantas, Anda harus melupakan kegagalan saat ini untuk terus melangkah maju ke depan dengan hubungan yang baru.

8. Berdiri Selagi Bisa 

Jangan terlalu terpuruk dalam kesedihan akan masalah dan kejadian masa lalu yang menyakiti hati kita. Segera cepat bangkit selagi belum jatuh terlalu dalam.

9. Banyak Orang Yang Mencintai Anda

Lihatlah sekeliling Anda. Sadarilah bahwa Anda dikelilingi oleh orang-orang yang peduli dan mencintai Anda. Untuk apa terus meratapi kepergian satu orang yang memilih beranjak pergi dari kehidupan kita, jika masih ada banyak orang di sekeliling kita yang mau menetap dan datang kepada kita?

10. Setiap Orang Pernah Disakiti

Setiap orang pernah merasakan sakit hati dan disakiti. Perasaan seperti ini lumrah terjadi. Sehingga jangan merasa bahwa Anda mengalami kegagalan yang besar dalam hidup. Ambil saja kejadian ini sebagai batu loncatan Anda untuk hubungan baru selanjutnya.

11. Jadikan Pembelajaran Dan Evaluasi

Kejadian atau momen yang tidak menyenangkan di masa lalu sebaiknya digunakan sebagai kaca kehidupan untuk kemudian dilihat kembali dan digunakan sebagai pembelajaran maupun evaluasi. Hal ini perlu dilakukan, agar kita tidak akan mengulangi kesalahan yang sama pada hubungan berikutnya. Selain itu, Anda juga bisa memperbaiki kekurangan Anda dari sisi-sisi tertentu.

12. Perbanyak Komunitas

Jangat takut untuk kembali berkumpul dan bercengkerama dengan orang-orang banyak. Biasanya, orang akan mengalami trauma untuk memulai hubungan yang baru selepas gagal dalam hubungan sebelumnya. Buang jauh-jauh rasa trauma ini dan perbanyak kenalan serta komunitas sebanyak mungkin. Hal ini akan membantu Anda berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai macam karakteristik serta sudut pandang. Semakin banyak orang atau kenalan yang Anda punya, semakin cakap Anda dalam berhubungan dengan orang lain di kemudian hari.

13. Terbuka Untuk Hubungan Baru

Sekali lagi jangan merasakan trauma dan tetaplah terbuka untuk mencoba hubungan yang baru. Anda tidak akan pernah tahu apa yang terjadi jika bahkan belum mencoba memulai. Praktekkan apa-apa yang telah Anda pelajari dan pahami dari evaluasi-evaluasi sebelumnya. Anda akan memiliki hubungan yang lebih baik dengan orang yang baru nantinya.

Artikel lainnya:

14. Perluas Koneksi Dan Kenalan

Memperluas koneksi dan kenalan membuat Anda membuka dan mempunyai komunitas baru. Semakin banyak koneksi dan kenalan, semakin meningkat rasa sosialitas Anda di lingkungan sekitar. Anda juga dapat melatih diri untuk mengatasi rasa trauma berhubungan.

15. Hindari Segala Hal Yang Berhubungan Tentangnya

Untuk melupakan seseorang yang telah menyakiti Anda, hindari segala sesuatu yang berbau atau berhubungan tentangnya. Semua kenangan bersamanya, barang-barang sejarah dengannya, kegiatan-kegiatan bersamanya dan lain sebagainya.

Ingat bahwa langkah ini hanya untuk membantu Anda melupakan seseorang tersebut dan kenangannya. Bukan untuk membenci dan justru menyimpan dendam kepadanya, dengan tidak menyapa, memusuhi dan lain sebagainya. Dengan mengingat teori give and take dan karma kehidupan, tentunya Anda dapat menentukan seperti apa Anda harus bertindak ketika bertemu dengannya, menyapanya, dan lain sebagainya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Wednesday 27th, September 2017 / 18:00 Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan