7 Bahaya Cinta Mati Sama Pacar Tersayang

Fenomena jatuh cinta merupakan sebuah momen tersendiri yang dianugerahkan Tuhan kepada setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan. Cinta memang ditengarai akan menyebarkan rasa kasih dan sayang kepada siapapun yang sedang mengalaminya. Bahkan banyak sekali orang-orang yang justru meraih kesuksesan dan kebahagiaan dengan cinta yang mereka miliki bersama dengan pasangannya. Namun tidak sedikit pula orang-orang yang justru terpuruk dalam kondisi terburuknya disebabkan oleh cinta.

ads

Dalam dunia anak muda maupun orang dewasa yang masih belum menikah, cinta biasanya identik dengan hubungan jalinan kasih yang bertajuk pacaran. Pacaran merupakan salah satu sarana terpopuler yang dilakukan banyak pasangan untuk memulai membangun hubungan asmara antar satu sama lain, sebelumnya akhirnya memutuskan untuk lebih serius yang ditandai dengan sebuah pernikahan serta melakukan persiapan menikah.

Cinta kepada pacar memang sebuah keharusan, bahkan bisa dijadikan indikator akan keseriusan hubungan yang sedang dijalin. Tetapi satu hal yang terkadang dilupakan bahwa cinta bisa saja membuat seseorang menjadi mabuk kepayang, sehingga terlalu rela melakukan apa saja demi pasangannya supaya dia dapat terus berbahagia. Ketahuilah bahwa terlalu cinta kepada pacar juga bukan hal yang baik untuk dilakukan. Mengapa demikian?

Berikut beberapa bahaya cinta mati sama pacar, di mana dewasa ini sering dikenal dengan sebuah cinta mati, antara lain:

  1. Tidak Menjadi Mandiri

Bahaya pertama akibat terlalu cinta terhadap pacar adalah tidak bisa menjadi pribadi yang mandiri. Hal ini dikarenakan terlalu cinta sering kali membuat seseorang menjadi merasa semua hal yang dilakukannya harus bersama dengan pacarnya. Sehingga apabila tanpa kehadiran pacarnya, ia tidak mau melakukan hal yang sebenarnya bisa dilakukannya sendiri. Dampak lain yang juga dirasakan nantinya ialah Anda dapat tergolong dalam orang-orang yang terlalu dependen (bergantung) kepada pasangan atau pacar.

  1. Dimanfaatkan

Bahaya kedua akibat terlalu cinta terhadap pacar adalah dimanfaatkan. Dengan kata lain, ada kemungkinan cinta Anda yang terlalu dalam kepada pacar justru dimanfaatkannya untuk memperdaya Anda. Sehingga bukan lagi balasan cinta darinya yang Anda peroleh, namun justru sebaliknya yakni hal-hal lain selain cinta, seperti materi. Karena Anda diketahui memiliki cinta yang dalam (cinta mati), maka bisa saja pacar akan memanfaatkan materi yang Anda miliki hanya untuk memenuhi segala keinginan dan kemauannya. Hal ini merupakan salah satu sisi gelap yang memang ada di dalam dunia percintaan.

  1. Memunculkan Sifat Posesif

Bahaya ketiga akibat terlalu cinta terhadap pacar adalah memunculkan sifat posesif di dalam diri. Perasaan terlalu cinta terkadang akan membuat Anda menjadi pacar protektif dan menjadi berlebihan terhadap pacar, terutama dalam hal perlindungan dan pergaulan yang dijalani oleh pacar. Dengan demikian, Anda biasanya akan lebih membatasi pergaulan sang pacar sehingga dia akan merasa tidak nyaman dan menganggap Anda terlalu egois.

  1. Menjadikan Pacar Takut

Bahaya keempat akibat terlalu cinta terhadap pacar adalah menjadikannya takut. Ini merupakan turunan bahaya dari munculnya sifat posesif pada poin nomor 3 di atas. Yang mana, sifat posesif yang cenderung membatasi gerak-gerik atau pergaulan pacar justru akan membuatnya merasa ketakutan. Sedemikian sehingga dia akan merasa tidak lagi nyaman apabila sedang bersama Anda dan akan menjadi penyebab rasa cinta berkurang.

  1. Terbiasa Bermesraan di Depan Umum

Bahaya kelima akibat terlalu cinta terhadap pacar adalah terbiasa bermesraan di depan umum. Hal ini dikarenakan perasaan cinta yang terlalu dalam biasanya akan membuat seseorang untuk memamerkan kemesraannya kepada orang lain, meskipun saat berada di depan umum sekalipun. Ketahuilah bahwa tidak semua pasangan akan nyaman dengan hal yang demikian, bahkan orang lain di sekitarnya sekalipun.


Sebagai catatan, kemesraan dalam berpacaran sejatinya tidaklah perlu dipamerkan karena kemesraan yang terjalin akan menjadi lebih intens apabila dirasiakan berdua saja dengan pasangan.

  1. Meninggalkan Hubungan Lainnya

Bahaya keenam akibat terlalu cinta terhadap pacar adalah dapat menimbulkan kemungkinan untuk meninggalkan hubungan yang lainnya. Dengan kata lain, hanya karena terlalu sibuk bersama dengan pasangan, maka Anda cenderung melupakan hubungan lainnya yang dijalin bersama orang-orang selain pacar. Contohnya ialah keluarga dan teman. Hanya gara-gara terlalu sering menghabiskan waktu bersama pacar karena merasa sangat cinta (cinta mati), waktu untuk bersama keluarga dan teman-teman pun sengaja dilewatkan dan dilupakan. Sedemikian sehingga Anda pun memiliki kemungkinan untuk kehilangan keintenan bersama keluarga dan teman-teman.

  1. Cinta yang Masih Labil

Bahaya ketujuh akibat terlalu cinta terhadap pacar adalah cinta yang masih labil. Rasa terlalu cinta terhadap pasangan justru bisa saja menandakan bahwa cinta yang Anda jalin bersama masih merupakan hubungan cinta yang labil atau hubungan cinta yang belum dewasa.


Hal ini bisa saja terlihat apabila Anda dan pasangan masih memiliki rasa kecemburuan yang tidak semestinya, apalagi hanya gara-gara cemburu tersebut hubungan cinta Anda dan pasangan menjadi penyebab putus cinta.

Demikian beberapa bahaya cinta mati sama pacar yang dapat muncul apabila Anda terlalu cinta terhadap pasangan, yang mana dalam hal ini masih berstatus sebagai pacar. Ketahuilah bahwa cinta yang baik bukanlah cinta yang terlalu dalam, tetapi cinta yang baik adalah cinta yang dipelajari dan diasah dari sebuah pengalaman, waktu, dan juga berbagai problematika yang muncul. Cinta yang hanya di awal saja (belum terasah dengan pengalaman, waktu, dan problematika), terkadang hanyalah sebuah fatamorgana yang menipu. Indah, namun bisa saja hanya sekejap mata berkedip. Oleh karena itu, cinta yang sebenarnya bukanlah cinta yang dalam (cinta mati), tetapi cinta yang sebenarnya ialah cinta yang mampu bertahan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 24th, March 2016 / 04:06 Oleh :
Kategori : Pacaran