15 Cara Menjaga Persahabatan Agar Tetap Utuh Selamanya

Tentu saja setiap orang memiliki sahabat baik dalam kehidupannya. Memiliki sahabat yang bisa mengerti kondisi kita bahkan menjadi tempat bersandar ketika sedang susah tentunya yang diinginkan tiap orang. Mencari sahabat yang seperti itu memang bukanlah hal yang mudah, namun lebih sulit lagi untuk menjaga persahabatan agar tetap utuh sampai kapanpun. Banyak kasus dimana sahabat yang sudah bertahun-tahun lamanya tiba-tiba menjauh karena berbagai hal. Tentunya anda tidak ingin bukan kehilangan persahabatan yang sudah anda bangun selama ini? Nah berikut ini beberapa cara menjaga persahabatan agar tetap utuh yang dapat anda coba.

ads

1. Saling Jujur Satu Sama Lainnya

Seperti hal nya sebuah hubungan, dalam persahabatan pun kejujuran merupakan pondasi utama dalam membangun hubungan yang kuat. Dengan kejujuran, akan membuat anda dan sahabat-sahabat anda semakin terhubung dengan ikatan batin yang kuat. Nah untuk itu sangat disarankan untuk saling jujur satu sama lainnya terhadap sahabat anda. Seburuk apapun itu tetaplah berusaha jujur agar tak terjadi kesalahpahaman di depannya.

2. Fleksibel

Cara lainnya yang efektif dapat menjaga persahabatan agar tetap utuh adalah fleksibel. Dengan tidak adanya rasa fleksibel, akan sangat sulit rasanya untuk dapat menerima perubahan sikap dan perilaku dari teman-teman anda sendiri. Untuk itu, cobalah untuk belajar menyikapi jika terjadi perubahan-perubahan dalam diri sahabat anda. (baca juga: Ciri Ciri Wanita Psikopat)

3. Segera Atasi Kesalahpahaman

Jika terjadi kesalahpahaman di dalam hubungan persahabatan, maka segeralah untuk memperbaikinya. Jangan menunda terlalu lama karena hanya akan menambah permasalahan baru saja. Selain itu, jika dibiarkan terus menerus maka bisa jadi masalah yang tadinya sepele dapat menghancrukan persahabatan yang sudah anda dan teman-teman anda bangun selama ini.

4. Minta Maaf Langsung Jika Merasa Bersalah

Setiap orang tentunya pernah melakukan kesalahan, karena tak ada orang sempurna satupun di dunia ini. Jadi jangan takut jika anda harus meminta maaf. Bila anda memang bersalah, sesegera mungkin cepatlah untuk meminta maaf. Begitu pula sebaliknya, jika sahabat anda yang bersalah, maka cobalah untuk memaafkannya. (baca juga: Kewajiban Orang Tua Kepada Anak)

5. Ucapkan Terima Kasih

Tak hanya meminta maaf, berterima kasih juga perlu anda terapkan dalam persahabatan. Hal ini yang terkadang seringkali diabaikan oleh kebanyak orang. Padahal ucapan-ucapan terima kasih bisa membantu ikatan persahabatan menjadi lebih kuat dari sebelumnya. (baca juga: Cara Bergaul Yang Baik)

6. Selalu Bisa Menjaga Rahasia

Buang jauh-jauh kebiasaan yang selalu mengumbar-umbar keburukan orang-orang lain di sekitar jika anda memang ingin hubungan persahabatan anda menjadi tetap utuh sampai kapanpun. Sifat ini tak hanya merugikan orang lain namun juga diri anda sendiri. Untuk itu belajarlah untuk sellau bisa menjaga rahasia sahabat-sahabat anda dengan baik.

