Sponsors Link

10 Cara Menghilangkan Kejenuhan dalam Hidup

Sponsors Link

Masalah apa yang sedang membuat Anda stres akhir-akhir ini? Masalah keuangan? Persoalan berat badan? Tidak paham cara mengambil keputusan? Pertengkaran dalam rumah tangga? Depresi di tempat kerja atau sekolah? Kekurangan tenaga? Tidak memahami cara meningkatkan keyakinan diri atau masalah dalam hubungan?

Masalah-masalah tersebut sebetulnya adalah masalah yang umum dan biasa terjadi, namun pernahkah Anda berpikir bahwa banyak dari masalah Anda tersebut sebenarnya merupakan gejala dari permasalahan yang tersembunyi?

Masalah Tersembunyi Di Balik Kejenuhan

Kejenuhan kronis yang sudah menjadi epidemi bisa jadi adalah faktor pendukung dari masalah-masalah tersebut di mana kejenuhan ini menguras kebahagiaan dan kesenangan jutaan orang di masa kini. Permasalahan tersebut mempengaruhi banyak orang secara emosional, secara fisik, dan secara finansial serta menjauhkan dari kebahagiaan dan kualitas hidup. Jika sudah begini maka rasa bosan yang kita bicarakan bukan lagi rasa bosan yang kita dapat karena tidak punya hal untuk dilakukan melainkan kejenuhan karena ada terlalu banyak hal untuk dilakukan dan membuat kita mempertanyakan kembali ‘apa yang seharusnya aku lakukan dengan hidupku?’

Rasa jenuh faktanya adalah hasil dari rasa yang membuat Anda berpikir bahwa ada yang kurang dan belum terpenuhi serta hidup yang terasa begitu-begitu saja. Mengapa? Karena dari waktu ke waktu dari saat Anda bangun tidur hingga kembali ke tempat tidur lagi pada malam hari, tidak ada hal seru atau menyenangkan yang terjadi. Tidak ada yang Anda nantikan setiap hari. Tidak ada alasan untuk merasa bersemangat pada hari-hari Anda. Tidak ada antisipasi atau kesenangan. Satu-satunya yang ingin Anda lakukan pada akhirnya adalah bagaimana Anda bisa lepas dari kejenuhan itu dan memiliki kembali hidup Anda yang menyenangkan dan penuh semangat.

Menghilangkan Kejenuhan

Sebetulnya semua yang perlu Anda lakukan sama sebagai tips menghilangkan rasa bosan ketika kejenuhan melanda adalah melakukan sesuatu yang menghibur. Anda harus menemukan hal yang membuat Anda senang dan kembali bersemangat. Tetapi tentunya saat jenuh menyerang, tidak ada yang kita pikirkan selain alasan dari kejenuhan itu sendiri. Untuk itu, berikut beberapa cara menghilangkan kejenuhan yang sudah kronis yang bisa Anda coba dan rasakan hasilnya:

1. Berlibur

Selain sebagai cara membahagiakan diri sendiri, berlibur dapat memecah kejenuhan dan membuat Anda bersemangat kembali. Liburan panjang maupun singkat adalah ide yang bagus dan penting untuk dilakukan secara teratur. Meski liburan dapat berakhir dan Anda akan kembali ke rutinitas Anda semula, sesekali terlepas dari keseharian akan menyegarkan tubuh dan pikiran Anda.

2. Ciptakan tantangan baru

Sering kali kita merasa bosan karena kita tidak punya tantangan. Banyak hal terasa mudah dan biasa bagi kita. Jadi dari pada menunggu orang lain yang memberi Anda tantangan, ciptakan tantangan baru Anda sendiri. Bagaimana Anda dapat menantang diri Anda? Tetapkan tujuan baru dalam pekerjaan atau studi Anda. Tantang diri Anda untuk lebih produktif dalam berkarya. Jelajahi proyek-proyek baru. Pelajari juga cara menghilangkan rasa takut yang berlebihan terhadap hal baru atau keluar dari zona nyaman Anda dan kejar tantangan-tantangan tersebut.

3. Refleksi diri

Setiap orang, seperti apapun gaya hidupnya, perlu meluangkan sebagian waktunya setiap hari untuk berefleksi atau bercermin pada diri sendiri. Waktu untuk refleksi diri ini merupakan kesempatan untuk merasa tenang dan damai. Tanyakan pada diri Anda sudahkah Anda tahu cara menghargai orang lain? Sudahkah Anda membuat diri Anda sendiri bahagia? Apakah Anda hidup sesuai dengan yang Anda inginkan? Biarkan pikiran Anda sunyi selama 10-15 menit setiap hari. Anda akan mampu menangani hidup Anda dan mengendalikan kejenuhan yang Anda derita dengan pikiran yang lebih tenang.

