7 Cara Menolak Teman Datang ke Rumah dengan Halus dan Sopan

Dalam hidup kita tentu memiliki teman, ada yang akrab, sangat dekat, atau hanya sekedar teman biasa untuk ber’say hello‘ saja. Memiliki banyak teman memang sangat baik dan pastinya ada keuntungan banyak teman dalam hidup. Namun dari semua teman yang kita miliki, tidak semuanya yang baik. Ada yang benar-benar baik dan hanya ada yang baik dalam kepura-puraan, atau teman yang ada disaat senang yang termasuk ciri-ciri teman tidak setia. Dan tidak semua teman pula yang kita sukai karena mungkin memperlihatkan ciri-ciri teman munafik.

Ada teman yang hanya ingin mendapatkan keuntungan dari kita, atau teman yang berniat menjatuhkan kita dengan dibalik semua sikap manisnya. Kita tentu tidak ingin terlalu dekat dengan teman yang tidak kita sukai. Bukan karena ingin memutus hubungan silaturrahmi, tapi karena ada alasan lain yang membuat kita tidak ingin begitu dekat. Justru demi menghindari hubungan yang buruk dengannya. Terlebih kamu melihat adanya ciri-ciri teman palsu dalam sikapnya.

Di saat ingin di rumah sendiri tanpa ada gangguan teman, bagaimana cara menolak teman datang ke rumah kita dengan halus? Dimana keadaan kita yang tidak memungkinkan untuk menerima tamu. Jangan bingung! Beberapa alasan di bawah ini bisa kamu gunakan sebagai cara menolak teman datang ke rumah dengan sopan.

1. Katakan Bahwa Kamu Sedang Tidak Berada di Rumah

Saat temanmu menelepon mengatakan ingin ke rumah, kamu bisa menolaknya dengan mengatakan bahwa kamu sedang tidak di rumah. Katakanlah kamu sedang berada di teman yang cukup jauh atau alasan lain yang membuat kamu tidak memungkinkan pulang dalam waktu cepat.

2. Ada Keperluan Lain yang Tidak Bisa di Tunda

Ada kalanya teman datang di waktu yang tidak tepat, dimana kondisi kita sedang tidak ingin melayani tamu. Saat tiba-tiba teman sudah datang ke rumah, mau tak mau kamu harus menerimanya walau sesaat. Beri waktu sebentar dan katakanlah padanya bahwa kamu hendak pergi untuk kepentingan lain yang penting dan tidak bisa di tunda.

3. Abaikan Pesan dari Temanmu yang Henda ke Rumah

Teman yang ingin bertamu dari jauh, biasanya memastikan lebih dulu apakah orang yang dituju sedang berada di rumah atau tidak dengan menelpon atau mengirim pesan. Tujuannya tentu karena tidak ingin perjalanannya yang jauh berakhir sia-sia karena tidak ada orang di rumah.

Jika kamu menerima pesan dari teman yang menyampaikan keinginannya untuk bertamu ke rumah, cukup kamu abaikan pesan tersebut. Tidak ada balasan pesan darimu, akan membuatnya ragu untuk bertamu dan berpikir bahwa kamu sedang tidak di rumah.

4. Sedang Sibuk Mengurus Banyak Urusan

Cara menolak teman datang ke rumah secara halus agar tidak menyinggungnya bisa dengan mengatakan bahwa kamu sedang sibuk mengurus banyak urusan. Sehingga kamu harus bolak balik ke luar rumah menyelesaikan urusan atau masalah yang sedang terjadi. Kondisi seperti ini tentu akan membuatnya mengurungkan niat untuk bertamu.

5. Sedang di Luar Rumah dengan Pacar atau Suami

Alasan lainnya yang bisa digunakan sebagai cara menolak teman datang ke rumah adalah dengan mengatakan bahwa kamu sedang di luar rumah bersama pacar atau pun suami. Biasanya kalau sedang bersama pacar atau suami teman akan bisa memaklumi juga.

6. Sedang di Luar Kota

Nah, kalau teman yang ingin datang ke rumah atau teman yang cukup dekat, biasanya akan sedikit ngeyel jika ia ingin datang ke rumah. Karena ia bisa datang ke rumah kapan saja atau menunggu hingga kamu sampai di rumah. Terlebih jika keinginannya ke rumah karena ada hal penting. Nah, untuk menolaknya, kamu bisa katakan bahwa kamu sedang berada di luar kota. Mungkin bersama suami atau sendirian untuk berkunjung ke rumah orang tua, saudara atau kerabat.

7. Sedang Ada Tugas ke Luar Kota

Jika teman yang ingin bertamu ke rumah bukan teman kantor atau teman dekat yang mengetahui seluk beluk kantormu, kamu bisa mengatakan padanya bahwa kamu sedang bertugas ke luar kota dan mungkin akan balik dalam beberapa hari.

Itulah 7 cara menolak teman datang ke rumah dengan halus dan sopan yang bisa kamu lakukan. Dengan memberikan alasan yang tepat, kamu tidak akan terlihat kasar, tidak sopan atau merasa tidak enak hati padanya. Simak juga cara menghadapi masalah dengan teman agar bisa segera diselesaikan, cara menghadapi sindiran dari teman agar tidak baper, dan juga cara memberikan motivasi kepada teman baik yang selama ini selalu ada untuk kita. Memang semua alasan diatas adalah kebohongan, tapi mau bagaimana lagi jika sesungguhnya kondisi fisik atau psikologis kita sedang tidak ingin melayani tamu?

, ,
Oleh :
Kategori : Teman