7. Selalu Menjadi Pendengar Yang Baik

Cobalah untuk selalu bisa menjadi pendengar yang baik bagi sahabat-sahabat anda. Jangan pernah bersikap menggurui ataupun tidak menghiraukan apa yang dibicarakan teman anda. Anda boleh memberikan nasehat bagi teman anda, namun jangan melakukannya dengan cepat atau malah bisa menyulitkan teman anda nantinya. Berikan nasehat secara perlahan dan pastikan teman anda mengerti yang anda maksud. (baca juga: Ciri Ciri Pria Berkharisma)


8. Selalu Ada

Selalu ada untuk sahabat, bahkan ketika sahabat dalam keadaan susah maupun berbuat kesalahan menjadi salah satu cara membuat persahabatan tetap utuh sampai kapanpun. Dengan begitu sahabat anda akan merasakan ketulusan diri anda. Bahkan anda juga bisa membantu menuntun sahabat anda untuk menjadi orang yang lebih baik lagi dari sebelumnya. (baca juga: Tips Keluarga Sakinah)

9. Saling Menghargai

Jangan pernah bertindak seolah olah anda berhak mengatur dan mengontrol sahabat anda. Meskipun persahabatan yang anda jalin sudah cukup lama, namun bukan berarti anda bisa melakukan hal tersebut. Sehingga biarkan saja kebebasan itu ada di dalam persahabatan anda. Hargai setiap keputusan yang diambil sahabat anda. Hal ini membantu persahabatan anda aan jauh lebih baik lagi dari sebelumnya. (baca juga: Tanda-Tanda Dia Jodoh Kita)

10. Hindari Berburuk Sangka

Kecurigaan dan selalu berburuk sangka menjadi indikasi bila anda merasa iri pada sahabat anda. Bila dibiarkan terus menerus akan menimbulkan kesalahpahaman dan berakibat pertengkaran. Untuk itu sebisa mungkin hilangkan perasaan-perasaan tersebut dalam diri pasangan anda. Jika ada sesuatu hal yang anda pikirkan, langsung tanyakan kepada sahabat agar anda tidak berpikiran yang tidak-tidak.

11. Memelihara Kepercayaan Satu Sama Lainnya

Kepercayaan merupakan hal terpenting di dalam persahabatan. Untuk itu, pelihara rasa kepercayaan yang diberikan oleh sahabat anda. Jangan sekali-kali mengecewakan kepercayaan yang sudah diberikan kepada anda. Cukup dengan tidak saling mengobral rahasia satu sama lainnya saja membantu menjaga persahabatan anda. (baca juga: Ciri Ciri Orang Sombong)


12. Menjaga Komunikasi Baik

Baik dalam hubungan apapun, termasuk dalam persahabatan pun diperlukan komunikasi yang terjalin dengan baik. Dengan adanya komunikasi yang baik, tentunya anda dan sahabat bisa memahami keinginan satu sama lainnya. Komunikasi yang baik pun juga mencegah terjadi konflik yang dapat memicu pertengkaran di dalam pertemanan. (baca juga: Ciri Ciri Orang Ambisius)

13. Sabar

Adanya perbedaan di dalam pertemanan terkadang masih menjadi masalah yang dapat menyebabkan konflik besar di kedepannya. Bila anda tak memiliki kesabaran yang ekstra dalam menghadapi pertemanan tesebut. Tentu saja dapat mengakibatkan persahabatan yang anda bangun menjadi pecah. Untuk itu pentingnya untuk bersikap sabar dalam menghadapi kondisi apapun di dalam persahabatan.

14. Sisihkan Waktu Bersama

Sesibuk apapun kegiatan yang anda miliki, sebisa mungkin untuk menyisihkan waktu bersama sahabat-sahabat anda. Entah hanya sekedar berbicara, jalan-jalan, hingga melakukan kegiatan-kegiatan lainnya yang menyenangkan. (baca juga: Tips Keluarga Harmonis)

15. Komitmen 

Yang terakhir adalah komitmen, hal ini penting bila anda ingin persahabatan anda dapat kuat terjalin dan bertahan lama. Komitmen merupakan landasan dasar dari sebuah hubungan persahabatan. Bila anda memiliki komitmen yang tinggi, maka apapun masalah nya yang muncul, anda mampu menyelesaikannya dengan mudah. (baca juga: Cara Mengetahui Orang Berbohong)

Nah itu tadi beberapa cara menjaga persahabatan agar tetap utuh dan awet terjalin sampai kapanpun. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda.

baca juga:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 12th, May 2017 / 06:23 Oleh :
Kategori : Teman