4. Jelajahi pilihan karir baru

Sponsors Link

Jika karir yang Anda miliki sekarang sudah membuat Anda nyaman, tidak ada salahnya memberi diri Anda tantangan untuk mencoba karir lain yang selama ini Anda inginkan. Atau jika Anda tidak begitu menyukai pilihan karir Anda saat ini, inilah saatnya Anda melangkah lebih berani dan mencari kesempatan lain. Pahami pula cara membuat keputusan dan temukan pilihan karir mana yang terbaik bagi Anda.

5. Buat daftar tujuan hidup

Apa yang ingin Anda capai dalam hidup, bukan hanya dalam pekerjaan atau studi tapi juga secara personal? Jika Anda sudah pernah membuat daftar tujuang hidup Anda, sekaranglah waktunya untuk memperbarui daftar tersebut. Lalu pilihlah satu poin dari daftar tersebut dan berusahalah untuk mencapainya dalam tahun ini. Pikirkan bagaimana Anda dapat maju selangkah lebih dekat setiap hari pada tujuang tersebut, meski hanya langkah kecil. Lakukan setiap hari dan Anda akan bergerak lebih dekat dan lebih cepat pada pencapaian Anda.

6. Bersihkan tempat kerja, kamar, atau rumah

Jika tidak ada yang dapat Anda lakukan dan langkah-langkah di atas terasa berat, cobalah hal yang lebih ringan. Lihatlah sekeliling Anda dengan pandangan yang lebih kritis dari biasa. Tanyakan pada diri Anda apa yang bisa Anda lakukan untuk menyederhanakan penyimpanan barang ini atau apakah barang itu benar-benar Anda perlukan. Singkirkan barang yang tidak Anda perlukan, susunlah barang-barang atau file komputer Anda misalnya, berdasarkan kategori. Sesungguhnya ,enjaga lingkungan pribadi tetap bersih, rapi, dan teratur bukan hanya kewajiban anak di rumah atau sebagai cara menjadi orang tua yang baik.

7. Lakukan hobi Anda

Temukan hal yang dapat Anda lakukan yang tidak berhubungan dengan keseharian dan kewajiban Anda. Sesuatu yang Anda lakukan karena semata Anda menikmatinya. Anda tidak memerlukan alasan untuk tiap hal yang Anda lakukan, tekuni hobi Anda karena Anda menikmatinya. Hobi sejatinya sama dengan liburan dari hidup Anda yang terstruktur jadi jangan masukkan alasan terselubung ke dalamnya. Tujuan dari hobi ini adalah agar Anda menikmatinya dan Anda dapat kembali ke rutinitas Anda dengan lebih segar.

Sponsors Link

8. Mencari teman baru

Selama ini bisa jadi Anda dikelilingi oleh orang yang itu-itu lagi, teman yang sama, kerabat yang sama, kenalan yang begitu-begitu saja. Bagian hidup yang monoton seperti inilah yang membuat hidup Anda tampak tidak menarik dan membuat jenuh. Sebagai bentuk keterlibatan Anda dalam pergaulan masa kini, bergabunglah dengan sebuah komunitas yang Anda senangi atau pergilah makan siang atau istirahat di tempat yang lain dari biasanya dan kesempatan untu bertemu dengan orang baru akan semakin meningkat. Anda bisa pula belajar dari teman Anda cara memberikan motivasi pada teman dan bagaimana ciri-ciri teman yang baik dan tulus yang dapat bergabung secara sosial.

9. Tingkatkan keterampilan Anda

Pada era di mana teknologi canggih semakin terjangkau seperti saat ini, Anda dapat meningkatkan keterampilan Anda di berbagai bidang secara online, baik yang berhubungan  dengan pekerjaan dan studi maupun yang tidak. Didik diri Anda dan jadilah instruktur pribadi Anda sendiri. Pilih keterampilan yang perlu Anda pertajam, tantang diri Anda untuk jadi lebih baik, dan terus sempurnakan. Mengasah keterampilan yang Anda miliki secara terus menerus merupakan salah satu cara agar percaya diri Anda meningkat.

10. Bermain Sudoku

Sudoku mungkin bukan game yang paling intelek atau yang paling menyenangkan Namun jangan berpikir bahwa game yang membutuhkan pemikiran ini bukanlah aktivitas yang dilakukan ketika bosan karena selain membunuh waktu, Sodoku juga akan mengasah otak Anda.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 10th, September 2016 / 15:57 Oleh :
Kategori : Kehidupan